Menampilkan postingan dengan label geografi

Postingan

Dalam bahasa Yunani, Geografi memiliki akar kata “geo” dan “grafika” yang diartikan sebagai deskripsi tentang bumi. Secara istilah, geografi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang menggambarkan semua hal yang berkaitan dengan muka bumi. Salah satu ilmu bumi ini juga memiliki konsep, metode, aspek-aspek, prinsip geografi, dan banyak lagi. Aspek geografi terbagi atas aspek fisik dan sosial. Aspek tersebut dilandasi oleh proses, objek, dan setiap hal yang berkaitan dengan geografi. Sedangkan konsep geografi berkaitan dengan lingkungan, ruang, tempat, dan ha lainnya yang pasti berkaitan dengan prinsip geografi. Lalu, apa itu prinsip geografi? Apa saja hal yang berkaitan dengan prinsip tersebut? Yuk kita cari tahu jawabannya berdasarkan ulasan di bawah ini. Baca juga: Bimbel Online CPNS Prinsip-prinsip Geografi Sebelum mempelajari prinsip geografi, ada hal dasar tentang geografi yang mesti kita ketahui. Seperti halnya konsep geografi yaitu tempat, ruang, lingkungan, interkoneksi, berkelan
Sahabat Latis, apakah kamu sudah menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan? Jika sudah, jurusan apa ingin kamu ambil? Adakah di antara kamu yang berminat untuk mengambil jurusan Meteorologi? Seperti yang sudah kita bahas pada pembahasan sebelumnya, meteorologi merupakan ilmu yang mengkaji tentang atmosfer. Baik itu dinamika, keadaan fisik, hingga kimiawi atmosfer. Meteorologi pun juga memiliki cabang Ilmu yang membahas atmosfer lebih dalam dan khusus. Seperti halnya Mikrometeorologi, Meteorologi Mesoskala, Meteorologi Sinoptik, dan lainnya. Agar kamu lebih paham tentang jurusan meteorologi dan mengetahui jurusan meteorologi yang ada di Indonesia, yuk kita scrolling sampai selesai. Baca juga: Les CPNS Jurusan Meteorologi yang Ada di Indonesia Kata siapa jurusan meteorologi itu tidak ada di Indonesia? Nyatanya, ada banyak sekali jurusan meteorologi yang berasal dari kampus-kampus terkenal. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak jurusan lainnya, jurusan meteorolog
Sahabat Latis, apa yang muncul di pikiran kalian ketika mendengar kata meteorologi dan klimatologi? Pasti kebanyakan dari kalian membayangkan tentang gempa atau kejadian alam lainnya bukan? Apakah keduanya sama? Secara garis besar, meteorologi dan klimatologi memiliki kajian yang berbeda. Meteorologi adalah ilmu yang membahas tentang cuaca. Sedangkan klimatologi merupakan ilmu yang membahas tentang iklim. Lalu, seperti apa kajian lengkapnya? Agar kalian lebih memahami tentang apa itu meterologi dan klimatologi hingga perbedaan keduanya, scrolling dulu yuk... Baca juga: Les CPNS Apa Perbedaan Meteorologi dan Klimatologi? Meteorologi merupakan salah satu cabang ilmu Geografi yang menyelidiki tentang segala hal yang berkaitan dengan atmosfer. Seperti halnya komposisi atmosfer, suhu udara, ketinggian, dan lainnya. Berbeda halnya dengan klimatologi yang berfokus pada perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Contoh paling umum yang sering kita dengar adalah pemanasan global.
