Perubahan Benda, Beserta soal dan pembahasannya | IPA Kelas 6 SD

Halo sahabat latisprivat!

 

 
Perubahan pada benda merupakan suatu fenomena alamiah yang terjadi sebagai akibat dari berbagai faktor. Faktor-faktor ini dapat mencakup sejumlah peristiwa, seperti pelapukan, perkaratan, dan pembusukan. Pemahaman terhadap perubahan benda dan pemilihan benda berdasarkan fungsinya sangat penting dalam menjaga keberlangsungan dan keseimbangan lingkungan kita.

Sifat-sifat Benda

Perubahan Benda, Beserta soal dan pembahasannya | IPA Kelas 6 SD
Sumber: Freepik

Seperti yang telah dijelaskan bahwa benda terdiri dari tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Dari ketiga wujud itu, tentunya memiliki masing-masing karakteristik. Berikut penjelasannya: 

1.     Benda Padat
Benda Padat ini merupakan benda yang wujudnya solid dan cenderung keras. Contoh benda padat adalah es batu, kapur barus, kayu, dll. Sifat dari benda padat ini antara lain:

a.     Bentuk dari benda padat cenderung tidak berubah-ubah alias tetap meskipun diberi aksi tertentu. 

b.     Perubahan benda padat ke wujud lain memerlukan proses dan tindakan tertentu supaya bisa berubah, 

2.     Benda Cair
Benda cair adalah benda yang wujudnya cenderung fleksibel dan basah. Contoh dari benda cair adalah air, minyak, dll. Sifat dari benda cair itu antara lain: 

a.     Bentuknya bisa menyesuaikan dengan wadah peletakannya. 
Mudah berpindah tempat, terutama dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. 

b.     Sekecil apapun celah, benda cair ini pasti bisa masuk dengan cara meresap. Seperti misalnya tanah, kain, tisu, kertas, dll. 

c.     Permukaannya cenderung datar. 

d.     Mempunyai tekanan supaya bisa berpindah-pindah ke segala arah. 

e.     Dapat berubah bentuk tanpa adanya tindakan tertentu. 

f.      Gerakannya berbentuk gelombang yang dipengaruhi faktor tertentu seperti angin. 

 
3.     Benda Gas
Benda gas merupakan benda yang cenderung tidak tampak dengan jelas, bahkan tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Benda gas tidak bisa dilihat dengan kasat mata karena wujudnya yang berupa molekul kecil. Contoh gas adalah udara, uap, dll.  Sifat dari benda gas ini antara lain: 

a.     Bentuknya bisa menyesuaikan dengan wadahnya. 

b.     Mempunyai tekanan yang bisa membuat ke segala arah. 

c.     Cenderung sulit dilihat dengan kasat mata. 

d.     Ketika berubah bentuk, bisa berubah wujud menjadi yang terlihat maupun tak terlihat. 


Macam-macam Perubahan Wujud Benda

Perubahan Benda, Beserta soal dan pembahasannya | IPA Kelas 6 SD
Sumber: Freepik

Perubahan wujud terjadi pada satu jenis benda ke jenis yang lainnya, dimana semua jenis bisa berubah menjadi jenis-jenis lainnya. Setidaknya ada enam perubahan wujud benda yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

1.     Mencair
Mencair merupakan kondisi perubahan wujud benda padat menjadi benda cair. Jadi suatu benda yang awalnya berbentuk padat dan tidak fleksibel, bisa berubah menjadi benda cair yang lebih fleksibel bentuknya.

Perubahan mencair ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun, salah satu faktor utama perubahan benda padat menjadi cair adalah karena adanya kalor atau panas yang terlibat. Misalnya es batu yang makin lama akan kembali ke wujud aslinya, yaitu air karena terkena suhu yang tinggi. 


2.     Membeku
Membeku merupakan kebalikan dari mencair, jadi perubahan ini terjadi pada benda cair yang berubah menjadi benda padat. Jika mencair terjadi karena adanya suhu yang tinggi, maka membeku sebaliknya. Benda cair berubah menjadi benda yang padat umumnya karena suhu yang lebih rendah dari sebelumnya. 

Contoh dari perubahan membeku adalah pembuatan es batu yang berasal dari air serta air sungai yang mengeras menjadi es karena musim salju.


3.     Menguap
Menguap adalah perubahan wujud dari benda cair menjadi gas. Sama seperti mencair, perubahan ini dapat terjadi karena adanya panas atau kalor yang terlibat. 

Contoh terjadinya penguapan adalah ketika kita merebus air dengan air panas, lama kelamaan air akan menguap dan bahkan bisa habis menguap karena terlalu lama direbus. 


