Rabu, 09 Agustus 2017

3 TIPS MENCEGAH ANAK MENYALAHGUNAAN TELPON GENGGAM ATAU GADGET

| No comment

Latis Privat - Di era Globaliasasi saat ini, Persaingan dimasa depan akan semakin sulit, terlebih semakin majunya teknologi yang sangat canggih membuat segala informasi dapat dengan cepat dan mudah diterima oleh pengguna teknologi, dalam hal ini media sosial. Tak hanya orangtua, anak-anak pun dapat dengan mudah dapat mengakses segala informasi yang ingin diketahui hanya dengan melalui telepon genggamnya. Informasi-informasi mengenai pelajaran sekolah, hobi, dan berbagai informasi lainnya dapat dengan mudah diakses melalui media sosial maupun mesin pencarian seperti google.

Banyak sekali manfaat positif yang dapat diambil dengan kemajuan teknologi saat ini, namun banyak juga celah negatif yang didapat oleh pengguna teknologi, karena tak hanya informasi-informasi yang positif yang dapat diterima oleh pengguna, tetapi juga informasi-informasi yang negatif seperti pornografi dan kekerasan juga dapat dengan mudah di akses oleh anak-anak kita bila sebagai orangtua tidak mngawasinya. Berikut adalah 3 tips mencegah penyalahgunaan telpon genggam atau Gadget:

1. Membuat Aturan Pembatasan Penggunaan telpon genggam
Dengan aturan membatasi anak kita dalam penggunaan telepon genggam/gadget dapat menghindarkan anak dari dampak negatif internet ataupun media sosial. seperti melarang anak membawa HP ke sekolah, melarang anak memegang HP saat waktu tidur, melarang memegang HP saat belajar, dll

2. Mendatangkan guru les privat ke rumah
Umumnya setelah pulang sekolah adalah waktu dimana anak sangat aktif berselancar didunia maya, baik bermain game, maupun aktif menggunakan media sosial. maka dalam hal ini sebaiknya orangtua mencegahnya dengan mendatangkan guru privat ke rumah. minimal ada orang yang dapat mengawasi dan membimbing anak setelah pulang jam sekolah. Dengan demikian berarti dapat menghindari anak dari pengaruh-pengaruh pergaulan yang negatif seperti nongrong-nongrong tidak jelas, tawuran, pacaran, dan lainnya.
Sudah banyak lembaga yang menyediakan guru les privat ke rumah , terutama di kota-kota besar seperti jakarta, depok dan kota disekitarnya. hanya dengan googling "guru les privat" orangtua dapat dengan mudah memilih lembaga yang menyediakan guru privat ke rumah. namun dalam hal ini orangtua harus cermat dalam memilih lembaga yg menyediakan guru privat tersebut. yang paling penting adalah cek legalitas lembaga tersebut. salah satunya adalah Latis Privat merupakan lembaga resmi yang memiliki izin dinas pendidikan dalam menyediakan guru privat ke rumah.

3. Menyalurkan hobi
Setiap anak biasanya memiliki minat yang berbeda dengan anak lain. maka dari itu sebagai orangtua sudah sepantasnya mengetahui hobi apa yang paling diminati anak dan tentunya dengan menyalurkan hobi tersebut. sebagai contoh anak kita memiliki hobi bermain basket, maka sebagai orangtua sebaiknya mendaftarkan anak kita di klub atau komunistas basket, sehingga hobi anak tersalurkan. 

Itulah 3 Tips bagaimana mencegah anak menyalahgunakan telpon genggam. Dengan demikian, diharapkan orangtua lebih peka dan peduli terhadap segala aktifikas anak terutama dalam penggunaan telpon genggam. semoga bermanfaat
Tags : , , , , , , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Accordition