  Sahabat Latis, bosen ga sih tiap kalian lihat berita pasti ceritanya tentang bencana? Dan kenapa sih kebanyakan memakan korban? Coba deh kalo dibandingin sama negara macem Eropa atau Jepang gitu jumlah korbannya pasti kecil bahkan keseringan tidak ada korban jiwa. Kenapa ya? Bisa jadi mitigasi bencana mereka lebih mantap dari kita.  Mitigasi Bencana, Seberapa Penting? Jadi sebenarnya setiap wilayah di permukaan bumi ini memiliki kerentanan bencana yang berbeda-beda. Kenapa bisa berbeda? karena faktor fisiografis dan sosial yang tidak sama. Sebenarnya semua makhluk idup apalagi  manusia dituntut untuk beradaptasi dengan kondisi wilayahnya agar dapat meminimalisir resiko bencana. Indonesia sendiri memiliki kerentanan bencana alam. Sifat bencana terbagi atas beberapa macam. Nah di Indonesia ini utamanya bencana bersifat geologi dan hidrometeorologi. Penyebabnya karena posisi Indonesia yang berada di batas subduksi lempeng tektonik dan memiliki lautan luas dengan pengaruh angin muson dan
  Keanekaragaman budaya di Indonesia sudah tidak perlu kita ragukan lagi ya! Sahabat Latis pasti udah banyak tau mengenai budaya Indonesia apalagi kalau keluarga kalian banyak yang lintas pulau. Keanekaragaman Budaya di Indonesia Karena kita akan sering menggunakan kata Budaya, maka ada baiknya kita mengetahui definisi dari budaya. Jadi, budaya merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak dapat terpisahkan. Kok bisa? karena kebudayaan tersebut adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia itu sendiri. Berhubung setiap lokasi ditempati oleh karakter manusia yang berbeda, maka budaya memiliki perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah yang lain akibat faktor-faktor yang dimiliki setiap wilayah berbeda-beda. Kalau kalian ingin tau sejarahnya, Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah. Kata itu merupakan bentuk jamak dari buddhi yang artinya akal. Jadi, kebudayaan bisa berarti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal yang meliputi cipta, rasa dan karsa dan merupakan cip
Hello sahabat Latis! Bagaimana kondisi di sekitar lingkungan rumah kalian? Makin padat atau makin renggang nih penduduknya? Yah begitulah namanya dinamika kependudukan walaupun sering disalahartikan jadi dinamika kehidupan. Hahaha. Ssst, cekidot dulu karakteristik manusia yuk. Dinamika Kependudukan   Jadi udah dari jaman nenek moyang selali dijelaskan kalau manusia itu makhluk sosial. Mereka merupakan makhluk yang menjadi tema sentral dalam geosfer. Oleh sebab itu dalam geografi manusia menjadi bagian utama untuk dibahas. Mereka masuk ke dalam Antroposfer yang menjadi lapisan manusia dan segala aktifitas didalamnya. Sejak jaman dahulu kala manusia memberikan pengaruh besar bagi perubahan struktur ruang permukaan bumi. Secara ilmu agama mereka adalah makhluk paling sempurna. Memiliki akal dan pikiran, manusia bisa mengubah, memodifikasi serta menciptakan ruang-ruang baru di permukaan bumi. Berkembangnya zaman membuat aktifitas manusia semakin kompleks. Lama kelamaan mereka juga menghasi
  Hai Sahabat Latis, sudah pada sarapan belom nih kalian? Kenapa mimin tanya begitu? soalnya kali ini kita mau bahas makanan nih. Gimana jadinya kalo kalian laper tapi ga ada makanan? iyyuh banget kan? Makanya kita sekarang mau cari tau soal usaha ketahanan pangan. Cekidot ya! Usaha Ketahanan Pangan  Mari kita cekidot dulu apa yang ada dalam Undang-Undang No. 18 tahun 2012. Disana dibahas tentang Ketahanan Pangan dicantumkan beberapa definisi terkait dengan pangan yaitu: 1. Pangan Kalian pasti tau kalo ini adalah kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Apa sih sebenernya pangan itu? Pangan merupakan segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk perkebunan, pertanian,  kehutanan,  peternakan, perikanan, perairan, dan air. Mereka itu merupakan yang diolah maupun tidak diolah dengan target sebagai makanan atau minuman bagi manusia. Di dalamnya termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnya. Mereka digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, hingga pembuatan m