• Home
  • Modernisasi dan Globalisasi | Sosiologi Kelas 12

Modernisasi dan Globalisasi | Sosiologi Kelas 12

 

Modernisasi dan Globalisasi

Hai sahabat Latis! Gimana liburan akhir pekan kalian? Apa kalian ikutan Citayem Fashion week? Hehe. Salah satu bentuk modernisasi dan globalisasi adalah kegiatan itu walaupun mungkin memang saat ini belum ke kategori global sih ya. Ada baiknya kita belajar perbedaannya dulu yuk!

Modernisasi dan Globalisasi

Modernisasi
Sumber Freepik 



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Di sisi lain, pengertian modernisasi menurut KBBI adalah proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa kini.

Garis bawahi kalimat tuntutan ya sahabat Latis. Jadi misalnya kalian punya ponsel pintar saat ini ya itu karena memang semua informasi dan kebutuhan hidup diakses lewat itu. Lalu saat ini yang sedang digalakkan adalah TV digital. Hm.. mungkin bagi kalian itu hanya untuk tampilan gambar yang lebih baik tapi ternyata banyak channel yang bisa menambah wawasan dan itu gratis. Jadi memang kita dituntut untuk menambah wawasan melalui tontonan sehingga menonton tv bukan hanya sekedar hiburan. 

Oke, jadi kalian sudah dapat dua contoh ya mengenai modernisasi. Saatnya kita membedakan modernisasi dan globalisasi.

Modernisasi


- Mengubah cara berpikir dari tradisional menjadi cara berpikir modern yang efisien dan praktis.

- Memperkuat kesatuan dalam masyarakat.

- Meningkatkan taraf pendidikan.

- Meningkatkan keinginan untuk mengembangkan kualitas diri.

- Merubah tata nilai dan sikap.

- Berkembanganya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Globalisasi

- Menyebabkan terjadinya saling ketergantungan antar negara di dunia, tidak ada satupun negara yang dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan negara lain.

- Meningkatkan promosi budaya dan karya anak-anak bangsa.

- Meningkatkan taraf hidup masyarakat.

- Meningkatkan produktivitas.

Dari sekian uraian tersebut, kira-kira adakah dampak negatifnya?

Dampak Negatif Modernisasi dan Globalisasi


Modernisasi dan globalisasi


Sumber Freepik 


- Terjadinya kesenjangan sosial
Sahabat Latis pasti melihat kan bagaimana kondisi saat ini antara si kaya dan si miskin? Yah bayangkan saja teman kalian punya aipon dan kalian android. Dari situ aja udah bisa dibedakan daya beli mereka, duid mereka, sama halnya dengan merk laptop juga kendaraan mereka.

- Menumbuhkan sikap individualis
Percaya atau tidak semakin kesini tiap orang makin nyaman sendirian dengan tv, hape, dan leptop mereka. Mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Saat ada musibah aja tiap orang masih sibuk bikin konten daripada menolong. 

- Meningkatnya pola hidup konsumtif
Karena kemajuan teknologi dan lainnya yang selalu berkembang membuat kalian mau tidak mau kudu update. Misal aplikasi tertentu saat ini hanya bisa diunduh untuk Android 11 misalnya. Yaudah mau ga mau walaupun udah punya hape kalian harus beli lagi kecuali itu hape bisa diupdate.

- Menumbuhkan paham materialisme
Yes apa-apa duit. Gimana nggak? Kita tiap hari dituntut buat berduit.

- Kurang bangga dengan produk dalam negeri

- Karena munculnya kesenjangan sosial itu lah jadi tiap orang terkesan ingin lebih unggul. Belum lagi karena publik figur yang memberi contoh belanja barang branded luar negeri, halan-halan ke luar negeri, ya sudahlah.

- Terjadinya pengangguran bagi warga masyarakat yang tidak mempunyai kualifikasi sesuai yang dibutuhkan;

- Pengurangan jumlah tenaga kerja karena digantikan mesin dan teknologi yang lebih modern

- Terjadinya pencemaran lingkungan karena rumah sakit atau industri yang bergerak di bidang kesehatan;

- Berbagai produk teknologi dapat menimbulkan radiasi yang memunculkan berbagai penyakit baru;

- Cahaya handphone atau komputer dapat menimbulkan radiasi yang merusak penglihatan.

- Mudahnya mendapatkan barang dari luar negeri membuat pasar nasional akan dikuasai barang-barang impor;

- Memicu konsumerisme atau gaya hidup tidak hemat di masyarakat;

- Masuknya tenaga asing dalam jumlah besar sehingga mendominasi tenaga kerja lokal;

- Matinya usaha-usaha lokal karena penjualan barang dari luar negeri.

Setelah mendapat pencerahan dari beberapa penjelasan di atas kira-kira gimana nih Sahabat Latis? pembahasan materi modernisasi dan globalisasi sulit ga sih? Biar makin paham materinya yuk ikutan les di latisprivat.com dijamin nilai kamu bakal meningkat drastis. 


Modernisasi dan globalisasi


Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]