Kamis, 17 November 2016

Pilih Les Privat atau Lembaga Bimbel?

| No comment


Les atau bimbingan belajar adalah salah satu solusi yang sering digunakan oleh para orangtua dalam proses pembelajaran putra dan putrinya. Les sendiri ada dua jenis, yaitu les privat dan lembaga bimbel. Setiap tempat belajar tambahan ini tentunya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Kondisi belajar seorang anak bisa ditentukan dari si anak sendiri. Kalau anak itu lebih mementingkan kenyamanan saat belajar, maka orangtua harus mencari les yang punya tempat tersendiri untuk pembelajaran. Selain memperhatikan si anak sendiri, mencari tempat les juga harus menyesuaikan budget atau biaya yang ditentukan. 

Untuk masalah pengalaman belajar tempat bimbel, ada baiknya untuk tidak memilih tempat bimbel yang masih baru. Pilihlah tempat les yang sudah sekitar dua tahun atau lebih berdiri, sehingga pengalaman mengajarnya juga lebih dalam lagi. Mencari sampel juga cara yang cukup bagus untuk menentukan tempat les. Tanyakan kepada beberapa teman tentang tempat les yang sekiranya nyaman dengan kondisi si anak. 

Sebuah tempat les tentunya tidak akan lengkap tanpa tentor atau guru pembimbing. Tanyakan kepada pihak administrasi atau temanmu tentang berapa jumlah guru yang mereka miliki. Kalau masih belum cocok dengan tentor yang pertama, maka anak berhak untuk meminta ganti dengan tentor yang lainnya. 

Seorang guru les privat depok atau tentor harus punya cara mengajar yang tepat dan cocok dengan anak. Jika anak lemah terhadap pelajaran tertentu, maka tentor juga harus bisa mengerti kondisinya dan menyesuaikan diri dengan si anak. Seorang tentor yang bisa dipercaya biasanya adalah seorang tentor yang punya pengalaman mengajar yang lama. 

Biasanya, seorang tentor yang punya kualifikasi yang lengkap juga akan meminta bayaran yang sedikit lebih tinggi dari tentor yang belum berpengalaman. Perhatikan tentang apa kata orang tentang tempat les yang akan dituju. Jangan sampai tidak puas dengan tempat les saat sudah ditengah-tengah. Pastikan juga lokasi tempat les dan lokasi rumah bisa dicapai dengan mudah. Jangan sampai kelelahan di perjalanan sehingga tidak fokus belajar.
Tags : ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Accordition