• Home
  • Perubahan Sosial | Sosiologi Kelas 12

Perubahan Sosial | Sosiologi Kelas 12

 

Perubahan Sosial

Sahabat Latis pasti menemukan adanya perbedaan situasi saat kalian kecil dan saat ini. Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki ragam karakter. Salah satunya adalah ketidakpuasan sehingga memacu terjadinya perubahan sosial. Apa itu?

Definisi Perubahan Sosial

Perubahan Sosial
Sumber Freepik

Pernah tidak kalian mendengar cerita dari kakek nenek atau ortu kalian mengenai masa kecil mereka? Lantas apa yang kalian dapat simpulkan dari itu? Yup, perubahan. Sulit rasanya untuk tidak berubah mengikuti jaman walaupun memang kecepatan perubahan tiap daerah berbeda-beda.


Tapi lagi-lagi memang kalian harus jeli dengan perubahan yang ada karena sifatnya yang positif maupun negatif. Menurut ilmu Sosiologi, perubahan sosial dipahami sebagai perubahan kehidupan masyarakat yang berlangsung tanpa henti. Ini akan terjadi sepanjang masa. Hakikat perubahan ini adalah keinginan setiap orang untuk selalu berubah agar keadaan menjadi lebih baik sesuai dengan kebutuhan. Kalian juga pasti ingin berubah kan?


Menurut Selo Soemarjan, konteks ini dapat diartikan sebagai perubahan di lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat tersebut.


Walaupun definisi itu sudah cukup gamblang menjelaskan, kalian tetap harus memperhatikan beberapa ciri lainnya.


Menurut beberapa ahli, salah satunya adalah Hirschman, beliau menyebutkan bahwa fenomena sosial yang terjadi karena pengaruh komunikasi dan cara pola pikir masyarakat adalah definisi dari perubahan sosial. Perubahan ini dipicu oleh dua faktor yakni faktor internal dan eksternal.


Bahkan Max Weber yang merupakan sosiolog ternama juga mengungkapkan bahwa perubahan tersebut adalah karena ketidaksamaan unsur-unsur yang ada. 


Ciri-ciri Perubahan Sosial

Ciri-cirinya terbagi atas empat ciri yang mendasar.

1. Setiap masyarakat merasakan adanya perubahan sosial dalam lingkungannya, baik itu berjalan lambat atau cepat. Perubahan ini terus-menerus tanpa henti. Tujuannya demi pemenuhan kebutuhan hidup.

2. Saat perubahan dialami oleh lembaga kemasyarakatan maka akan terjadi perubahan pula di lembaga-lembaga sosial lain.

3. Disorganisasi dapat terjadi jika perubahan sosial berlangsung sangat cepat dalam suatu kelompok masyarakat. Namun sifat disorganisasi ini hanya sementara.

4. Adanya perubahan dalam hal kebendaan maupun spiritual yang erat kaitannya dengan hubungan timbal balik.

Setelah kita berkutat dengan perubahan demi perubahan yang terjadi, kira-kira nih menurut sahabat Latis kenapa sih kok bisa terjadi perubahan?

Faktor-Faktor Perubahan Sosial

Perubahan Sosial

Sumber Latis Privat

Tidak ada asap kalau tidak ada api. Sama halnya dengan tidak ada perubahan kalau tidak ada pemicunya. Menurut kalian kenapa sih dunia ini berubah? Kenapa kalian berubah? dan kenapa lingkungan kalian juga berubah?

a. Faktor Internal

Baiklah pertama kita pikirkan dulu dari sisi faktor internalnya sebelum akhirnya kita beralih ke faktor eksternal. Apa saja yang mencakup faktor internal?

- Penduduk yang bertambah atau berkurang

Coba kalian pikirkan, ketika terjadi penambahan penduduk tanpa diiringi norma atau aturan yang mengatur kira-kira semrawut tidak? Maka dari itu kemudian munculah aturan yang membatasi ini dan itu dan otomatis mengubah situasi yang ada di lingkungan sosial.

Sama halnya ketika terjadi pengurangan penduduk. Maka nantinya akan terdapat kekosongan lahan hingga tenaga kerja. Diperlukanlah solusi atas itu. 

- Inovasi

Penemuan akan hal-hal baru termasuk teknologi dan ilmu pengetahuan lainnya akan mengubah kebiasaan masyarakat termasuk perilakunya. 

- Konflik sosial

Pertentangan antara generasi tua dan muda. Pertentangan bisa terjadi karena generasi muda lebih cepat menerima kebudayaan modern. Masih banyak contoh jenis konflik lainnya. 

- Revolusi

Revolusi sendiri telah memiliki arti perubahan. Ketika ini terjadi di suatu negara maka secara otomatis akan menimbulkan perubahan. 

b. Faktor Eksternal

Jika tadi kita telah membahas mengenai faktor internal, kini waktunya lanjut membahas faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar. Apa saja?

- Perubahan alam dan lingkungan

Kondisi ini membuat manusia akan berpindah ke tempat lain untuk tetap bertahan hidup. Di tempat yang baru, muncul perubahan sosial dari berbagai sisi.

Contohnya ketika terjadi bencana alam baik itu bencana yang alami hingga yang terjadi akibat manusia merusak alam. 

- Peperangan

Apabila peperangan dimenangkan oleh pihak lawan maka akan membuat munculnya banyak perubahan yang terjadi karena pihak yang kalah otomatis akan mengikuti pihak yang menang. 

- Pengaruh budaya asing

Pertukaran budaya akan menciptakan sedikit tidaknya perubahan yang muncul mulai dari bahasa hingga gaya hidup masyarakat. 

Jadi gini deh memang ada tipe orang yang mudah beradaptasi tapi sebagian kecil juga susah menerima perubahan. Tapi bagaimana sebenarnya perubahan ini bisa masuk dan mengalir di suatu kehidupan sosial?

Proses Perubahan Sosial

Terdapat empat proses terjadinya perubahan antara lain:

a. Difusi

Pernah dengar istilah ini di pelajaran Kimia atau Fisika? Yuhu, dari yang kecil ke yang besar, intinya penyebaran yang terjadi mulai dari individu ke kelompok yang lebih besar. 

b. Akulturasi 

Masuknya budaya asing yang kemudian diterima dan disesuaikan dengan budaya yang sudah ada. Hal ini bisa diterima tergantung dari bagaimana caranya masuk.

c. Asimilasi

Nah untuk proses yang satu ini membutuhkan waktu yang cukup lama ya. Kenapa? karena dibutuhkan interaksi yang lama sehingga perubahan dapat terjadi. Contoh kalo kalian punya ayang ebeb dari daerah Jakarta trus biasa makan lalapan mentah. Nah kalian tidak biasa dengan itu tapi ternyata setelah berinteraksi lama kalian ikut-ikutan makan lalapan mentah dan ngomongnya juga jadi gue elo, asal bukan gue elo end lho ya. 

d. Akomodasi

Proses perubahan sosial yang menunjukan keseimbangan dalam hubungan sosial antar golongan yang berkaitan dengan norma atau nilai yang berlaku di masyarakat.

Setelah mendapat pencerahan dari beberapa penjelasan di atas kira-kira gimana nih Sahabat Latis? pembahasan materi Perubahan Sosial sulit ga sih? Biar makin paham materinya yuk ikutan les di latisprivat.com dijamin nilai kamu bakal meningkat drastis. 


les privat


Referensi :

1. tirto.id
2. gramedia.com

Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]