Jumat, 22 Juni 2018

11 Tips Manajemen Waktu agar Les Privat Bogor Kian Bermutu

| No comment

les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor



Ketika Anda mendaftar les privat Bogor dengan pengajar dari Latis Privat, Anda telah mendapat banyak keuntungan. Bukan hanya dari segi prestasi belajar, melainkan juga manajemen waktu yang tidak terlalu kaku. Fleksibilitas jadwal bisa membantu Anda memilih saat yang paling tepat untuk belajar, bersosialisasi, mengembangkan minat dan bakat, atau menghabiskan waktu bersama keluarga.

Namun, selain melalui guru les privat Bogor, Anda juga harus mampu belajar secara mandiri. Anda bisa melakukannya via multimedia, buku, mau pun mengamati lingkungan sekitar. Hanya saja, belajar mandiri memerlukan kedisiplinan dan kelihaian dalam manajemen waktu. Pengaturan jadwal yang baik, dapat membantu Anda menjalankan hari-hari dengan teratur dan mengerjakan segala aktivitas dengan kondisi optimal.

Apakah manajemen waktu Anda berjalan lancar dan proses belajar Anda telah berkualitas? Jika belum atau masih membutuhkan evaluasi, berikut ini 11 tips manajemen waktu agar proses belajar Anda bersama les privat Bogor kian bermutu:

1. Memulai belajar dari prioritas tertinggi


les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor


Tentukan tingkat prioritas masing-masing bidang studi dan materi pembelajaran yang ingin Anda serap. Mulai lah belajar dari yang paling urgen dan paling Anda butuhkan. Misalnya, Anda akan menghadapi ujian atau persiapan lomba. Anda bisa meminta guru les privat Bogor untuk memperdalam pembahasan pada materi pelajaran yang berada pada prioritas tertinggi. Jika Anda berada dalam waktu yang cukup santai dan tidak ada momen evaluasi belajar, Anda bisa memulai dari pengetahuan yang Anda sukai dan Anda butuhkan.

2. Menghindari interaksi kurang penting


les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor


Kemudahan komunikasi via gateway membuat notifikasi telepon pintar berbunyi tanpa henti. Maka, untuk hidup yang lebih teratur, Anda harus bisa memilah mana yang mendesak, penting, dan kurang penting. Bersikap lah tegas, Anda tidak perlu menggubris komunikasi yang tidak mendesak atau darurat. Terutama ketika les privat Bogor berlangsung, atau pada jadwal belajar mandiri yang urgen. Anda berhak menjauhkan telepon pintar jika sekiranya dapat mengganggu konsentrasi.

3. Memastikan waktu tidur cukup

les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor


Pastikan jadwal tidur malam Anda tidak terganggu oleh kegiatan belajar. Istirahat yang cukup berperan penting pada fokus dan konsentrasi Anda, sehingga mendukung proses belajar mandiri mau pun les privat Bogor lebih optimal. Demi kondisi kesehatan dan kinerja otak maksimal, Anda harus membuat alarm atau pengingat khusus untuk tidur dan berhenti lah membuka materi pembelajaran. Ingat lah bahwa, kesehatan merupakan anugerah berharga yang patut Anda jaga.

4. Fokus pada materi yang dipelajari


les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor


Ketika Anda sedang mempelajari suatu materi, maka fokus lah pada materi tersebut dan catat hal-hal yang sekiranya perlu Anda pelajari nanti atau perlu Anda tanyakan pada guru les privat Bogor. Fokus yang baik, akan membuat otak Anda lebih sigap dan menghemat waktu untuk menyerap materi pembelajaran. Anda tidak perlu memikirkan berapa banyak lagi yang harus Anda pelajari, karena hal tersebut akan memberi perasaan negatif dan membuang waktu Anda. Latih lah fokus Anda dengan mendisiplinkan diri memusatkan perhatian pada suatu hal yang tengah Anda pelajari.

5. Mulai belajar sesegera mungkin


les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor


Segera mulai kegiatan belajar Anda jika waktunya tiba. Penundaan pekerjaan merupakan hal super-negatif yang harus Anda lawan. Disiplin pada jadwal yang Anda buat. Kegiatan belajar Anda, baik mandiri mau pun bersama guru les privat Bogor, sebaiknya tidak terganggu oleh apa pun kecuali dalam kondisi mendesak yang tidak dapat ditunda atau keadaan darurat.

