7 Metode Belajar Bacaan Iqro 2 yang Seru dan Menyenangkan

 Mengaji memiliki manfaat yang salah satunya dapat menambah amal soleh manusia. Tidak hanya itu saja, rajin mengaji juga dapat semakin mendekatkan manusia kepada ajaran-ajaran yang benar. Oleh sebab itu, sebagai orang muslim penting untuk bisa mengaji. Anak-anak pun sangat disarankan untuk belajar mengaji sesegera mungkin. Untuk pemula, belajar mengaji bisa dimulai dari bacaan iqro 1, bacaan iqro 2, hingga bacaan iqro 6.

Nah, bagi kamu orang tua yang ingin si kecil mendapatkan pengajaran mengaji yang benar dan oleh guru yang berkualitas, maka kamu bisa menggunakan jasa guru les mengaji. Guru les mengaji saat ini sudah banyak yang bergabung dengan lembaga les privat, termasuk juga di Latis Privat. Jadi, jika kamu sedang mencari guru les mengaji untuk si kecil, Latis Privat dapat membantu kamu loh.

Kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas guru les mengaji di Latis Privat. Terdapat beberapa metode dan langkah belajar mengaji yang seru dan menyenangkan yang menjadi andalan dari guru-guru mengaji kami. Penasaran apa saja metodenya? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

7 Metode Belajar Bacaan Iqro 2 yang Seru dan Menyenangkan

1. Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Gambar dan Warna

Metode belajar bacaan iqro 2 yang pertama, yang sangat direkomendasikan adalah dengan memanfaatkan media berupa gambar dan warna. Pada usia anak yang baru awal belajar mengaji, langsung mengajarkan huruf-huruf hijaiyah tanpa media yang menarik untuk anak-anak, dapat kurang signifikan hasilnya. Oleh karena itu, metode belajar mengaji pun harus bisa berinovasi untuk membantu anak lebih mudah mengingat huruf-huruf hijaiyah.

Penggunaan gambar dan warna ini bisa menjadi kode yang memudahkan anak untuk mengingat huruf hijaiyah. Anak-anak di usia dini masih berada dalam level belajar konkret, itulah mengapa media belajar yang dekat dan digemari anak-anak seperti gambar dan warna akan sangat memudahkan mereka untuk mengingat. Jadi bacaan iqro pun lebih mudah dilakukan!

2. Bermain Kuis Huruf Hijaiyah

Karena belajar mengaji bacaan iqro berfokus pada bagaimana anak-anak bisa membaca huruf hijaiyah, maka kegiatan belajar harus didesain untuk melatih daya ingat anak. Dalam hal mengingat huruf hijaiyah dalam bacaan iqro, kegiatan kuis sangat cocok untuk dicoba. Suasana seru dan kompetitif dari kuis, dapat mempengaruhi anak-anak untuk berupaya mengingat huruf hijaiyah.

Guru privat yang kreatif seperti guru mengaji di Latis Privat, juga bisa memodifikasi kegiatan kuis menjadi lebih seru. Salah satunya dengan memberikan reward seperti stempel untuk anak-anak yang berhasil menjawab dengan benar. Hal sederhana seperti ini ternyata sangat ampuh untuk membantu anak mengingat huruf hijaiyah loh!

3. Bermain Kata yang Berkaitan dengan Huruf Hijaiyah

Berikutnya, metode belajar yang direkomendasikan untuk belajar bacaan iqro 2 adalah dengan permainan suku kata. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, belajar melalui permainan dapat menjadi salah satu cara ampuh agar si kecil lebih mudah memahami dan mengingat materi pelajaran.

Khususnya jika sedang belajar huruf hijaiyah, bermain suku kata menjadi pilihan yang sangat tepat. Huruf penggunaannya adalah dalam suku-suku kata. Sekaligus dalam permainan ini, guru mengaji akan mengenalkan suku kata bacaan iqro. Jadi dengan konsep bermain suku kata ini, anak dapat berkompetisi untuk menemukan suku kata dari huruf hijaiyah yang dipelajari. Semakin banyak ditemukan, maka kembali guru dapat memberikan reward sederhana yang akan semakin mendorong si kecil untuk rajin belajar.

4. Memanfaatkan Teknologi untuk Gambar, Musik, dan Permainan Lain

Saat ini, peran teknologi dalam membantu proses pembelajaran sangat signifikan. Tidak hanya sebatas untuk menyimpan materi pembelajaran, guru mengaji terus berinovasi untuk memanfaatkan teknologi untuk belajar bacaan iqro 2, seperti misalnya dengan belajar melalui visualisasi gambar, penggunaan audio untuk contoh pelafalan yang sempurna, dan permainan-permainan terkait yang dapat divisualisasikan.

Inovasi-inovasi kegiatan pembelajaran dengan manfaat teknologi ini harus digunakan. Guru les privat mengaji dari Latis Privat tentunya sudah memiliki kapasitas yang cukup untuk memberikan pengalaman belajar mengaji yang seru, dengan menggunakan teknologi. Jadi les mengaji untuk si kecil bisa menjadi waktu belajar yang paling ditunggu-tunggu.

5. Melakukan Aktivitas Gunting dan Tempel

Metode belajar bacaan iqro 2 juga dapat dilakukan dengan bantuan aktivitas gunting dan tempel loh! Sambil belajar mengingat huruf hijaiyah dan lafadz yang tepat, si kecil dapat dikenalkan dengan bentuk-bentuk penulisan huruf tersebut. Jadi proses mengingat yang digunakan adalah proses mengingat melalui bentuk.

Sambil menggunting dan menempel, si kecil juga bisa lebih tertarik untuk mengaji. Pasalnya, di usia anak awal belajar mengaji, biasanya mereka masih sangat aktif. Sehingga aktivitas yang menggunakan kemampuan motorik, akan menjadi aktivitas yang paling mereka minati.

6. Melakukan Aktivitas Tulis Berulang

Masih ada lagi metode belajar bacaan iqro 2 yang menggunakan aktivitas motorik anak, yaitu dengan menulis. Pada metode belajar yang satu ini, anak akan distimulasi untuk mengingat huruf-huruf hijaiyah melalui aktivitas tulis berulang. Guru mengaji dapat mempersiapkan lembar aktivitas anak yang berisi bentuk-bentuk huruf untuk diikuti penulisannya oleh si kecil.

Jadi dengan aktivitas tulis berulang ini, guru bisa sekaligus menginternalisasi bagaimana cara membaca huruf tersebut. Lama kelamaan, tentu si kecil tidak lagi asing dengan bacaan-bacaan mengaji, bentuk penulisannya, dana pengucapannya.

7. Menyelenggarakan Kompetisi dengan Hadiah

Metode belajar yang satu ini sudah beberapa kali disinggung dalam metode pembelajaran lainnya. Atau dengan kata lain, metode belajar ini adalah pelengkap untuk membuat model pembelajaran yang seru menjadi semakin seru, karena adanya hadiah (rewards). Siapa yang tidak menyukai hadiah? Semuanya pasti suka hadiah, termasuk juga anak-anak. Jadi semangat belajar tentu semakin meningkat karenanya!

Itulah tadi beberapa metode belajar bacaan iqro yang seru dan menyenangkan melalui les mengaji di Latis Privat. Kamu tentu sudah bisa membayangkan semangat si kecil saat belajar bukan. Nah, jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi Latis Privat dan daftarkan anak kamu mengikuti les mengaji di website kami di latisprivat.com ya. Kami tunggu!

Komentar

Popular Post