4.     Mengembun
Mengembun merupakan kebalikan dari menguap yang berarti perubahan wujud pada benda gas menjadi benda cair. Mengembun bisa terjadi karena suhu yang rendah. Hal itu menjawab 

pertanyaan mengapa ketika di pagi hari daun-daun basah dengan bulir-bulir air. Jadi udara malam hari yang dingin membuat gas-gas berubah menjadi air yang membasahi daun tersebut. 


5.     Menyublim
Menyublim adalah perubahan benda dari padat menjadi gas. Perubahan bentuk itu umumnya terjadi karena kondisi cuaca sekitar yang cenderung panas. 

Contoh peristiwa menyublim adalah ketika kita menggunakan kapur barus yang makin lama akan semakin habis karena komponen-komponen dari benda padat itu menyublim ke udara menjadi gas yang umumnya berwujud bau. 


6.     Mengkristal
Mengkristal adalah kebalikan dari menyublim, yaitu kondisi ketika benda gas berubah menjadi benda padat. Terjadinya mengkristal ini karena faktor suhu yang rendah sehingga gas yang awalnya tidak berwujud, menjadi berwujud. 

Contoh dari mengkristal adalah fenomena musim salju, dimana uap air yang ada di atmosfer berubah menjadi kristal padat dan berjatuhan ke bumi. 

Faktor Penyebab Perubahan Wujud Benda

Perubahan Benda, Beserta soal dan pembahasannya | IPA Kelas 6 SD
Sumber: Freepik

Suatu benda dapat berubah wujud tentunya karena ada penyebabnya. Enam perubahan wujud yang dijelaskan sebelumnya bisa terjadi karena adanya beberapa penyebab, yaitu: 

1.     Pemanasan
Pemanasan ini artinya suatu benda bisa berubah karena benda itu dipanaskan baik itu secara sengaja maupun disengaja. Dipanaskan dalam hal ini berarti suatu benda dinaikkan dari suhu yang lebih rendah ke suhu yang lebih tinggi sehingga wujudnya berubah. 
Pemanasan ini merupakan proses pada perubahan wujud mencair, menyublim, dan menguap. 


2.     Pembakaran
Pembakaran sebenarnya mirip dengan pemanasan karena sama-sama dipapar dengan api agar suhunya naik. Namun, pada pembakaran ini, suatu benda bisa berubah wujud sampai benda itu bisa hilang atau hancur.


3.     Pendinginan
Pendinginan ini merupakan kebalikan dari pemanasan, dimana suatu benda diturunkan suhunya dari yang tinggi menjadi rendah. 
Pendinginan terjadi pada perubahan wujud membeku, mengembun, dan mengkristal. 

Soal Pilihan Ganda

Perubahan Benda, Beserta soal dan pembahasannya | IPA Kelas 6 SD
Sumber: Freepik

1.     Apa yang dimaksud dengan perubahan fisik pada suatu benda?

a. Perubahan dalam struktur kimia
b. Perubahan dalam warna
c. Perubahan dalam suhu
d. Perubahan dalam massa

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah b. Perubahan fisik adalah perubahan yang terjadi pada sifat fisik suatu benda, seperti warna, bentuk, atau ukuran, tanpa adanya perubahan dalam struktur kimianya.

2.     Mana di antara berikut yang merupakan contoh perubahan kimia?

a. Penguapan air
b. Pembekuan air
c. Pembakaran kayu
d. Pelelehan lilin

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah c. Pembakaran kayu adalah contoh perubahan kimia karena melibatkan reaksi kimia yang mengubah komposisi kimia kayu.

3.     Apakah perubahan suhu merupakan tanda perubahan fisik atau kimia?

a. Fisik
b. Kimia
c. Keduanya
d. Tidak dapat dipastikan

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah a. Perubahan suhu biasanya merupakan tanda perubahan fisik, seperti pemanasan atau pendinginan suatu benda.

4.     Ketika es mencair menjadi air, perubahan apa yang terjadi?

a. Perubahan kimia
b. Perubahan fisik
c. Perubahan fase
d. Perubahan warna

Pembahasan: Jawaban yang benar adalah c. Proses es mencair menjadi air merupakan perubahan fase karena hanya terjadi perubahan dalam bentuk materi tanpa adanya perubahan dalam komposisi kimianya.


Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


Sampai ketemu di Latisprivat

 

Referensi :



1. cnnindonesia.com
 
2. mediaindonesia.com

 

 

Komentar

Popular Post