6. Tidak terganggu oleh materi yang sulit


les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor


Jika dalam kegiatan belajar Anda menemukan kesulitan atau kendala yang sulit dipecahkan, Anda memiliki dua opsi. Bertanya pada guru les privat Bogor yang terpercaya atau melewatinya dan beralih ke materi selanjutnya. Yang terpenting, kesulitan tersebut tidak menjadi hambatan yang membuat Anda terganggu atau berhenti belajar. Kuatkan mental, setiap kendala memiliki banyak jalan keluar.

7. Jadikan belajar sebagai kebiasaan


les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor


Pada awal pendisiplinan diri, Anda mungkin akan merasa berat dan kurang bersemangat. Namun, Anda harus terus berkomitmen dan pantang mengingkari jadwal yang Anda buat. Lambat laun, ketika Anda telah terbiasa, maka kegiatan belajar akan berlangsung secara otomatis dan menjadi kebiasan baik. Lagipula, kegiatan belajar sudah selayaknya menjadi kebutuhan hidup setiap individu yang tercerahkan.

8. Membatasi hiburan


les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor


Hiburan diperlukan untuk memperbaiki mood Anda. Namun, Anda harus mulai membatasinya dan memerhatikan waktu yang telah Anda lewati, misalnya ketika menonton TV, bermain game, atau mengobrol dengan teman. Ingat selalu jadwal yang telah Anda buat, apalagi jadwal les privat Bogor yang telah Anda sepakati dengan pengajar. Membatasi kegiatan hiburan yang santai, dapat mendorong Anda untuk lebih produktif dan belajar efektif.

9. Menentukan durasi belajar

les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor


Dalam sehari, Anda harus membagi jadwal belajar mandiri dengan kegiatan lain, tanpa mengorbankan waktu istirahat. Maka, tentukan dan perhatikan durasi belajar Anda, baik belajar mandiri mau pun bersama guru les privat Bogor. Dengan penentuan durasi dan fokus yang baik, Anda dapat belajar dengan lebih terencana dan lebih serius dalam memanfaatkan waktu yang tersedia. Jangan lupa, beri jeda di tengah kegiatan belajar untuk peregangan, minum air putih, dan mengistirahatkan otak dalam beberapa menit.

10. Menata kegiatan dan urusan lain


les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor


Jadwal belajar mandiri dan les privat Bogor Anda akan sangat dipengaruhi aktivitas sehari-hari, kegiatan rutin, mau pun urusan-urusan lain. Oleh karena itu, untuk membuat manajemen waktu belajar yang efektif, Anda juga harus memerhatikan pengaturan dan penataan banyak hal dalam hidup. Misalnya, Anda bisa menerapkan jadwal untuk semua kegiatan dari bangun tidur hingga beranjak tidur, mengaplikasikan 5R, serta berbagai metode manajemen lain yang bisa menunjang pemanfaatan waktu Anda menjadi lebih baik.

11. Olahraga dan makan sehat


les privat, guru les privat, les privat bogor, guru les privat bogor


Sama seperti istirahat, olahraga dan makan makanan yang sehat juga harus dilakukan demi menjaga kondisi kesehatan dan kinerja otak yang optimal. Masukkan olahraga dalam jadwal harian dan buat lah daftar makanan yang baik bagi perkembangan otak, misalnya brokoli dan ikan laut. Jika Anda tipe pembelajar yang suka menyiapkan makanan ringan selama kegiatan belajar les privat Bogor mau pun mandiri, maka siapkan cemilan sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan.

Kondisi tubuh yang prima dan hidup yang tertata akan memudahkan Anda dalam melakukan manajemen waktu untuk belajar yang lebih bermutu. Terlebih, jika ditunjang dan didukung oleh guru les privat Bogor yang berpengalaman, profesional, dan berkualitas dari Latis Privat. Anda akan menjalani kegiatan belajar yang optimal dengan hasil yang maksimal. 
Untuk informasi pendaftaran les privat matematika Latis Privat Anda bisa menghubungi contact di bawah ini.



0858 1077 9967 (Kak Leni)

021 227 14870 (Office hour senin s.d jumat 09:00-17:00)
0858 1077 9967 (Kak Leni)

0857 1183 1107 (Kak Pipin)


Tags : , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Accordition