Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial | Sosiologi Kelas XI

 

Struktur Sosial

Sahabat Latis, pernah tidak kalian merasa minder kalo sedang mengikuti acara tertentu yang isinya artis papan atas? Selain glamor, obrolan mereka juga jadi tidak nyambung dengan kalian. Itulah struktur sosial dan diferensiasi sosial. Lebih lengkapnya yuk kita simak bersama!


Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial 


Kenapa sih perlu adanya pemberlakuan struktur sosial? Jadi yang dimaksud dengan struktur sosial yaitu satu pengaturan institusi yang kesannya unik dan juga stabil di mana setiap individu di dalamnya saling berinteraksi satu sama lain. Mereka hidup bersama membentuk lingkungan masyarakat.

Namun hal tersebut juga dipandang sebagai salah satu ilmu yang ada dalam sosiologi. Contohnya seperti  hubungan internal yang dilembagakan oleh individu yang berada dalam kelompok tersebut. Intinya ya memang hidup berkelompok.

Sedangkan beberapa ahli juga memiliki pendapat mereka sendiri. Salah satunya adalah George C. Homans. Beliau  mendefinisikan struktur sosial sebagai suatu pokok bahasan yang ada dalam ilmu sosiologi yang memiliki hubungan dengan kepribadian dan perilaku sosial setiap orang yang ada dalam kehidupannya setiap harinya. Tujuannya untuk menyesuaikan diri dengan peraturan atau norma yang berlaku di lingkungan tersebut.

Jadi mari kita tarik kembali secara umum struktur sosial merupakan sebagai suatu pola hubungan sosial yang terbentuk antara individu yang satu dengan individu lain yang membentuk suatu kelompok di dalam suatu lingkungan masyarakat.


Klasifikasi

Struktur Sosial

Sumber Freepik 

Gini ceritanya ya, jadi kalo masalah struktur itu kan adanya urutan. Nah akhirnya muncul juga namanya stratifikasi atau bisa juga kita sebut klasifikasi sosial. 

Keduanya itu yang memiliki perbedaan tingkatan secara vertikal merupakan bentuk struktur sosial pada masyarakat yang pada setiap tingkatannya memiliki nilai yang berbeda antara satu tingkatan dengan tingkatan lainnya.

Ada tiga pembagian dalam stratifikasi yaitu stratifikasi sosial tertutup, stratifikasi sosial terbuka, dan yang terakhir stratifikasi sosial campuran.


Stratifikasi Sosial Tertutup


Adalah salah satu stratifikasi sosial yang menggambarkan bahwa tidak memungkinkan bagi individu maupun kelompok yang berada dalam tingkatan tertentu untuk terjadi mobilitas sosial. Bisa juga yang dimaksud dengan terjadinya perpindahan posisi dari satu tingkatan ke tingkatan lain. Contoh dari stratifikasi sosial tertutup ini adalah sistem kasta yang ada pada masyarakat Bali di Indonesia


Stratifikasi Sosial Terbuka



Adalah jenis stratifikasi sosial yang menggambarkan bahwa sangat memungkinkan bagi individu maupun kelompok yang berada dalam tingkatan tertentu untuk mengalami mobilitas sosial. Bisa juga kita maksudkan dengan terjadinya perpindahan posisi dari satu tingkatan ke tingkatan lain baik meningkat maupun menurun.

Contoh dari stratifikasi sosial terbuka ini adalah segala yang berkaitan dengan kenaikan posisi kerja. Ketika seseorang yang tadinya merupakan buruh pekerja yang kemudian membuka usaha dan sukses sehingga menjadi pengusaha besar, ataupun sebaliknya ketika seorang pengusaha besar yang mengalami kerugian sehingga bangkrut.


Stratifikasi Sosial Campuran


Adalah stratifikasi sosial yang terjadi ketika adanya penggabungan antara stratifikasi sosial terbuka dengan stratifikasi sosial tertutup.

Sesuai namanya yaitu campuran, kalian dapat melihat salah satu contoh kasusnya pada masyarakat Hindu Bali. Lebih mudahnya seperti yang kita tahu bahwa adanya sistem kasta di dalam masyarakat Hindu Bali yang tidak dapat diubah.

Akan tetapi ini hanya berlaku di Bali. Jadi jika seseorang dari kasta rendah berpindah ke ibu kota dan menjadi pengusaha sukses atau memiliki prestasi pendidikan maupun ekonomi maka tingkatan sosialnya juga akan naik, namun dia tidak bisa mengubah kasta yang sudah ditentukan.


Diferensiasi Sosial 


Setelah tadi kita membahas struktur, sekarang saatnya membahas diferensiasi. Ini merupakan bentuk struktur sosial pada masyarakat yang memiliki nilai yang sama atau setara antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Adapun contoh dari diferensiasi sosial adalah diferensiasi ras maupun etnisitas, diferensiasi agama, diferensiasi suku, dan lainnya. Ini saatnya kita bahas kembali satu per satu.


a. Ciri Fisik


Adalah diferensiasi sosial yang terjadi ketika adanya perbedaan bentuk fisik antara individu dengan individu yang lain dalam suatu lingkup masyarakat. Sesuai namanya, ciri fisik dapat terlihat dengan jelas atau kasat mata. Contoh dari ciri fisik ini adalah, bentuk mata, warna, maupun rambut.


b. Ciri Sosial


Adalah diferensiasi sosial yang terjadi ketika adanya perbedaan status sosial yang dimiliki seseorang. Erat kaitannya dengan harta dan tahta. Contoh dari ciri sosial ini adalah jabatan, profesi, maupun kekuasaan yang dimiliki.


c. Ciri Budaya


Adalah diferensiasi sosial yang terjadi ketika adanya perbedaan budaya antar individu. Contoh dari ciri budaya adalah perbedaan agama, suku, ras, bahasa, kepercayaan, adat istiadat, maupun norma atau nilai yang dipegang oleh seseorang.

