Merancang Model Periskop: Cara Mudah dengan Bahan Murah

Halo, sahabat Latis Privat!

Dalam dunia ilmu pengetahuan, setiap langkah kecil merupakan perjalanan menuju pengetahuan yang lebih dalam. Untuk kalian siswa kelas 5 SD, memahami konsep sederhana seperti merancang model periskop bisa menjadi awal menyenangkan untuk mengeksplorasi materi satu ini. 

Nah, artikel penjelasan kali ini akan membimbing kalian semua melalui langkah-langkah sederhana merancang model periskop yang mudah dan murah. Simak sampai habis!

Baca juga: bimbel sbmptn

Menjelajahi Dunia dengan Periskop


Sumber: Pinterest

Periskop adalah alat sederhana yang memungkinkan kita melihat ke sekitar sudut tanpa harus berpindah tempat, dapat menjadi proyek yang seru untuk dicoba. Contoh pengaplikasian periskop yakni pada kapal selam.

Ini bukan hanya tentang menyusun pipa-pipa dan kertas, tetapi juga tentang memahami bagaimana cahaya bekerja dan bagaimana alat sederhana ini dapat membantu kalian dalam pengamatan.

Merancang Model Periskop


Sumber: Pinterest

Untuk melatih keterampilan dan kreativitas kalian semua, coba ikuti langkah-langkah sederhana merancang model periskop berikut ini:

Langkah 1: Persiapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proyek sederhana ini, pastikan kalian sudah memiliki semua bahan yang diperlukan. Ini termasuk dua potongan pipa kertas atau bisa juga dari kardus, 1 cermin kecil (untuk periskop bentuk V) dan dua cermin kecil (untuk periskop bentuk mirip F), lem, dan bahan hiasan seperti cat, stiker, atau spidol.

Kreasikan sesuka kalian ya! Dan fyi, merancang model periskop kali ini, kita akan membuat yang berbentuk "V".

Langkah 2: Merakit Pipa Kertas

Satukan kedua potongan pipa kertas untuk membentuk huruf "V." Pastikan lubang di ujung pipa berada di satu sisi dan saling bersentuhan.

Baca juga: Politik Luar Negeri Indonesia Beserta Soal Dan Pembahasannya | Pendidikan Kewarganeraan (PKN) Kelas 6 SD

Langkah 3: Tambahkan Cermin Kecil

Lem cermin ke bagian dalam "V" pipa kertas atau kardus sehingga cerminnya menghadap keluar. Ini akan menjadi titik yang memantulkan cahaya ke arah cermin.

Langkah 4: Hiasi Periskop

Latih diri kalian untuk berkreasi dan menghiasi periskop sesuai dengan keinginan kalian sendiri. Ini bisa menjadi momen kreatif yang mempersonalisasi proyek kalian, oke?

Langkah 5: Eksplorasi dengan Periskop

Setelah periskop selesai, cobalah untuk menjelajahi lingkungan sekitar kalian. Bagaimana periskop dapat membantu kalian melihat sudut-sudut yang sulit dijangkau sebelumnya?

Selamat mencoba!

Baca juga: les privat sbmptn

Manfaat Pembelajaran


Sumber: Freepik

Merancang model periskop dengan cara yang sederhana dan menggunakan bahan-bahan murah memiliki manfaatnya sendiri, antara lain:

1. Konsep Cahaya

Kalian akan memahami bagaimana cahaya dapat memantul dan bagaimana periskop memanfaatkan prinsip-prinsip ini.

2. Kreativitas

Ketika memasuki tahap menghias, kalian dapat mengekspresikan kreativitas yang dimiliki dan merasa memiliki keterlibatan langsung ke dalam proyek.

Baca juga: Materi Tentang Benua Afrika, Beserta Soal Dan Pembahasan | IPS Kelas 6 SD

3. Keterampilan Motorik

Merakit periskop melibatkan keterampilan motorik halus, membantu pengembangan koordinasi tangan-mata.

4. Keterlibatan Orang Tua-Anak

Proyek ini juga bisa menjadi kegiatan yang melibatkan orang tua atau orang dewasa lainnya, memperkuat hubungan keluarga dan juga anatara guru dengan murid.

Merancang model periskop adalah langkah kecil sederhana membuka pintu dunia ilmu pengetahuan.

Melibatkan kreativitas kalian dalam proyek seperti ini tidak hanya memperkaya pemahaman kalian tentang cahaya, tetapi juga menciptakan kenangan dan minat terhadap pembelajaran yang lebih dalam. Mari jelajahi dunia bersama periskop buatan sendiri!

Jika ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar ya. Atau ikut bimbingan belajar bersama kami di Latis Privat.

Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967Atau klik www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu lagi di Latis Privat!


Referensi:

1. WikiHow

2. Aanwijzing.com




Komentar

Popular Post