10 Metode Agar Membaca Menjadi Menyenangkan

 

Metode membaca menyenangkan


Metode membaca menyenangkan dapat membantu kaliaan menikmati proses membaca terutama bagi kalian yang malas melakukan kegiatan ini. Padahal membaca merupakan jendela dunia. Jadi seperti apa metode yang menyenangkan tersebut?

1.       Mulai dengan 5 hingga 10 menit setiap harinya

Tidak perlu memaksakan diri menghabiskan waktu berjam-jam untuk mebaca. Kalian dapat memulainya dari 10 hingga 15 menit namun biasakan setiap hari. Selain lebih fokus, metode ini tidak akan membebani kalian. Jadi silahkan mencobanya.

2.       Jangan dipenuhi tuntutan

Metode membaca menyenangkan selanjutnya adalah dengan tidak memberi tuntutan yang terlalu tinggi kepada diri sendiri. Ada kalanya kalian tidak akan bisa disiplin setiap hari untuk membaca, jadi berikan sedikit kelonggaran bilamana kalian jenuh.

3.       Rangkum atau ceritakan kembali

Membaca dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan manakala kalian dapat menceritakan kembali apa yang sudah kalian baca. Sebab itu sebaiknya mulai dengan tema-tema yang hangat dan sedang populer untuk kalian bahas bersama teman-teman.

4.       Pilih buku bergambar



Agar membaca semakin menyenangkan, kalian dapat mencoba memilih buku bergambar yang tentunya dengan kualitas kertas dan warna yang menarik. Sebenarnya membaca komik juga termasuk kegiatan membaca dan itu sangat menyenangkan. Gambar tidak hanya akan membuat kegiatan membaca menjadi menarik namun juga menambah pemahaman.

5.       Membaca apa yang disukai

Jika masalah politik terlalu rumit untuk dibaca, mari mulai dengan membaca hal-hal yang bagi kalian ringan dan membuat kalian ketagihan. Contohnya adalah ketika membaca resep masakan. Kalian akan terus penasaran dengan metode selanjutnya dan hingga ke saran penyajiannya. Ini salah satu magnet yang membuat kalian semakin menyukai kegiatan membaca.

6.       Cari bacaan dengan bahasa sederhana

Tidak ada yang salah dengan membaca sesatu yang berlevel tinggi dengan harapan kalian menjadi naik kelas. Akan tetapi jika baru saja membaca sudah membuat kalian mengantuk lalu bagaimana selanjutnya? Bukannya naik kelas justru kalian hanya akan membuang-buang waktu. Untuk itulah pilih bacaan dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti.

7.       Kenali penulisnya dan cari bacaan dengan sampul menarik

Ada yang mengatakan bahwa janganlah menilai buku dari sampelnya. Padahal sebenarnya justru kalian akan membutuhkan itu untuk menarik minat membaca kalian. Apalagi ketika bacaan itu menjadi best seller, tentu minat kalian untuk membaca semakin meningkat karena penasaran.

8.       Membuat target

Metode di awal menunjukkan kita sebaiknya tidak terlalu memforsir diri namun memang alangkah baiknya untuk membuat target. Dengan adanya target kita semakin terpacu untuk meraihnya dan ini bukan berarti kalian memforsir diri.

9. Memberikan apresiasi pada diri sendiri


 

Menghibur diri sendiri sangatlah penting. Apa yang perlu kalian ketahui adalah ketika berhasil memenuhi target, jangan lupa untuk memberikan hadiah pada diri sendiri seperti jalan-jalan atau sekedar makan makanan enak. Atau jika perlu membeli buku baru.

 10.  Manfaatkan waktu menunggu dengan membaca

Daripada kalian bermian ponsel saat menunggu antrian atau apapun itu, sebaiknya mulailah dengan memanfaatkan waktu menunggu dengan membaca. Bisa jadi kalian akan mencapai target membaca dengan tanpa disengaja atau justru telah terbiasa membaca beberapa menit per hari tanpa paksaan. Ini tentu akan semakin menyenangkan karena kalian menjadi disiplin tanpa beban.


Nah itu dia 10 Metode Agar Membaca Menjadi Menyenangkan. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 02177844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Komentar

Popular Post