Kamis, 12 Januari 2017

Perlukah adanya Ujian Nasional?

| 1 Comment
Latis Privat - Pro dan kontra mengenai tidak adanya ujian nasional terjawab sudah . Pemerintah akhirnya menetapkan ujian nasional tetap diadakan di sekolah. keputusan ini dirasakah banyak pihak sangat tepat mengingat mutu dan kualitas pendidikan indonesia sampai saat ini belum dikatakan maju. perlu adanya standar yakni memalui UN agar dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di indonesia merata. dan tentunya perlu usaha yang lebih keras agar pendidikan disetiap daerah merata. 

Dalam penerapannya, pelaksanaan Ujian Nasional masih perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana dalam Ujian Nasional itu sendiri, seperti penggunaan soal-soal yang hampir sama disetiap daerah agar dapat mengetahui kualitas pendidikan di setiap daerah, sehingga kualitas di setiap daerah dapat dipetakan, dengan demikian dapat mengetahui daerah mana yang perlu ditingkatkan kualitasnya.



Penerapan Ujian Nasional pun banyak dilakukan negara-negara berkembang dan maju di asia, seperti korea selatan, india, dan cina. Namun masih banyak masyarakat kita yang menjadikan Ujian Nasional sebagai momok yang menakutkan, padahal bila diambil positifnya banyak sekali manfaat yang didapat terhadap menerapan Ujian Nasional, seperti siswa sekolah semakin bersemangat belajar dan termotivasi agar lulus dengan mendapatkan nilai yang memuaskan, pun demikian sebaliknya, apabila Ujian Nasional dihapus maka semakin banyak siswa yang malas untuk belajar dan semangat menuntut ilmu yang berkurang karena akan beranggapan "bila tidak belajarpun pasti akan lulus". 

Maka dari itu sebagai orangtua tentu sangat ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang berkualitas, baik diadakannya UN atapun tidak diadakannya UN. Sukses tidaknya anak dalam menyerap ilmu tentu tidak terlepas dari campur tangan orangtua. karena bagaimanapun juga orangtua yang dapat membentuk kepribadian dan mental anak dalam mendidik dan meraih masa depan anak.

Perhatian terhadap pendidikan anak pun harus benar-benar dilakukan orangtua, agar anak sukses dimasa depan dan mendapatkan pendidikan yang berkualitas. tentunya tidak hanya mengandalkan disekolah, diluar jam sekolahpun harus tetap diperhatikan. seperti dengan mendatangkan guru les privat ke rumah yang berkualitas akan mempengaruhi kualitas anak pula. setidaknya 2 sampai 3 kali dalam sepekan mendatangkan guru les privat.

Les privat sendiri bermanfaat dalam mengulang dan mengingatkan pelajaran disekolah apalagi dengan tutor/guru yang berkualitas dan nyaman bagi anak tentunya. karena tidak semua guru les privat yang ke rumah cocok oleh anak. berbagai karakter guru dan anak yang cocok dan nyambung sangat efektif dalam meyerap ilmu yang diajarkan atau yang sedang dibahas. 

Jadi, ada atau tidaknya Ujian Nasional seharusnya tidak berpengaruh terhadap kualitas pendidikan anak. terutama untuk anak yang benar-benar sudah siap mengikuti ujian nasional. terlebih anak kita mengikuti les privat dirumah, tentu seharusnya sudah siap dengan latihan soal dan pembahasan yang diberikan oleh guru privat. maka dari itu, les privat sangat penting untuk kesiapan anak dalam menghadapi ujian sekolah maupun Ujian Nasional




Tags : , , , , , , , , , ,

1 komentar:

  1. Artikel yang bagus. saya setuju. tingkatkan admin artikel2 yang berkualitas seperti ini.

    BalasHapus

Popular Posts

Accordition