Rabu, 07 Desember 2016

Tips Menciptakan Rumah Terasa Nyaman Untuk Belajar

| No comment


Les Privat Jakarta - Untuk kamu yang sudah berkeluarga tentu sangat ingin untuk memiliki rumah yang nyaman untuk belajar anak hingga untuk kamu sendiri sebagai orang tua. Sebab dengan kenyamanan tersebut akan mempengaruhi pada minat dan semangat belajarnya. Nah nyaman sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor bisa karena desainnya yang nyaman, kebersihan ruangannya yang terjaga, hingga lengkapnya fasillitas penunjang belajar yang dimiliki. Dampak positif yang didapatkan juga cukup banyak mulai dari prestasi di sekolah hingga kemampuan menyerap ilmu pengetahuan yang tinggi.
Nah buat kamu yang sedang merancang bangunan rumah impian atau sedang mencari rumah dijual di jakarta selatan yang asri dan nyaman untuk belajar, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mewujudkannya, antara lain :

1.       1. Ruangan rumah sejuk
Ini merupakan hal utama yang akan berdampak pada kenyamanan belajar anak khususnya, sebab jika rumah tinggal udaranya panas atau pengap akan mengurangi minat belajar bahkan membaca pun jadi hal yang kurang menyenangkan. Nah untuk menciptakan kesejukan didalam rumah bisa dengan memasang banyak ventilasi udara agar sirkulasi udara ruangan rumah berjalan dengan baik dan alami, atau dengan menambahkan Ac (Air Conditioner).

2.      2. Suasana rumah yang tenang
Dalam mendukung konsentrasi belajar memang membutuhkan ketenangan dalam rumah, nah jika dalam keluarga masih ada anak balita mungkin agak sulit, oleh karenanya siapkan ruangan belajar yang memiliki suasana tenang yang memadai misalnya dengan membuat rumah menjadi tingkat sehingga suasana belajar di lantai atas tidak akan terganggu dengan kesibukan aktivitas rumah tangga seperti memasak atau pun adik balita yang masih senng bermain.

3.      3. Bersih dan rapih
Hal ini juga merupakan faktor penentu semangat belajar dirumah, jika ruangan yang ada didalam rumah bersih dan rapi anak pun akan semangat untuk belajar di bagian rumah manapun, sehingga belajar menjadi sesuatu hal yang tidak membosankan.

4.     4. Sudut membaca dalam rumah
Belajar tidak harus selalu mengurung diri dalam kamar dan serius meluangkan waktunya untuk membaca, sebab hal tersebut dapat memicu kejenuhan. Oleh karenanya disarankan untuk menyiapkan sudut membaca dalam rumah sehingga ketika bosan belajar didalam kamar bisa menuju sudut-sudut ruangan rumah yang disediakan kursi atau sofa dimana disampingnya terdapat rak yang sudah terisi dengan beragam jenis buku. Dengan cara tersebut membaca pun jadi hal yang menyenangkan.

5.      5. Ruangan untuk belajar bersama
Ada pepatah mengatakan belajar tidak mengenal usia, nah jika kamu sebagai orang tua yang ingin melihat perkembangan belajar anak, maka buat ruangan yang dapat dijadikan untuk pembelajaran bersama. Sehingga ketika anak yang sedang belajar mengalami kesulitan dalam proses pembelajarannya dapat langsung bertanya pada orang tuanya yang sedang membaca diruangan yang sama. Dengan begitu juga menunjukkan pada anak bahwa sebagai orang tua juga tetap belajar walaupun hanya membaca buku. Jadi sebagai orang tua mulai kurangi menyaksikan film atau sinetron dikala anak sedang belajar.

6.      6. Tersedia Penerangan yang baik
Cahaya yang cukup dapat mempengaruhi minat membaca dan belajar anak, sebagai contoh ketika sedang mati lampu dan hanya menggunakan penerangan dari cahaya lilin saja untuk membaca maka akan terasa sulit, kalaupun bisa akan mengurangi kemampuan melihat sehingga mata menjadi minus. Begitu pula jika cahaya terlalu terang akan bmembuat penglihatan menjadi terlalu terang dan silau, maka sebaiknya gunakan pencahayaan yang memberikan penrangan yang cukup seperti yang diberikan oleh lampu jenis LED.

7.      7. Adanya miniatur Alam didalam rumah
Walaupun hal ini tidak wajib dan sifatnya pilihan namun dapat mendukung suasana pembelajaran anak dirumah. Sebagai contoh jika memiliki anak yang masih belum masuk usia sekolah dapat diajarkan tentang bagaimana tumbuhan tumbuh dan berkembang. Kemudian bagi anak yang sudah masuk usia sekolah atau remaja sekalipun adanya miniatur alam tersebut dapat menjadi solusi dikala sedang jenuh atau merelaksasikan mata dari kelelahan belajar seperti dihadapan komputer. Dari namanya jelas miniatur, maka cukup dengan mengkombinasikan beberapa tanaman hias yang kecil dimana didalamnya terdapat mikroorganisme yang hidup seperti semut, ulat dan sebagainya.

8.      8. Dekorasi rumah
Nah hal ini merupakan faktor lain yang dapat mendukung semangat belajar anak, sebagai contoh cat warna dinding ruangan untuk belajar anak dibuat bervariasi seperti adanya warna kuning biru dan hijau dipadu dengan merah. Selain itu lengkapi juga dengan adanya kalender, jadwal kegiatan agar mendidik anak disiplin mengatur waktu hingga alat-alat tulis seperti spidol, penggaris hingga stabilo dan pensil pun harus dilengkapi agar anak tidak mengalami kesulitan. Jika diperlukan lengkapi ruangan dengan poster orang-orang yang sukses seperti Bill Gates, Albert Einstein dan masih banyak lagi.

Nah beberapa tips tersebut dapat kamu terapkan dirumah tinggal kamu untuk mendukung kegiatan belajar anak. Selain itu dengan mewujudkan rumah yang nyaman untuk belajar akan berdampak positif sehingga membuat kegiatan belajar dan membaca menjadi suatu hal yang menyenangkan.
Tags : ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Accordition