Ragam Variasi Media Belajar Menarik untuk Meningkatkan Semangat Belajar!





Halo sahabat latis!



Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, tentu guru membutuhkan media belajar menarik. Media belajar yang kreatif itu akan meningkatkan semangat siswa terutama di masa seperti pandemi yang lalu. Sering kali para guru mengabaikan media belajar yang dipakai, sehingga siswa sering merasa bosan. Padahal, kegiatan belajar mengajar bisa berjalan lancar bila didukung oleh media belajar menarik.



Apa media belajar menarik dan kreatif itu?

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat


Sumber: Freepik

Media adalah sebuah sarana yang berguna untuk menyampaikan informasi. Lalu, untuk media belajar sendiri adalah semua sarana yang bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan materi kepada para siswanya. Media belajar ini dibuat agar bisa menstimulus pemikiran, perhatian, perasaan serta minat belajar siswa.

Sedangkan, untuk kreatis sendiri mempunyai makna menciptakan sebuah hal yang berbeda dari hal-hal yang sudah ada. Kreatif juga bermakna gagasan terhadap konsep yang dibuat untuk memajukan progress belajar siswa. Selain itu, melalui media belajar ini diharapkan siswa bisa memecahkan masalah yang ditemui saat pembelajaran.
Untuk proses belajar membutuhkan media belajar menarik. Hal itu bermakna segala hal yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak. Sehingga, siswa bisa memahami materi dengan tepat dan cepat. Ada berbagai jenis media belajar yang kreatif yang bisa dimanfaatkan.

Umumnya, pada proses belajar mengajar melibatkan psikologi belajar yang merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari hingga menganalisis perilaku manusia dalam proses belajar dan pembelajaran.
Biasanya, saat proses belajar berlangsung membutuhkan alat bantu untuk melancarkan proses belajar dan mencapai tujuan pembelajaran. Psikologi belajar in dapat digunakan sebagai dasar untuk berpikir dan mengambil tindakan bagi guru. Mudahnya, psikologi belajar ini dapat membantu guru untuk menyampaikan materi kepada siswa dengan cara yang tepat.



 

Contoh media belajar menarik

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat


Sumber: Freepik

1.     Media belajar manipulatif

Untuk media belajar yang menarik dan kreatif pertama yaitu memakai media manipulative. Media ini dapat dipakai untuk beragam bentuk proses belajar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan belajar anak.

Contohnya saja saat siswa memakai alat peraga untuk belajar berhitung dan mengenal huruf, sampai pembelajaran ipa. Selain itu, media belajar menarik dan kreatif dapat diterapkan dengan turut melibatkan siswa saat penyampaian materi.

2.     Media belajar video

‍Contoh media belajar menarik selanjutnya yaitu memakai media video. Beragam penelitian
contoh media pembelajaran kreatif dan menarik berikutnya adalah dengan menggunakan media video. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan melihat secara visual dan mendengarkan sesuatu, murid atau pelajar akan lebih mudah memahami bahan yang diajarkan.

Contoh media pembelajaran kreatif dan menarik seperti video bisa dijadikan salah satu cara agar proses pembelajaran tidak membosankan. Kamu bisa mencari atau membuat bahan videonya sendiri.

3.     Media gambar

Dapat dikatakan jika penggunaan media gambar adalah contoh dari media pembelajaran yang menarik dan kreatif serta mudah. Sebagai seorang guru, tentu harus mempersiapkan media belajar yang seru agar siswa tidak mudah bosan. Cobalah untuk mencari berbagai sumber gambar yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampaikan.

Contohnya saja bila guru seni budaya akan menyampaikan materi seni lukis. Guru dapat memanfaatkan gambar dari seorang pelukis beserta karya-karyanya. Contoh dari media belajar menarik dan kreatif ini digunakan untuk menggambarkan konsep yang hendak disampaikan pada siswa.

 

Konsep media belajar menarik

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat


Sumber: Freepik

1.     Media belajar grafik

Media belajar yang menarik dan kreatif seperti grafik dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan materi berhitung atau matematika. Media belajar yang kreatif dengan memanfaatkan media grafik memiliki tujuan untuk menggambarkan data kuantitatif dalam menyampaikan pelajaran.
Sebagai seorang guru, kamu tentu dapat membuat media belajar dari grafir yang kreatif. Meski begitu, jangan lupa untuk tetap memberikan keterangan yang lengkap. Dengan memanfaatkan media belajar yang menarik dan kreatif bisa membantu siswa memahami materi dengan cepat.

2.     Media belajar papan tulis

Jika biasanya papan tulis hanya dimanfaatkan untuk menulis materi di papan tulis. Kali ini kamu bisa mengeksplorasinya lebih menarik lagi lho. Misalnya saja memakai kain flannel menjadi papan tulis sebagai media belajar yang kreatif.

Seperti namanya, papan tulis ini berasal dari bahan flannel yang bisa dilipat dan yang pasti sangat praktis. Sebagai guru, kamu perlu mengajak siswa untuk melepas dan memasang gambar yang akan ditempel.

3.     Media relia

Media relia adalah jenis media belajar yang menarik dan kreatif yang bisa memanfaatkan benda nyata. Namun, media belajar ini tak harus selalu dihadirkan di kelas. Namun, kamu dapat mengajak siswa secara langsung untuk mengamati benda tersebut.

Contohnya saja saat mempelajari fotosintesis atau melakukan praktikum di laboratorium. Saat guru memberikan contoh media belajar yang menarik itu, tentu proses pembelajaran dapat berjalan makin seru.

 

Tips memanfaatkan media belajar menarik

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat


Sumber: Freepik

1.     Melibatkan komunikasi dua arah

Tak hanya memanfaatkan berbagai media belajar menarik dan kreatif. Namun, guru juga harus tetap melibatkan siswa-siswanya dalam proses pembelajaran. Hal itu menumbuhkan komunikasi dua arah antara siswa dan guru. Dengan begitu, bukan hanya guru saja yang mendominasi pelajaran. Namun, siswa juga dapat turut aktir dalam kegiatan belajar mengajar. Saat seperti ini, kemampuan seorang guru diuji karena harus mengembangkan metode belajarnya.

2.     Mengemas materi sekreatif mungkin

Saat guru mengemas materi pelajaran yang kreatif bukan hanya berlaku saat proses pembelajaran saja. Salah satu jenis media belajar yang menarik dan kreatif yaitu memanfaatkan media video. Kamu bisa juga memberikan tambahan animasi dan musik yang bisa mendukung penyampaian materi pada siswa. Langkah tersebut bertujuan supaya siswa tidak mudah merasa bosan saat guru menyampaikan materi.

3.     Melakukan evaluasi belajar

Saat siswa kelihatan merasa bosan saat guru memakai media dan metode belajar yang dipakai. Alangkah lebih baik jika guru melakukan evaluasi pembelajaran. Evaluasi tersebut bertujuan agar guru bisa mencari media belajar yang lebih menarik dan kreatif.

Tak hanya itu, guru bisa juga mencari tahu media belajar yang menarik dan kreatif  lainnya. Dengan begitu, dapat menjadikan siswanya makin antusias dan semangat. Untuk hal ini, kamu tentu perlu memanfaatkan ilmu psikologi belajar yang berguna untuk menganalisa hasil evaluasi pembelajaran.

 

Komentar

Popular Post