Strategi Mudah Belajar Mengaji SD, Dijamin Langsung Lancar Mengaji!

 



 

Halo sahabat latis!


Bagi beberapa anak tentu belajar mengaji SD masih terasa sulit. Terlebih bila orang tua bekerja dan tidak memiliki waktu untuk mendampingi. Untuk itu, ayah bunda bisa mendaftarkan anak untuk mengikuti les privat mengaji SD atau bimbingan belajar mengaji.

 

Langkah Menyenangkan belajar mengaji SD


Strategi Mudah Belajar Mengaji SD, Dijamin Langsung Lancar Mengaji!


Sumber: Freepik



1.     Menentukan waktu yang tepat

Seperti belajar pada umumnya, penting untuk membuat jadwal atau menentukan waktu untuk belajar mengaji. Jadi, membuat jadwal belajar bukan hanya saat di sekolah saja ya. Untuk mengajari anak mengaji kamu bisa memilih waktu yang khusus.

Misalnya saja mengajari anak mengaji sesaat sehabis sholat wajib. Waktu ini dianggap paling efektif dan membuat siswa mudah memahami. Bukan hanya karena masih dalam keadaan suci karena sudah berwudhu, tapi anak juga berada di situasi tenang sesaat setelah sholat. Buatlah jadwal belajar mengaji sesuai waktu luang anak.

Selain itu, kamu bisa mengajarkan mengaji SD saat di pagi hari. Saat pagi hari, anak masih dalam keadaan yang fresh, kondisi ini tentu memudahkan anak dalam memahami materi mengaji. Selanjutnya, kamu bisa mengajak anak untuk belajar mengaji di sore hari. Pastikan jika anak tidak sedang kelelahan. Sore hari adalah waktu yang pas untuk berkonsentrasi.

Terakhir, kamu bisa belajar mengaji bersama anak di antara waktu magrib dan isya yang lumayan pendek. Jeda waktu tersebut dianggap paling efektif. Sebab, jeda yang tidak terlalu lama itu bisa dimanfaatkan untuk mengaji. Sembari menunggu waktu isya supaya tidak perlu wudhu lagi.

2.     Memilih ayat sesuai aktivitas sehari-hari

Metode yang memudahkan untuk belajar mengaji adalah dengan mencari ayat yang sesuai dengan kehidupan. Penting untuk mencari tahu makna dari tiap ayat yang dibaca. Langkah ini dianggap bisa menjadi sesi mengaji yang bervariasi.

Terlebih bila ayat itu berisi tentang sejarah kehidupan nabi. Tentu orang tua bisa menyampaikan cerita yang menarik dan baik tanpa mengganti esensi dari ayat alqur’an. Hal itu cukup menjadi selingan belajar saja ya, kamu juga bisa sembari mempelajari tajwid pada anak.

3.     Belajar dari hal yang mendasar

Setiap anak mempunyai kemampuan memahami materi yang tidak sama. Maka dari itu, sebagai orang tua wajib mengajari anak tentang hal yang mendasar dalam mengaji dan membaca alqur’an. Misalna saja pada cara membaca huruf hijaiyah. Orang tua bisa membuat sebuah gambar dan permainan agar anak tidak bosan. Buatlah anak ketagihan belajar makhraj.

Kemudian, ajarkan tajwid dan hukum bacaan pada alqur’an. Dengan memahami hal-hal dasar saat mengaji, maka anak tidak akan tergesa-gesa dan memahami bacaanny dengan baik. Jika ingin mengajarkan mengaji dengan efektif kamu bisa memakai media juz ‘amma. Juz ‘amma berisi ayat yang lebih pendek, dengan begitu anak lebih mudah memahami.

 

Media belajar mengaji SD

Strategi Mudah Belajar Mengaji SD, Dijamin Langsung Lancar Mengaji!


Sumber: Freepik




1.     Memakai media interaktif

Beberapa anak mempunyai karakter yang gampang bosan saat belajar. Dengan begitu, orang tua bisa memilih media interaktif yang bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk anak mengaji. Saat ini sudah banyak pilihan media ajar mengaji seperti audio. Orang tua bisa memakai media sosial seperti youtube untuk media belajar mengaji. Ada banyak animasi yang sederhana untuk mengajarkan anak mengaji yang efektif.

