• Home
  • Tips Meningkatkan Motivasi Belajarmu

Tips Meningkatkan Motivasi Belajarmu

 
Tips meningkatkan motivasi belajarmu


Tips meningkatkan motivasi belajarmu harus dimulai dari dirimu sendiri. Namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba mendapatkan motivasi dari teman-teman terdekat.

a. Belajar bersama teman

Percaya atau tidak jika kalian belajar bersama teman maka motivasi belajar kalian akan menjadi semakin meningkat. Kalian juga dapat menanyakan ataupun saling berdiskusi mengenai pelajaran yang sulit bagi kalian. Demikian pula sebaliknya.

b. Menciptakan suasana belajar yang nyaman

Mut akan mempengaruhi gaya belajar dan cara belajar. Untuk menciptakan muting positif tentu saja suasana belajar harus menjadi menyenangkan. Kalian dapat memilih belajar di taman ataupun tempat lain terbuka ke-4 memberikan perasaan senang dan nyaman. Ini juga dapat memilih belajar di luar rumah bersama teman-teman. Namun ingat sekali lagi ya bahwa tujuan kalian adalah belajar bukan hanya sekedar mengobrol.

c. Membuat agenda belajar

Dengan membuat agenda belajar maka kita menjadi lebih paham mengenai langkah demi langkah ataupun target belajar. Sebab itulah ini menjadi salah satu tips meningkatkan motivasi belajarmu yang cukup efektif.

d. Mencari tahu gaya belajar



Sangat penting bagi kalian untuk mengetahui gaya belajar kalian. Dengan demikian kalian dapat mulai belajar secara efektif. Contohnya apabila gaya Belajar kalian cenderung audio visual maka sebaiknya kalian belajar sambil berbicara sendiri atau membaca dengan bersuara mengenai materi yang kalian pelajari. Cara ini akan membuat kalian lebih mudah untuk mengingat apa yang telah kalian pelajari. Namun ada juga yang memiliki gaya belajar untuk menarik kembali apa yang harus dipelajari. Inilah saatnya kalian mulai menganalisa gaya belajar kalian.

e. Istirahat

Tidak baik untuk memforsir tenaga untuk belajar terus-terusan. Ingatlah bahwa otak juga perlu beristirahat dan memiliki jangka waktu efektif untuk menerima informasi. Jika kalian telah berkonsentrasi selama kurang lebih 15 hingga 30 menit maka sebaiknya beristirahat sejenak misalnya saja 5 menit atau 10 menit. Kemudian kalian dapat melanjutkan kembali untuk belajar. Sediakan juga camilan yang sehat yang dapat membantu proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

f. Menghindari gangguan belajar

Konsentrasi menjadi terpecah dan terganggu apabila kalian menemukan beberapa gangguan pada saat sedang belajar. Bayangkan saja ketika kalian harus fokus terhadap sesuatu namun kemudian harus terganggu. Tentu ini nantinya akan membuat kalian menjadi tidak semangat lagi dalam melanjutkan pembelajaran. Jadi sebisa mungkin cobalah menghindari gangguan gangguan yang mungkin muncul seperti suasana yang bising ataupun nada dering telepon yang terlalu keras. Kondisikan dulu suasana belajar sehingga menjadi nyaman dan bebas gangguan.

g. Carilah media pembelajaran yang sesuai



Kalian tidak harus selalu berpatokan dengan buku pegangan dari sekolah ataupun fasilitas yang diberikan sekolah. Kalian boleh saja mencari media lain yang dapat membantu memahami pelajaran misalnya dengan membeli buku ringkasan materi atau buku yang berisi kumpulan soal soal beserta penyelesaian yang lebih efektif dan cepat. Atau jika telah tiba saatnya mempelajari mengenai peta dunia maka kalian dapat membeli globe. Tidak ada yang usaha untuk itu selama itu dapat meningkatkan motivasi belajar kalian.

Nah itu dia tips meningkatkan motivasi belajarmu. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]