• Home
  • Penutupan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa | Ekonomi Kelas 12

Penutupan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa | Ekonomi Kelas 12

 

penutupan siklus akuntansi


Sahabat Latis, di blog sebelumnya kita sudah membahas mengenai arus akuntansi perusahaan jasa. Ada pembukaan tentu ada penutupan. Nah seperti apa sih penutupan siklus akuntansi perusahaan jasa pada akhir periode?

Tahapan Penutupan Siklus

penutupan sikus akuntansi

Sumber Freepik

Sudah siapkah untuk berpusing-pusing ria? Sebenarnya di sini kalian tidak harus pusing kok. Semua tidak sesulit yang kalian kira. Mari kita cek dulu deh ya tahapannya ada berapa sih.

a. Mencatat dan Mengelompokkan

Alright beibeh, yang pertama dan paling dasar adalah mencatat. Jadi kalau kalian tipikal malas mencatat, susah deh sepertinya buat kalian untuk menjadi seorang akuntan. Ini benar-benar dasar banget lho Sahabat Latis. 

Perlu diingat bahwa pencatatan ini harus dilakukan sesuai dengan bukti transaksi, misalnya faktur, nota, dan kuitansi. Selain itu, pencatatan juga harus dilakukan dengan teliti. Lalu jangan lupa mengelompokkan mana pengeluaran dan mana pemasukan. Jangan lupa juga untuk mengelompokkan berdasarkan tanggal, akun, dan lainnya.

b. Ikhtisar atau Ringkasan 

Ya ampun, tidak cuma paragraf dalam soal bahasa Indonesia aja yang perlu dicari ringkasannya. Ternyata akutansi perusahaan jasa juga iya. Duh gimana dong caranya?

Pertama kalian harus menjumlahkan saldo dari semua akun yang ada di buku besar. Setelah itu, ringkasan akun ini dicatat pada neraca saldo. Ringkasan ini perlu disesuaikan atau dikoreksi. Proses penyesuaian ini dilakukan pada jurnal penyesuaian.

Susun neraca jalur dan buat neraca saldo. Neraca ini terdiri dari berbagai neraca yang disusun berderet. Neraca-neraca tersebut adalah neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah disesuaikan, kolom laba rugi, dan neraca.

c. Melapor


Nah ini bagian yang paling kalian suka pastinya. Setelah berhasil membuat dan mengelompokkan angka-angka, tiba saatnya untuk melapor. Deretan neraca tadi akan menjadi sebuah laporan untuk pak Direktur yang nantinya akan beliau gunakan untuk mengambil keputusan. Sama halnya dengan investor juga. Mereka akan memakai data ini untuk memutuskan akan berinvestasi atau nggak. Umpama kalian adalah Direkturnya maka yasudah, kalian tinggal nunggu aja hasil laporannya sambil nyeduh pop mie. Ehehehe. 

Sebenarnya apa sih tujuan penutupan siklus akuntansi perusahaan jasa ini?

Tujuan Penutupan Siklus 

Capek-capek nyusun angka-angka untuk apa sih? Tujuan dilakukannya proses ini adalah untuk menutup siklus akuntansi dalam satu periode. Proses ini diawali dengan menyeimbangkan saldo semua akun, sehingga jumlah mereka nol.

Jadi misalnya perusahaan kalian (aamiin punya perusahaan sendiri ya) mau menentukan rekap per semester atau setahun, ini berguna untuk menutup aktivitas transaksi setahun itu. Gampang kan? Ibarat memulai lembar kehidupan baru gitu lhoo!

Tujuan lain dari penutupan ini adalah untuk mengetahui apakah setiap akun memiliki jumlah saldo yang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya di akhir periode akuntansi. Setelah proses ini selesai dilakukan, Anda dapat memulai siklus akuntansi baru untuk periode selanjutnya.

Agak halu nih kalau ga ada contohnya. Eits sabar dulu! Perhatikan dulu dengan seksama catatan di bawah ini.

