Pengaruh Gaya terhadap Benda, Soal dan Pembahasannya | IPA Kelas 4 SD

Halo Sahabat Latisprivat!


Sumber: Freepik

Hampir setiap kegiatan manusia yang dilakukan sehari-hari dipengaruhi oleh pengaruh gaya terhadap benda. Untuk dapat melakukan gaya juga diperlukan adanya energi. Makin besar gaya yang dilakukan, semakin besar pula energi yang dibutuhkan. Gaya yang disertai energi tersebut menimbulkan berbagai perubahan pada benda sebagai pengaruh gaya terhadap benda-benda disekitarnya.


Pengertian Gaya


Pengaruh Gaya terhadap Benda, Soal dan Pembahasannya | IPA Kelas 4 SD

Sumber: Freepik

Pengaruh Gaya terhadap Benda adalah suatu pengaruh yang dapat menyebabkan perubahan keadaan gerak atau bentuk suatu benda. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat pengaruh gaya pada benda-benda di sekitar kita. Misalnya, saat kita mendorong sepeda atau menarik kereta dorong, kita memberikan gaya pada benda-benda tersebut.

Sifat-sifat Gaya

Beberapa sifat gaya perlu dipahami untuk memahami konsep ini secara lebih mendalam:

1.     Arah dan Besar Gaya

Gaya memiliki arah dan besar. Arah gaya menunjukkan ke mana gaya bekerja, sedangkan besar gaya menunjukkan seberapa kuat pengaruhnya terhadap benda.

2.     Satuan Gaya

Satuan yang digunakan untuk mengukur gaya adalah Newton (N). Satu Newton didefinisikan sebagai gaya yang diperlukan untuk memberikan percepatan satu kilogram massa sebesar satu meter per detik kuadrat.

3.     Gaya Menyebabkan Perubahan

 Gaya dapat menyebabkan perubahan keadaan gerak atau bentuk suatu benda. Gaya dapat membuat benda bergerak, berhenti, atau berubah arah geraknya.


Baca juga: les privat 

Macam-macam Gaya

Pengaruh Gaya terhadap Benda, Soal dan Pembahasannya | IPA Kelas 4 SD
Sumber: Freepik

Ada berbagai macam gaya yang dapat mempengaruhi benda-benda di sekitar kita. Beberapa di antaranya adalah:

a.     Gaya Dorong dan Tarik

Gaya dorong adalah gaya yang bekerja saat kita mendorong sesuatu, seperti saat mendorong pintu. Gaya tarik terjadi saat kita menarik suatu benda, misalnya saat kita menarik tali.

b.     Gaya Berat

Gaya berat adalah gaya tarik yang bekerja pada suatu benda akibat gravitasi bumi. Berat sebuah benda bergantung pada massa benda tersebut.

c.     Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang muncul akibat adanya gesekan antara dua permukaan yang saling bersentuhan. Gaya ini dapat menghambat gerakan benda.

d.     Gaya Pegas

Gaya pegas terjadi ketika suatu benda ditarik atau dipijak pada pegas. Pegas akan memberikan gaya yang sebanding dengan besaran perubahan panjang pegas.

Baca juga: bimbel utbk 


Pengaruh Gaya Terhadap Benda

Pengaruh Gaya terhadap Benda, Soal dan Pembahasannya | IPA Kelas 4 SD
Sumber: Freepik

Benda dapat berubah bentuk, gerak, dan kecepatan geraknya menjadi lebih lambat atau lebih cepat karena dipengaruhi oleh gaya yang diberikan. Sehingga pemanfaatan gaya pada benda dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa pengaruh gaya terhadap benda, yaitu :

1. Gaya dapat mengubah bentuk benda

Benda dapat berubah bentuk karena adanya  pengaruh gaya terhadap benda berupa tekanan pada benda tersebut. Perubahan bentuk benda tergantung pada besar kecilnya gaya yang diberikan. Contohnya, pembuatan gerabah dari tanah liat. Tanah liat yang bersifat lunak dapat diubah bentuknya menjadi berbagai benda seperti guci, pot bunga, dan asbak. Perubahan bentuk pada tanah liat terjadi karena adanya gaya.


