• Home
  • Tips Untuk Ayah dan Bunda Ketika Terima Raport Ananda

Tips Untuk Ayah dan Bunda Ketika Terima Raport Ananda

 
Tips Untuk Ayah dan Bunda


Tidak terasa ya Ayah Bunda, ternyata sudah waktunya ananda menerima raport semester pertama. Sebagai orangtua tentunya harapan kalian adalah ananda mampu memberikan hasil yang baik. Namun biar bagaimanapun hasil akan selalu ibarat dua mata uang yaitu sempurna dan kurang sempurna. Simak tips untuk Ayah dan Bunda berikut ini agar anak tetap semangat meraih prestasi.


Tips Untuk Ayah dan Bunda Ketika Nilai Ananda Sempurna

Tentu nilai sempurna menjadi harapan banyak orangtua. Ketika ananda berhasil meraihnya, maka ini adalah pencapaian yang luar biasa. Namun tentu saja hal ini perlu dipertahankan. 

Sangat baik untuk memuji tetapi upayakan agar tidak berlebihan. Lalu sikap apa yang perlu Ayah Bunda tunjukkan?

1. Berikan reward dan tentunya mengapresiasi pencapaian ananda.

Bisa dengan mengajaknya berlibur atau pergi ke tempat favorit ananda. Sampaikan pula apresiasi kalian kepada ananda. 

2. Ajarkan ananda untuk tetap rendah hati.

 Ini merupakan poin penting agar ananda tetap berkarakter baik dalam kehidupan sehari-hari. 

3. Tanyakan pengalaman belajar yang membuat nilai ananda bagus. 

Dari sini Ayah Bunda dapat memahami metode belajar ananda. Dengan demikian stimulasi yang diberikan untuk ananda pun menjadi semakin tepat.

4. Arahkan ananda untuk mencoba skill dan pelajaran lain untuk menambah wawasan dan kecerdasannya. 

Poin ini juga menjadi penting agar ananda selalu menjadi pribadi yang ingin tau dan ingin terus belajar. Dengan demikian ia akan tetap menjadi pribadi yang rendah hati.

Tips Untuk Ayah dan Bunda Ketika Nilai Ananda Jauh dari Sempurna



Setiap anak memiliki keunikan tersendiri. Bisa jadi mereka lemah di satu pelajaran dan menonjol di pelajaran yang lain. Lantas bagaimana sebaiknya Ayah Bunda bersikap?

1. Tunjukkan jika Ayah Bunda berempati.

Dalam hati ananda, tentu ia sebenarnya merasa kecewa, malu, dan takut. Dengan perasaan seperti itu, tunjukkan bahwa Ayah Bunda tetap berada di pihaknya. Jangan biarkan ananda merasa sendirian.

2. Tetap mengapresiasi usaha ananda.

Apapun hasilnya ananda pasti sudah berusaha memberikan yang terbaik. Tetap apresiasi usahanya. Misalnya mulanya berencana liburan saat nilai ananda baik, kini diubah menjadi berkunjung ke rumah sanak saudara dan sebagainya. Apapun itu usahakan ananda tetap menyukainya dan bersemangat kembali.

3. Ajarkan ananda untuk tetap bersemangat.

Terkesan sangat mudah namun sebenarnya ini sulit dilakukan. Apalagi ketika ananda harus bertemu teman-temannya yang memiliki nilai sempurna. Di sinilah peran Ayah Bunda sangat penting. Terus berikan motivasi pada ananda dan jadilah sahabat yang baik baginya. 

4. Fokus pada mata pelajaran yang sulit bagi ananda.

Ayah Bunda sebaiknya mencari tau kira-kira mata pelajaran apa yang susah bagi ananda. Tanyakan kesulitannya. Misalnya ananda menjawab pengajaran guru kurang jelas, maka tawarkan ananda mengikuti bimbingan belajar.

5. Jangan membandingkan

"Temanmu si A saja bisa, kenapa kamu ga bisa?" 

Kalimat ini terkesan sangat menyakitkan. Tidak ada orang yang suka dibanding-bandingkan. Aku bukan dia dan dia bukan aku. Apalagi orangtua juga menyumbangkan genetik mereka bukan? Nah daripada membandingkan dan menyalahkan sebaiknya mencari solusi bersama.

6. Dampingi belajar

Orangtua juga berperan penting dalam kecerdasan anak. Sebaiknya Ayah Bunda meluangkan waktu mendampingi ananda belajar. Jika ingin hasil yang sempurna, jangan serta merta melimpahkan semua pada ananda ya. 

7. Dengarkan keluh kesah ananda

Bisa jadi nilai ananda kurang baik karena ia memendam masalah. Coba cari tau perasaan ananda dan dengarkan keluh kesahnya.

Nah itu dia Tips Untuk Ayah dan Bunda Ketika Terima Raport Ananda. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.





Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]