Pasar Modal | Ekonomi Kelas 12

 

Pasar modal

Hai sahabat Latis gimana kabarnya hari ini? Sudah siap belajar ekonomi? Kita akan membahas soal pasar. Pasar modal bisa dibilang sebagai jembatan yang menghubungkan antara penjual dan pembeli dalam konteks pemerintahan.

Cek lagi yuk pengertiannya!


Pasar Modal Dan Sejarahnya 

Pasar Modal

Sumber Freepik 


Pada suatu hari di tahun 1939, seorang penulis mengisahkan adanya transaksi efek tanpa organisasi resmi yang berlangsung sejak 1880. Vereniging voor den Effectenhandel menyebut bahwa catatan tentang transaksi tersebut tidak lengkap. Barulah pada tahun 1878 terbentuk perusahaan untuk perdagangan komunitas dan sekuritas. Siapakah dia? Dia adalah  Dunlop & Koff. 


Selang bertahun-tahun, akhirnya di tahun 1912 tepatnya tanggal 14 Desember, Amsterdamse Effectenbueurs membuka cabang bursa efek di Indonesia. Ini merupakan kisah perdana. Sangat keren! Apalagi karena ini merupakan pasar modal tertua keempat untuk tingkat Asia. Posisi sebelumnya diisi oleh Bombay, Hongkong, dan juga Tokyo. Secara sejarah, Belanda mendirikan bursa efek di Batavia sedang ada pembangunan perkebunan secara besar-besaran.


Pemerintah kolonial Belanda yang cerdik itu tentu saja membutuhkan modal untuk pembangunan. Jadilah mereka memakai modal tabungan dari orang-orang Eropa dan juga Belanda yang mempunyai penghasilan di atas rata-rata.


Akhirnya di tanggal 14 Desember 1912 tersebut resmi berdiri pasar dengan nama Vereniging voor de Effectenhandel. Artinya  adalah Asosiasi Perdagangan Efek. Terletak di Batavia (Jakarta) dengan efek yang diperjualbelikan yaitu saham dan obligasi.


Panjang ga sejarahnya? Hehehe. Kita lanjut ke fungsinya yuk!


Fungsi Pasar Modal 


Pasar Modal

Sumber Freepik 


Jadi tadi di awal kita sedikit membahas soal pasar ini yang menjadi penghubung. Kaitan fungsinya dengan penghubung tadi adalah:


a. Sebagai wahana penambah modal untuk usaha.


Gimana caranya pengusaha bisa dapat modal? Jadi mereka memperoleh dana dengan cara menjual saham.  Nah, yang akan membeli saham itu adalah masyarakat umum. Bisa juga perusahaan-perusahaan lain, lembaga, atau justru pemerintah.


b. Menjadi sarana pemerataan pendapatan.


Kalo sudah, saham-saham yang telah dibeli akan memberikan deviden kepada para pembelinya. Apa sih deviden itu? Ia adalah keuntungan yang bisa dibagi. Makanya penjualan saham melalui pasar modal bisa dikatakan sebagai sarana pemerataan pendapatan.


c. Sebagai sarana peningkatan kapasitas produksi.


Adanya tambahan modal akan membuat produktivitas perusahaan meningkat. Sama halnya dengan usaha apapun kalau ditambah modalnya pasti makin oke jualannya.


d. Sebagai sarana penciptaan tenaga kerja.


Dari sinilah akhirnya muncul dan berkembanglah industri lain. Akhirnya akan berdampak pula pada terciptanya lapangan kerja baru.


e. Sebagai sarana peningkatan pendapatan negara.


Ini menjadi ladang pajak bagi pemerintahm kenapa? Karena setiap dividen ada nilai pajaknya. Dari sinilah pendapatan negara jadi meningkat.


f. Sebagai indikator perekonomian negara


Jika volume penjualan hingga pembelian di pasar modal  semakin meningkat artinya bahwa aktivitas bisnis perusahaan berjalan dengan baik. Demikian sebaliknya. Jadi dari sini pemerintah juga bisa tau kondisi perekonomian negara.



Instrumen Pasar Modal


Nama lain dari pasar yang satu ini adalah bursa efek. Kalian dapat menemukan berbagai jenis surat berharga yang setiap hari diperjualbelikan. Mereka adalah:


1. Saham


Merupakan surat berharga dan bisa menjadi bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan. Bagi yang memiliki saham di sebuah perusahaan, mereka berhak  mendapatkan dividen atau pembagian laba. 



