• Home
  • Persiapan Untuk Masuk Perguruan Tinggi

Persiapan Untuk Masuk Perguruan Tinggi

 

Persiapan Untuk Masuk Perguruan Tinggi


Perguruan tinggi menjadi salah satu tujuan bagi mereka yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Saat ini Baik kampus negeri maupun swasta telah mulai memberikan informasi mengenai jalur masuk perkuliahan. Untuk kampus negeri maka pelaksanaan pembukaan dan lain-lainnya diselenggarakan oleh pemerintah demikian sebaliknya untuk kampus swasta.

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Seperti banyaknya informasi yang telah beredar bahwa penerimaan mahasiswa baru tidaklah semudah saat kalian mendaftar SMA. Ada berbagai prosedur yang harus kalian lewati mulai dari tahapan seleksi serta ujian. Bagi mereka yang telah lulus jalur tanpa tes maka persiapan mereka tidak harus lebih banyak atau sebanding dengan mereka yang tidak lulus. Jadi bersiaplah bagi kalian yang masih harus menempuh berbagai jenis tes sebelum dapat memasuki perkuliahan yang kalian inginkan.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk perguruan tinggi

1. Cobalah untuk tetap optimis

Bukan lantas ketika kalian tidak pernah mendapatkan peringkat di kelas artinya kalian tidak bisa memasuki perguruan tinggi yang kalian inginkan. Teruslah optimis karena kesempatan masih terbuka lebar.

2. Mulai memastikan bidang ilmu yang ingin ditekuni



Ada baiknya sebelum memilih kampus tentukan dulu bidang ilmu apa yang ingin kalian tekuni. Ada baiknya kalian memilih bukan karena ikut-ikutan. Mintalah pertimbangan dari keluarga maupun orang tua dan guru dan pikirkan kembali sebelum mengambil keputusan. Jangan hanya melihat hasil akhirnya namun pikirkan juga konsekuensi dan tahapan-tahapan yang harus kalian hadapi.

3. Memilih program studi

Setelah menentukan bidang ilmu kini kalian mulai memilih program studi yang ingin ditekuni. Jangan langsung menentukan nama kampusnya namun carilah dulu program studinya. Sebaiknya Kalian juga mempersiapkan beberapa program studi cadangan dengan tetap mendahulukan pertimbangan yang matang.

4. Mencari kampus

Barulah setelah itu kalian mencari kampus yang menawarkan program studi yang kalian inginkan. Jangan memilih dengan asal-asalan atau hanya berharap dengan adanya kuota cadangan. Cari tahu lebih banyak mengenai program studi jika kalian sudah mendapatkan kampus yang memilikinya.

5. Mulai membuat jadwal belajar

Untuk kalian yang tidak lulus tes seleksi berdasarkan Nilai raport maka artinya kalian harus menyiapkan usaha lebih untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi. Mulailah mengatur waktu belajar dan mengerjakan soal-soal.

6. Jaga kesehatan fisik dan mental

Kalian boleh berambisi dan bersemangat namun tetap tidak perlu memforsir diri sendiri. Kesehatan fisik dan mental adalah yang terpenting Agar kalian dapat menghadapi ujian dengan baik. Pertahankan konsentrasi tersebut dan jangan sampai apa yang sudah kalian siapkan menjadi sia-sia.

Kalian memang boleh-boleh saja untuk berfikir tidak terlalu panjang artinya kalian hanya fokus kepada ujian nasional. Padahal sebenarnya peluang kalian untuk lulus ujian nasional ini jauh lebih besar daripada lulus tes masuk kuliah. Kalian juga sebaiknya tidak terlalu lama untuk menentukan keputusan mengenai program studi yang akan kalian ambil dan yang terpenting ketika semua persiapan telah dipersiapkan dengan matang Kalian tidak perlu terlalu panik.

Carilah juga informasi-informasi mengenai teknis penyelenggaraan tes masuk.

Nah itu dia persiapan untuk masuk perguruan tinggi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.


Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]