• Home
  • Strategi Belajar Untuk Kelas 12 Yang Wajib Dicontoh

Strategi Belajar Untuk Kelas 12 Yang Wajib Dicontoh

 
straegi belajar untuk kelas 12

Tidak terasa teman-teman sudah berada di penghujung masa-masa sekolah paling indah. Konon katanya tiada masa paling indah selain masa SMA. Tapi jangan hanya terlena dengan yang indah-indah saja ya! Saatnya kita mencari tau strategi belajar untuk kelas 12 yang jitu dan sukses mengantar teman-teman menuju kampus harapan kalian.

Semua orangtua maupun siswa pasti mengharapkan memiliki masa depan yang lebih baik. Kampus dengan jurusan yang diharapkan menjadi tujuan utama setelah selesai di jenjang Sekolah Menengah Atas. Tahun ketiga di SMA menentukan masa depan. Maka jangan heran jika teman-teman perlu mencari tau strategi belajar untuk kelas 12 yang cocok untuk teman-teman aplikasikan. 

Baca ini: Aku Malas Belajar? Coba Tebak Kenapa?

Lima Strategi Belajar Untuk Kelas 12

strategi belajar untuk kelas 12


Latis telah merangkum lima strategi belajar untuk kelas 12 yang bisa teman-teman praktikkan di rumah. Apa saja itu?

1. Jangan Mencoba Untuk Multitasking

Kadang pikiran teman-teman udah terlalu "gawat" duluan. Maksudnya adalah teman-teman dalam sehari seperti ingin mempelajari semuanya. Tidak boleh ada yang terlewat. Cara ini sangat tidak efektif ya teman-teman. Kalian malah akan merasa ruwet sendiri dan tidak maksimal dalam belajar.

2. Strategi Belajar Untuk Anak Kelas 12 Harus Sesuai Gaya Belajar Masing-Masing

Mungkin sewaktu kelas 10 dan 11 teman-teman masih terbiasa diatur oleh cara belajar ideal dari guru. Contohnya adalah menghafal golongan kimia dengan metode singkatan atau menghitung dengan formulasi yang terstruktur rapi.

Di kelas 12 ini teman-teman harus mencari gaya belajar sendiri. Yang paling penting bukan proses berliku-likunya namun kecepatan dan ketepatan dalam pengerjaan soal. 

3. Tentukan Skala Prioritas

Teman-teman harus tau pelajaran apa yang membutuhkan pedalaman lebih banyak. Misalnya besok akan ada dua ujian yaitu matematika dan Bahasa Inggris. Saatnya membuat skala prioritas. Ketika nilai matematika milik teman-teman masih rata-rata daripada nilai Bahasa Inggris, maka teman-teman sebaiknya lebih memperbanyak waktu untuk belajar matematika.

4. Ikut Belajar Kelompok Atau Bimbel

Ketika teman-teman bingung dan gundah gulana dengan penjelasan guru yang masih simpang siur, teman-teman dapat mencari solusi di tempat lain atau dengan orang lain. 

Bisa melalui belajar kelompok atau mengikuti bimbingan belajar. Harapannya dengan semakin banyak kepala atau dengan adanya sudut pandang orang lain, masalah pengerjaan soal dan teori dalam subjek belajar menjadi lebih mudah dipahami. 

5. Tidak Perlu Belajar Terus Menerus, Temukan Waktu Yang Tepat

Teman-teman harus jaga kesehatan dan jika perlu jangan biarkan otak menjadi panas. Semakin banyak materi yang masuk bukan lantas membuat kita selalu menjadi makin pintar. 

Ketika otak sudah lelah, jangankan berpikir, melamun saja kita sudah tidak ada daya dan upaya. Inginnya segera istirahat saja atau justru malah menjadi semakin zoonk. 

Itulah beberapa strategi belajar untuk kelas 12 yang bisa teman-teman coba lakukan. Jangan sampai kita tidak memahamidiri kita sendiri dan terlalu memaksakan diri. Selamat mencoba ya teman-teman!

Baca ini: Peran Orangtua Di Masa Pandemi Pada Pembelajaran Akademik Anak

Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]