2. Gaya dapat mempengaruhi gerak benda

Benda dapat bergerak serta berpindah tempat karena adanya gaya. Selain itu, gaya dapat menghentikan gerak benda. Kecepatan gerak benda juga dapat berubah karena dipengaruhi oleh gaya. Beberapa pengaruh gaya terhadap gerak benda, antara lain:

a. Gaya membuat benda diam menjadi bergerak

Benda diam dapat digerakkan dengan adanya gaya. Untuk menggerakkan benda diam membutuhkan besar gaya yang cukup. Jika gaya yang diberikan tidak cukup, benda akan tetap diam dan tidak bergerak. Contohnya, mendorong meja. Ketika mendorong meja dibutuhkan suatu gaya agar meja tersebut dapat berpindah tempat yaitu gaya dorong.

b. Gaya membuat benda bergerak menjadi diam

Gaya juga dapat menghentikan benda yang bergerak. Contohnya yaitu pada sepeda yang sedang melaju kemudian di rem maka sepeda akan berhenti. Hal tersebut terjadi karena adanya gaya gesek yang menimbulkan gesekan antara permukaan ban dengan jalan.

c. Gaya mempercepat gerak benda

Benda juga dapat bergerak menjadi lebih cepat jika diberi gaya. Misalnya, bola yang bergerak pelan jika ditendang akan bergerak lebih cepat karena adanya gaya otot.

d. Gaya memperlambat gerak benda

Benda yang bergerak cepat juga dapat di perlambat dengan menggunakan gaya. Misalnya, penggunaan rem pada mobil untuk memperlambat laju mobil tersebut karena adanya gaya gesek.


3. Gaya dapat mengubah arah gerak benda

Selain mengubah bentuk benda dan gerak benda, gaya juga dapat mengubah arah gerak pada suatu benda. Contoh gaya dapat mengubah arah gerak benda yaitu, pada permainan jungkat-jungkit. Pada permainan tersebut terdapat gaya dorongan yang menimbulkan jungkat-jungkit bergerak naik turun.

Soal Pilihan Ganda

Pengaruh Gaya terhadap Benda, Soal dan Pembahasannya | IPA Kelas 4 SD

Sumber: Freepik


1. Apa yang dimaksud dengan gaya dalam fisika?
a. Kecepatan suatu objek
b. Massa suatu objek
c. Interaksi antara dua objek
d. Percepatan suatu objek

2. Gaya yang bekerja pada suatu benda dapat menyebabkan perubahan apa pada benda tersebut?
a. Perubahan warna
b. Perubahan bentuk
c. Perubahan suhu
d. Perubahan massa

3. Sebuah benda diam di atas meja. Apakah gaya yang bekerja pada benda tersebut? 
a. Gaya tarik bumi
b. Gaya gesekan
c. Gaya pegas
d. Gaya sentrifugal

4. Sebuah mobil melaju dengan kecepatan konstan. Apakah gaya yang bekerja pada mobil tersebut?
a. Gaya gesekan
b. Gaya pegas
c. Gaya gravitasi
d. Tidak ada gaya

5. Bagaimana gaya dapat mempengaruhi gerakan benda?
a. Mengubah kecepatan benda
b. Mengubah massa benda
c. Mengubah bentuk benda
d. Mengubah warna benda




Pembahasan

1. Jawaban: c. Interaksi antara dua objek

Pembahasan: Gaya dalam fisika adalah interaksi antara dua objek yang dapat menyebabkan perubahan kecepatan, arah, atau bentuk suatu objek.

2. Jawaban: b. Perubahan bentuk
Pembahasan: Gaya yang bekerja pada suatu benda dapat menyebabkan perubahan bentuk benda, misalnya gaya tarik gravitasi atau gaya pegas.

3. Jawaban: b. Gaya gesekan
Pembahasan: Saat benda diam di atas meja, gaya gesekan antara benda dan meja mengimbangi gaya tarik gravitasi, sehingga benda tetap diam.

4. Jawaban: d. Tidak ada gaya
Pembahasan: Kecepatan konstan menunjukkan bahwa gaya-gaya yang bekerja pada mobil seimbang, sehingga tidak ada gaya bersih yang mempercepat atau memperlambat mobil.

5. Jawaban: a. Mengubah kecepatan benda
Pembahasan: Gaya dapat mengubah kecepatan benda, baik dengan memberikan percepatan atau merambatkan gerak benda tersebut.

 

Latis privat


Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


Sampai ketemu di Latisprivat


 


Referensi :


1. Jatimnetwork.com

2. Bangkapos.com





Komentar

Popular Post