• Home
  • Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Kegiatan Belajar Anak

Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Kegiatan Belajar Anak

 
ilustrasi kurang tidur

Pengaruh kurang tidur ternyata berdampak sangat besar terhadap kegiatan belajar anak. Ketahuilah bahwa pola tidur yang baik sangat penting untuk tumbuh kembang anak hingga penting juga untuk kesehatan otak anak.

Kebutuhan tidur manusia

Tidur adalah salah satu kebutuhan psikologis manusia dan merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Melalui tidur yang cukup maka dapat membantu fungsi tubuh secara optimal. Tidur merupakan suatu keadaan tidak sadar yang mana interaksi antara suatu individu terhadap lingkungannya menjadi menurun. Namun orang yang tidur dapat dibangunkan kembali melalui adanya rangsangan yang cukup.

Dalam sebuah siklus lengkap, tidur umumnya berlangsung selama 90 menit Jadi dalam satu malam setiap orang rata-rata akan mengalami empat hingga lima siklus lengkap.

Pada remaja dan dewasa yang berusia 16 hingga 30 tahun pola tidur mereka tentunya akan berbeda dengan usia lainnya. Hal ini karena perubahan hormon yang ada ada di akhir masa pubertas mereka.

Usia usia remaja dan dewasa ini akan mengalami kebutuhan tidur yang meningkat namun dengan waktu tidur yang berubah. Bagi orang dewasa usia diatas 30 tahun maka kebutuhan tidurnya adalah sekitar 7 jam sehari dan hal ini tidak berlaku pada usia dewasa tua karena jam tidur mereka sudah tidak menentu.

Mengapa tidur itu penting



Pengaruh kurang tidur ternyata sangat banyak bagi kegiatan belajar. Hal itu terjadi karena tidur memiliki peran yang sangat penting. Apa saja peran dari tidur

A. Menyusun ulang memori

Tidur dapat memberikan kesempatan bagi otak untuk menyusun kembali data-data atau memori yang ada sehingga dapat menemukan solusi terhadap suatu masalah. Tidak heran jika banyak yang menyebutkan jika kalian sedang banyak masalah maka tidurlah. Meskipun belum tentu ketika bangun dari tidur kalian akan menemukan solusi yang paling tidak pikiran kalian akan menjadi lebih baik.

B. Memperbaiki sel otak

Otak manusia memerlukan waktu untuk istirahat sama halnya dengan fisik yang meminta untuk istirahat. Salah satu cara otak untuk beristirahat adalah dengan tidur.

Pengaruh kurang tidur

Setelah mengetahui pentingnya tidur bagi manusia maka kini dapat kita jabarkan pengaruh kurang tidur terhadap anak.

a. Memengaruhi Kegiatan di Sekolah

Pola tidur anak akan berkaitan dengan aktivitasnya selama di sekolah. Seorang profesor di medical school of brown University melakukan penelitian dengan memundurkan waktu masuk sekolah. Hasilnya adalah ketika menambah jam tidur pada anak nak dan memundurkan jam sekolah membuat tingkat kecerdasan mereka menjadi meningkat. Mbah Man angka anak-anak yang absen karena masalah kesehatan juga menurun.

b. Mengganggu Proses Belajar



Dampak kurang tidur juga bisa memengaruhi proses belajar karena memori-memori anak akan terganggu. Enggak cuma itu, ketika kekurangan tidur anak pun akan lebih mudah tersinggung dan hiperaktif. Kedua hal tersebut bisa membuat mereka kesulitan untuk berkonsentrasi di sekolah.

c. Memicu Depresi

Anak-anak yang kurang tidur akan memiliki resiko mengalami depresi serta insomnia di kemudian hari. Emosi negatif pada anak pun akan terpicu apabila mereka kurang tidur.

d.  Menurunkan IQ

Pola tidur terganggu atau anak menjadi kurang tidur yang mengakibatkan anak mengalami insomnia di kemudian hari ternyata dapat menurunkan kecerdasan anak dan juga menurunkan fungsi kognitif nya. Para ahli di University of Virginia menyatakan bahwa anak-anak yang menderita insomnia akan mengalami penurunan kecerdasan. Pola tidur yang cukup tentunya akan melindungi memori ingatan dari adanya berbagai gangguan. Semakin cepat anak tidur setelah mereka belajar maka kemampuannya untuk mengingat akan semakin meningkat.

Nah itu dia pengaruh kurang tidur terhadap kegiatan belajar anak. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.


Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]