Cara Mengatasi Siswa Yang Malas Belajar: Tidak Perlu Kekerasan

 

Cara mengatasi siswa yang malas belajar


Cara mengatasi siswa yang malas belajar tidak perlu menggunakan kekerasan. Bunda guru maupun Mom harus menggunakan cara kekinian yang ramah anak agar mereka tidak trauma.


Mungkin pada jaman dulu Mom dan para guru mengalami masa dimana ketika ada siswa yang malas belajar, mereka akan mendapatkan kapur atau penghapus terbang.


Bahkan di rumah, sapu terbang pun kerap melayang. Ternyata cara ini juga tidak menjamin bahwa siswa akan semakin giat belajar.  Kalaupun iya, mereka akan belajar dengan penuh tekanan.


Seiring bertambahnya ilmu pengetahuan, cara ini tidaklah efektif. Hal ini hanya akan merusak mental siswa. Para peneliti mendapati bahwa otak manusia merekam yang mereka alami dan berdampak di masa depan.


Jadi bagaimana sebaiknya cara mengatasi siswa yang malas belajar?


Kenali Sebabnya


Mom dan para guru sebaiknya mencoba mencari tau mengapa siswa malas belajar. Terkadang kita hanya fokus pada hasil tanpa mau tau proses yang harus siswa jalani.


Sebab itulah ada baiknya kita menanyakan apa yang membuat siswa tersebut malas belajar. Mungkin saja pelajaran itu sulit atau cara guru menjelaskan tidak menarik.


Ada pula yang mungkin memiliki masalah keluarga di rumah sehingga suasana hatinya selalu buruk. 

Ada begitu banyak sebab terutama pada siswa remaja yang sedang menjalani masa labil.

Memiliki masalah bersama teman juga menyebabkan siswa menjadi malas belajar.

Mencari Solusi Bersama


Cara mengatasi siswa yang malas belajar



Proses belajar mengajar tidak hanya melibatkan guru namun juga siswa dan orangtua.


Ketika sebab tersebut pemicunya adalah masalah keluarga, maka saatnya guru, orangtua, dan siswa duduk bersama.


Mom pun tidak boleh hanya menyalahkan anak. Jadi dalam hal ini semua harus saling introspeksi.


Di sisi lain, ketika sebab muncul di lingkungan sekolah, maka tugas para guru untuk menemukan solusinya.


Mulai dari tambahan pembelajaran atau evaluasi terhadap cara guru mengajar. Jika masih sulit mendapatkan solusi, bimbel dapat menjadi pilihan yang tepat.


Nah, itu dia Cara mengatasi siswa yang malas belajar. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di
 Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Komentar

Popular Post