• Home
  • Peran Orangtua Dalam Belajar Di Rumah: Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Peran Orangtua Dalam Belajar Di Rumah: Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

 


Peran orangtua dalam belajar di rumah cukup penting utamanya di masa pandemi seperti sekarang. Mereka harus ikut memantau pekerjaan dan tugas sekolah anak demi tercapainya proses belajar mengajar yang lancar dan berkesinambungan. 

Sebagai seorang anak yang masih berstatus sebagai pelajar, tugas mereka adalah belajar. Tugas orangtua adalah memfasilitasi dan membantu anak di tengah peran mereka sebagai pelajar. 


Sebab itulah peran orang tua dalam belajar di rumah menjadi penting. Apabila tidak mampu mengikuti arus ilmu pengetahuan saat ini, orangtua masih memiliki pilihan lain yaitu mendaftarkan anak pada bimbingan belajar. Apapun itu semua demi mencapai kesuksesan bagi anak di masa mendatang.


Orangtua dan Tumbuh Kembang Anak

Peran Orangtua Dalam Belajar Di Rumah


Anak adalah manusia peniru. Mereka akan meniru apa yang orangtuanya kerjakan. Untuk itu hendaknya orangtua memulai memberikan pembelajaran dalam bentuk contoh. 


Peran orangtua dalam belajar di rumah cukup banyak dan tidak mencakup hanya dengan mendampingi anak belajar. 


Para orangtua dapat melatih anak untuk meniru beberapa pekerjaan rumah atau turut serta mengajak mereka dalam mengambil keputusan. 


Dengan demikian anak-anak akan tumbuh menjadi orang yang bertanggung jawab dan memiliki mental yang kuat. 


Apalagi ketika anak-anak mendapat pendampingan saat belajar di rumah mengenai bagaimana mereka harus menyelesaikan soal yang susah. Mereka akan merasa diperhatikan. 


Inilah sebenarnya peran penting orangtua. Jangan sampai anak merasa ditelantarkan sehingga berpengaruh pada tumbuh kembang mereka. 

Peran Orangtua dalam Belajar di Rumah  Memegang Konteks yang Luas

peran orangtua dalam belajar di rumah



Perlu orangtua ketahui bahwa belajar tidak hanya ketika anak berhasil memecahkan soal-soal atau membaca buku teori yang sangat rumit.


Belajar juga bukan sebatas apa yang dipelajari di sekolah. Inti dari kata belajar memiliki makna dan konteks yang luas. 


Mom dan Dad, ibu dan ayah, bunda dan ayah, apapun bentuk panggilan kita sebagai orangtua, tugas dan perannya adalah sama. 


Bahkan jika anak telah mendapat tambahan bantuan belajar lewat bimbel, mereka tetap membutuhkan sosok orangtua. Paling tidak orangtua memotivasi, menyediakan camilan sehat saat anak belajar, hingga membantu memecahkan persoalan bersama. 


Tentu anak akan menjadi semakin semanagt belajar dan tumbuh secara optimal. 

Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]