2. Reksadana



Nama lainnya adalah instrumen investasi yang menjadi tempat untuk mengumpulkan dan mengelola dana beberapa investor. Kemudian dana itu dikelola oleh manajer investasi untuk diubah menjadi berbagai instrumen.  Contohnya menjadi pasar uang, saham, obligasi, atau efek lainnya. 



3. Surat utang atau obligasi



Obligasi ini merupakan surat utang yang dapat dipindahtangankan. Pemegangnya punya hak untuk memperoleh bunga dan pelunasan utang pada jangka yang telah ditentukan. 



4. Exchange traded fund (ETF)



Mirip dengan reksadana, ETF sama-sama dikumpulkan secara kolektif. Bedanya adalah EFT bisa diperdagangkan di bursa efek seperti saham. 



5. Derivatif



Terkenal sebagai bentuk turunan dari saham, derivatif terdiri atas 2 jenis yaitu warrant dan right. 


Manfaat 


Pihak-pihak yang terlibat di Pasar modal adalah emiten dan pembeli. Jadi tentu saja ini harus memiliki manfaat bagi emiten (Pihak yang melakukan Penawaran Umum) dan pembeli. Penawaran umum maksudnya adalah yang dilakukan oleh Emiten untuk menjual Efek kepada masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur dalam peraturan Undang-undang yang berlaku. Emiten juga bisa menjualnya ke para investor.



Manfaat Pasar Modal untuk Emiten



Oke, ini beberapa manfaatnya:


- Jumlah dana yang dapat dikumpulkan berjumlah besar

- Uang dapat diterima sekaligus  saat pasar perdana selesai

-Tidak ada convenant yang menyebabkan manajemen makin terikat dalam pengelolaan dana/perusahaan

- Solvabilitas perusahaan tinggi dan hal ini tentu saja dapat memperbaiki citra perusahaan

- Emiten tidak terlalu bergantung lagi kepada bank.



Manfaat Pasar Modal untuk Investor



- Manfaat yang pertama adala nilai investasi berkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi. Kalian bisa melihatnya pada meningkatnya harga saham yang mencapai capital gain.


- Bagi mereka yang memiliki atau memegang saham dapat mengambil deviden dan juga bunga yang mengambang bagi pemegang obligasi.


- Investor dapat sekaligus melakukan investasi dalam beberapa instrumen yang mengurangi risiko.


Contoh Soal


1. Sebut dan jelaskan tiga fungsi Pasar Modal!


Jawab:


a. Sebagai sarana peningkatan kapasitas produksi.



Adanya tambahan modal akan membuat produktivitas perusahaan meningkat. Sama halnya dengan usaha apapun kalau ditambah modalnya pasti makin oke jualannya.




b.  Sebagai sarana penciptaan tenaga kerja.



Dari sinilah akhirnya muncul dan berkembanglah industri lain. Akhirnya akan berdampak pula pada terciptanya lapangan kerja baru.




c.  Sebagai sarana peningkatan pendapatan negara.



Ini menjadi ladang pajak bagi pemerintahm kenapa? Karena setiap dividen ada nilai pajaknya. Dari sinilah pendapatan negara jadi meningkat.


2. Sebutkan manfaat pasar Modal bagi investor!


Jawab:

Manfaat yang pertama adala nilai investasi berkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi. Kalian bisa melihatnya pada meningkatnya harga saham yang mencapai capital gain.




- Bagi mereka yang memiliki atau memegang saham dapat mengambil deviden dan juga bunga yang mengambang bagi pemegang obligasi.




- Investor dapat sekaligus melakukan investasi dalam beberapa instrumen yang mengurangi risiko.



Setelah mendapat pencerahan dari beberapa penjelasan di atas kira-kira gimana nih Sahabat Latis? pembahasan materi Pasar Modal sulit ga sih? Biar makin paham materinya yuk ikutan les di latisprivat.com dijamin nilai kamu bakal meningkat drastis. 


Baca juga: Sistem Seleksi CPNS Nasional



Referensi:


cimbniaga.co.id

money.kompas.id


Pasar modal



Komentar

Popular Post