2.     Memberikan motivasi dan rewards

Untuk membuat anak merasa termotivasi, maka orang tua bisa memberikan hadiah dan motivasi saat anak mencapai target tertentu. Langkah ini tentu sudah terbukti efektif untuk membuat anak semangat mengaji. Selain itu, orang tua perlu memperhatikan bahwa reward bukan poin utamanya. Hadiah hanya sebagai pendorong saja agar anak semangat mencapai targetnya.

 


Tips anak semangat belajar mengaji SD

Strategi Mudah Belajar Mengaji SD, Dijamin Langsung Lancar Mengaji!


Sumber: Freepik



1.     Mendengarkan lantunan ayat suci

Untuk membuat anak semangat belajar mengaji dapat dilakukan cara mendengarkan lantunan ayat suci. Putarlah audio lantunan ayat suci yang memakai irama merdu. Anak tidak akan merasa bosan dan justru bersemangat. Tak hanya itu, berilah motivasi bila anak rajin mengaji, maka anak bisa juga melantunkan ayat suci dengan irama yang merdu.

2.     Ciptakan permainan

Permainan yang dimaksudkan adalah berupa tantangan-tantangan. Jadi, orang tua membuat huruf hijaiyah dan anak mencoba menebaknya. Selain itu, orang tua juga bisa membuat tebakan ayat dengan melantunkan penggalan ayat pendek, anak diminta untuk menebak surat dari penggalan ayat itu.

Bila anak menjawab pertanyaan dengan benar, orang tua bisa memberikan hadiah. Cobalah untuk mengarahkan anak untuk bisa menyelesaikan tantangan dan permainan itu. Tentu tips ini bisa menjadi langkah belajar mengaji yang seru. Anak juga akan makin suka belajar mengaji.

 

Manfaat belajar mengaji SD

Strategi Mudah Belajar Mengaji SD, Dijamin Langsung Lancar Mengaji!


Sumber: Freepik



1.     Dapat membedakan baik dan buruk

Alqur’an merupakan kitab suci yang menjadi pedoman umat agama islam. Dengan memahami hukum islam lewat makna yang ada dalam alqur’an, anak akan lebih memahami konsep baik atau buruk sejak kecil. Ajaran di dalam alqur’an hendaknya juga disampaikan dengan tuntas dan jelas. Hal itu dilakukan demi menumbuhkan kecintaan anak pada alqur’an.

2.     Biasakan berucap baik

Saat orang tua mendampingi anak mengaji, maka sebaiknya sampaikan juga perkataan-perkataan yang baik. Sebab, tidak ada satupun kalimat atau kata buruk yang ada di dalam alqur’an. Dengan membiasakan hal tersebut, tentu anak akan senantiasa berucap baik setiap harinya.

3.     Meningkatkan kemampuan otak

Alqur’an adalah kitab yang bahasanya tidak akan berubah. Bahasa yang digunakan selalu bahasa arab. Saat anak sudah terbiasa mengaji, maka akan terbiasa juga dengan bahasa asing atau bahasa arab. Dengan begitu, kinerja otak anak akan mulai terbiasa untuk memahami bahasa asing. Kinerja otak anak makin terlatih dan terbiasa untuk menghafal dan mengaji.

4.     Makin dekat dengan orang tua

Manfaat belajar mengaji SD dengan orang tua adalah membuat kedekatan antara anak dan orang tua yang intens. Akan tercipta ikatan emosional yang makin kuat antara orang tua dan anak. Anak akan memandang kamu sebagai orang tua dan sosok guru. Anak tidak akan segan untuk bertanya di depan umum. Bahkan, saat anak sudah merasa nyaman akan meminta orang tua untuk belajar mengaji terus-terusan.

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Ate klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education

 

Referensi :

 

1.  Supercampalumniui.com

2. Tutorindonesia.co.id





 

Komentar

Popular Post