Kita loncat lagi ke struktur sosial yuk! Apa saja jenisnya?

Jenis Struktur Sosial 


1. Struktur Sosial Kaku dan Luwes


Jenis yang satu ini merupakan jenis dari struktur sosial dengan  pola susunan yang memiliki kemungkinan untuk berubah sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Hal ini berbanding terbalik dengan struktur sosial yang kaku alias tidak bisa berubah. 

2. Struktur Sosial Formal dan Informal


Untuk jenis yang kedua ini merupakan jenis dari struktur sosial yang diakui oleh pihak yang bertanggung jawab. Bahkan juga diatur berdasarkan hukum yang berlaku. Berbanding terbalik, struktur informal merupakan jenis dari struktur sosial yang tidak diakui oleh pihak yang bertanggung jawab dan tidak diatur oleh hukum, tetapi dalam kehidupan kelompok masyarakat struktur ini tetap digunakan.

3. Struktur Sosial Homogen dan Heterogen


Homogen artinya sama dan kebalikannya adalah heterogen. Homogen merupakan jenis dari struktur sosial dengan unsur di dalamnya mempunyai pengaruh atau kedudukan yang sama terhadap dunia luar yang ada. Heterogen merupakan jenis dari struktur sosial yang unsur di dalamnya memiliki pengaruh atau kedudukan yang berbeda terhadap dunia luar yang ada. Paham kan bedanya?

4. Struktur Sosial Mekanis dan Statis


Secara harfiah, mekanis bergerak dan statis adalah diam. Jadi struktur mekanis merupakan jenis dari struktur sosial yang menuntut adanya persamaan posisi bagi seluruh anggota yang ada di dalam suatu kelompok agar fungsi yang ada dapat berjalan dengan baik. Di sisi lain, struktur statis merupakan jenis dari struktur sosial yang dapat berjalan dengan baik hanya apabila setiap anggota dalam sebuah kelompok telah terpenuhi terlebih dahulu.

5. Struktur Sosial Atas dan Bawah


Lebih gampangnya begini, struktur sosial itu terkait dari harkat dan martabat. Jadi struktur atas merupakan jenis dari struktur sosial yang pada umumnya dikuasai atau dipegang oleh pihak maupun golongan yang berwenang. Mereka adalah pihak yang memegang kendali akan ekonomi, politik, maupun sosial budaya dari struktur sosial yang ada. Kemudian, struktur bawah merupakan jenis dari struktur sosial yang biasanya ditempati oleh pihak maupun golongan masyarakat bawah yang memiliki taraf hidup lebih rendah.

Ciri-ciri Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial 

Struktur sosial

Sumber Freepik 


Pernah dengar istilah roda pasti berputar? Nah itu yang terjadi pada kondisi sosial seseorang. Jadi kondisi tersebut berkembang dan dapat berubah. Mereka yang berada dalam suatu tingkatan atau kelompok sosial tertentu dapat mengalami perubahan baik itu naik maupun turun. Tidak mungkin sukses terus, tidak mungkin juga susah terus, kecuali hal itu berkaitan dengan kasta. 

Perubahan itu meliputi seluruh kebudayaan dalam masyarakat. Baik itu dalam menjalin suatu hubungan dengan individu lain  maupun dalam kelompok. Struktur sosial akan selalu ada, seiring perkembangannya seorang individu akan mencoba membuat hubungan dengan orang lain yang memiliki kebudayaan yang berbeda.

Ciri lainnya adalah membentuk suatu kelompok, dan berada dalam suatu lingkup masyarakat. Disini juga terdapat individu yang masing-masing memiliki perbedaannya, tapi juga seringkali individu-individu yang memiliki kesamaan atau ketertarikan yang sama akan membentuk suatu kelompok yang menciptakan adanya struktur sosial.

Ada juga ciri lainnya yaitu terdapat dimensi vertikal maupun horizontal. Kalian dapat mengetahuinya berdasarkan penjelasan yang  diatas bahwa struktur sosial terdiri dari berbagai jenis, dimana adanya tingkatan yang tidak setara disebut dengan stratifikasi sosial dan juga ada tingkatan yang setara yang disebut dengan diferensiasi sosial.

Contoh Soal


1. Apa yang perlu kalian lakukan ketika terjadi kesenjangan sosial di lingkungan sekitar?

Jawab:

Cukup sulit menangani fenomena di masyarakat. Jadi ada baiknya memang memberikan edukasi atau membuat kelompok yang lebih bermanfaat namun tetap saling mengisi.

2. Pembagian struktur sosial di lingkungan kerja, bagaimana strukturnya?

Jawab:

Dimulai dari strata atas seperti direktur, manajer, dan bagian HRD yang mengatur perekonomian seluruh pegawai, kemudian ada yang terbawah yaitu para karyawan. 

Setelah mendapat pencerahan dari beberapa penjelasan di atas kira-kira gimana nih Sahabat Latis? pembahasan materi struktur sosial dan diferensiasi sosial sulit ga sih? Biar makin paham materinya yuk ikutan les di les privat terdekat dijamin nilai kamu bakal meningkat drastis. Cari les terdekat dengan lokasi kalian yuk!


Baca juga:

Bimbel cpns

Les cpns


Referensi:


1. gramedia.com

2. kompasbelajar.com


Komentar

Popular Post