Catatan

Cara membuat penutupan siklus

Sumber Freepik

 - Susun kembali jurnal penutup
Jurnal penutup adalah jurnal yang disusun untuk membuat saldo perkiraan sementara bernilai nol, sehingga perusahaan dapat mengetahui laba atau rugi usaha selama satu periode. Sumber penyusunan ayat jurnal penutup berasal dari kertas kerja kolom laba/rugi.

Erat kaitannya dengan akun ikhtisar laba/rugi, akun pendapatan, akun beban, dan akun prive. Ketika menuliskan saldo dari tiap akun tersebut pada jurnal penutup, Anda harus menuliskan saldo mereka pada sisi debet/kredit yang berlawanan.

Fungsi lainnya adalah untuk memisahkan saldo di rekening sementara dan saldo-saldo lainnya. Udah kalian bayangin saja itu saldo kalian biar semangat mengerjakannya. 

Cara mudahnya begini:

1. Saldo akun pendapatan dipindahkan pada akun ikhtisar laba/rugi. Cara melakukannya adalah dengan mengkreditkan saldo akun ikhtisar laba/rugi dan mendebetkan saldo akun pendapatan.

2. Saldo akun beban dipindahkan pada akun ikhtisar laba/rugi. Cara melakukannya yaitu dengan mendebetkan saldo akun ikhtisar laba/rugi dan mengkreditkan saldo akun beban.

3. Saldo akun prive dipindahkan pada akun ekuitas. Cara melakukannya adalah dengan mendebetkan akun ekuitas dan mengkreditkan akun prive.

- Pindah buku
Bukan maksudnya sekedar ganti buku karena bukunya sudah habis ya, hehe. Kalian perlu menutup buku dengan memberikan saldo akhir dan menganggap itu tidak lagi berhubungan dengan buku baru. 

Pemindahbukuan ini dapat dilakukan dengan cara memosting jurnal penyesuaian pada akun buku besar, memosting jurnal penutup pada akun buku besar, serta memberi dua garis pada bagian bawah saldo akun nominal. Cara terakhir tersebut dilakukan untuk memperlihatkan bahwa akun nominal tersebut tidak berlaku lagi untuk periode selanjutnya.

- Susun neraca saldo
Untuk menyusunnya, kalian memerlukan data yang ada pada akun buku besar saat akun sementara memiliki saldo bernilai nol atau jurnal penutup telah disusun atau dari neraca lajur.

Isi dari neraca saldo setelah penutupan adalah akun riil yang terdiri dari harta, utang, serta modal. Tujuan pembuatan neraca ini adalah untuk mencari tahu keseimbangan antara saldo debet dan kredit yang ada pada akun buku besar.

- Susun jurnal pembalik
Sifatnya ini tidak wajib ya dan tidak semua perusahaan harus punya jurnal pembalik. Syaratnya adalah Pendapatan dibayar di muka, pendapatan yang masih harus diterima. Beban dibayar di muka dan beban diterima di muka.

Kalau sampai di sini kalian merasa "OOh My Good, I can't handle this!" itu artinya kalian harus semangat jadi pemilik perusahaan. Kok gitu? Ya biar ga pusing mikir beginian dong. Makanya ada yang bilang sekecil-kecilnya usahamu gapapa karena kamu tetep bosnya. Cuman emang kalo usaha kecil masih bisa lah kalian catet-catet sendiri. Belum butuh bantuan akuntan profesional. Atau bisa juga sih pakai aplikasi pembantu tooh jaman udah secanggih ini. 

Setelah mendapat pencerahan dari beberapa penjelasan di atas kira-kira gimana nih Sahabat Latis? pembahasan materi Penutupan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa sulit ga sih? Biar makin paham materinya yuk ikutan les di latisprivat.com dijamin nilai kamu bakal meningkat drastis. 


latis privat

Refrensi:

1. Pastiguna.com
2. Modul Latis Privat

Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]