• Home
  • Cara Memilih Jurusan Perguruan Tinggi

Cara Memilih Jurusan Perguruan Tinggi

 

Cara memilih jurusan


Bagi kalian yang bingung dalam mengetahui cara memilih jurusan sebaiknya kalian mulai memperhatikan hal-hal berikut ini dari sekarang.

Mengapa Sulit Menemukan Jurusan Yang Diinginkan?

Ada berbagai permasalahan yang membuat kalian sulit menemukan jurusan yang diinginkan. Salah satunya adalah karena banyaknya jumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Selain itu kalian biasanya tidak mendapatkan edukasi yang rinci mengenai apa saja yang harus dipelajari pada ada suatu jurusan tertentu dan sebagainya.

Terkadang Kalian juga masih sulit untuk mengenali Apa yang sebenarnya kalian inginkan. Untuk itu ada baiknya kalian memahami beberapa hal dibawah ini.

 1. Cara memilih jurusan adalah dengan memahami minat dan bakat

Ada berbagai macam daftar jurusan kuliah yang mungkin juga akan disodorkan oleh orang tua maupun diri kalian sendiri. Jika itu terjadi pada kalian maka sebaiknya kalian mencari alasan dibalik keputusan dalam memilih.

Hal ini tidaklah sama dengan memilih menu makanan atau merek ponsel yang kalian inginkan. Kalian tidak dapat mengganti apa yang sudah kalian pilih terutama ketika telah memasuki semester semester akhir. Jadi mulai sekarang cobalah untuk mencari tahu apa yang menjadi minat dan bakat kalian.

2. Lakukan penelitian mengenai jurusan-jurusan kuliah



Tidak ada salahnya kalian mulai mencari tahu mengenai apa yang akan dilakukan dan dipelajari pada jurusan jurusan di perkuliahan. Dari situlah kemungkinan besar kalian akan mendapatkan gambaran mengenai apa yang akan kalian lakukan dan pelajari selama masa studi.

3. Cobalah untuk berkonsultasi dengan orang-orang Yang berpengalaman di dunia kerja

Ini adalah cara yang paling mudah yang dapat kalian lakukan. Dengan berkonsultasi setidaknya kalian akan mendapatkan gambaran mengenai perkuliahan sekaligus kenyataan di dunia kerja.

4. Cek kembali keuntungan dan konsekuensi dari pilihan yang telah kalian ambil



Tentunya setiap jurusan memiliki kelebihan dan kekurangan. Contohnya ketika kalian memilih jurusan a yang memang sesuai dengan minat tapi ternyata jumlah lapangan pekerjaannya kurang prospektif. Jika itu terjadi sebaiknya kalian mulai memikirkan langkah apa yang harus dilakukan ketika nantinya telah memasuki dunia kerja.

Hal-hal seperti ini memang bukanlah hal yang mudah dan bisa diputuskan dalam sehari dua hari. Maka dari itu memang tidak ada salahnya ketika kalian harus berkonsentrasi terhadap ujian nasional namun sekali lagi jangan abaikan pemikiran mengenai perguruan tinggi yang akan ditempuh. Bahkan mungkin dengan konsultasi saja tidak akan cukup karena kalian masih harus menghadapi berbagai tes masuk perguruan tinggi.

Ada satu hal lagi yang terkadang lupa untuk diingat ketika memilih jurusan yaitu budget. Akan lebih baik memang jika kita mendapatkan keringanan terutama ketika memilih jurusan yang biaya studinya besar. Namun bagaimana jika keringanan itu belum nampak di sekitar kalian? Tentu saja hal ini kemudian harus dikomunikasikan kembali dengan keluarga. Jadi sebenarnya mempertimbangkan mengenai pemilihan Jurusan tidaklah mutlak keputusan kalian. Ada begitu banyak pertimbangan selain memasuki dunia kerja namun juga masalah biaya selama masa studi.

Nah itu dia cara memilih jurusan perguruan tinggi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]