Manajemen Waktu Belajar Yang Baik

 
Manajemen waktu belajar yang baik

Manajemen waktu belajar yang baik harus dimulai dari diri sendiri. Mari kita buat beberapa catatan agar dapat menciptakan waktu belajar yang baik.

a. Mengontrol Diri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa manajemen waktu belajar yang baik adalah harus dimulai dari diri sendiri. Pastikan kalian dapat mengontrol keinginan untuk bermain ataupun justru menonton acara kesayangan kalian. Dengan begitu jika telah tiba waktunya belajar kalian akan memantapkan diri untuk belajar dan bukan untuk melakukan kegiatan yang lain.

b. Membuat jadwal kegiatan harian

Kalian perlu mencatat dengan baik apa saja kegiatan kalian dalam sehari. Catat juga kira-kira jam berapa kalian akan mulai belajar. Dari sini akhirnya segalanya menjadi karena di sana dan memiliki batasan waktu yang tepat. Namun sekali lagi pembuatan jadwal ini sebaiknya tidak hanya sekedar dibuat namun juga direalisasikan dengan baik.

c. Menentukan prioritas

Kalian tidak mungkin memasukkan seluruh rencana kegiatan kalian dalam sepekan sama dalam waktu 1 hari. Itulah sebabnya kalian harus membuat skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan yang dilakukan. Ketika tiba saatnya belajar kalian justru kehabisan energi karena sibuk melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting yang sebenarnya bisa dikerjakan di kemudian hari.

d. Hindari kebiasaan kalian menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan hanya akan menimbulkan kebahagiaan sesaat. Tugas kalian akan semakin bertumpuk di keesokan harinya. Bahkan kalian juga akan selalu memikirkan pekerjaan yang tertunda tersebut. Itulah sebabnya sebaiknya sesegera mungkin selesaikanlah apa yang bisa diselesaikan. Hal yang paling meresahkan adalah ketika pikiran kita terganggu dengan hal-hal lain yang belum dikerjakan. Inilah yang paling membuat kita sulit berkonsentrasi.

e. Disiplin dan konsisten



Hal yang penting selanjutnya adalah disiplin dan konsisten. Jangan sampai hai semua yang sudah diagendakan tidak berjalan sesuai rencana hanya karena kalian tidak konsisten. Memang dibutuhkan tekad yang kuat untuk dapat mewujudkannya. Itulah sebabnya semua harus dimulai dari diri sendiri.

f. Membuat ringkasan

Sangat tidak efektif memang jika kalian harus membaca satu buku penuh ataupun berlembar-lembar tulisan. Itulah sebabnya sebaiknya kalian mulai membuat ringkasan dari apa yang hendak dipelajari. Hal ini tidak hanya membantu kalian secara tidak langsung membaca materi namun juga membantu kalian untuk belajar mendekati ujian. Walaupun nantinya soal ujian akan berbeda dengan apa yang kita pelajari setidaknya ringkasan ini akan membantu kita dalam memahami materi-materi yang sulit sekalipun.

g. Membuat suasana nyaman

Manajemen waktu belajar yang baik juga bisa dimulai dengan membuat suasana belajar yang nyaman. Jika semuanya sudah nyaman maka tentu saja mood untuk belajar akan timbul. Bahkan dengan suasana yang nyaman juga belajar menjadi tidak akan memakan waktu lama. Itu karena apa yang kita harapkan an-nahl ah tercapai melalui pemahaman yang baik akan suatu materi.

h. Memahami materi dan bukan sekedar menghafal

Ini adalah bagian yang cukup menantang karena untuk memahami materi sendiri terkadang membutuhkan konsentrasi dan juga pola pikir yang lebih luas. Namun percayalah jika kita berhasil memahami suatu materi dan bukan sekedar menghafal maka k-pop tu belajar kita akan menjadi lebih singkat. Hal itu karena Ketika kita dihadapkan dengan soal yang berbeda kita telah mengetahui konsepnya.

Nah itu dia manajemen waktu belajar yang baik.  Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.


Komentar

Popular Post