Apa Perbedaan Meteorologi dan Klimatologi? Ini 3 Jawabannya!

Sahabat Latis, apa yang muncul di pikiran kalian ketika mendengar kata meteorologi dan klimatologi? Pasti kebanyakan dari kalian membayangkan tentang gempa atau kejadian alam lainnya bukan?

Apakah keduanya sama?

Secara garis besar, meteorologi dan klimatologi memiliki kajian yang berbeda. Meteorologi adalah ilmu yang membahas tentang cuaca. Sedangkan klimatologi merupakan ilmu yang membahas tentang iklim.

Lalu, seperti apa kajian lengkapnya? Agar kalian lebih memahami tentang apa itu meterologi dan klimatologi hingga perbedaan keduanya, scrolling dulu yuk...

Baca juga: Les CPNS

Meteorologi

Apa Perbedaan Meteorologi dan Klimatologi?

Meteorologi merupakan salah satu cabang ilmu Geografi yang menyelidiki tentang segala hal yang berkaitan dengan atmosfer. Seperti halnya komposisi atmosfer, suhu udara, ketinggian, dan lainnya.

Berbeda halnya dengan klimatologi yang berfokus pada perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Contoh paling umum yang sering kita dengar adalah pemanasan global.

Mengenai segala hal yang terjadi pada bumi ini, para ahli sering mengadakan penelitian terkait. Bahkan di antara mereka bekerja khusus sebagai staf ahli agar dapat turut andil mengembangkan ilmu mereka yang relevan.

Mengetahui apa yang terjadi di bumi seperti perkiraan cuaca, kondisi iklim di daerah tertentu, memperkirakan tragedi yang akan muncul karena adanya perubahan cuaca, dan sebagainya. Semua hal tersebut adalah gambaran umum dari kajian Meteorologi dan Klimatologi.

1. Definisi Meteorologi dan Klimatologi

Kita sudah membahas secara gamblang tentang apa itu meteorologi dan klimatologi. Apakah Sahabat Latis masih merasa bingung tentang hal tersebut?

Yuk, kita bahas ulang satu persatu.

Apa Itu Meteorologi?

Meteorologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang cuaca dan perubahannya di suatu wilayah. Belajar tentang meteorologi bertujuan untuk menganalisis aset lingkungan, konservasi energi, dll.

Lalu, Apa Itu Klimatologi?

Klimatologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang iklim yang berkaitan dengan fisiografi, biokimia, dan oseanografi. Lebih tepatnya, klimatologi mengajak kita untuk mendalami mekanisme fisik yang berdampak pada kerusakan bumi.

2. Lingkup Pembahasan Meteorologi dan Klimatologi

Perbedaan antara meteorologi dan klimatologi terletak pada cakupan kedua ilmu tersebut.

Meteorologi membahas tentang segala hal yang terjadi di atmosfer dan teori cuaca. Sedangkan klimatologi mempelajari tentang klimatologi sejarah dan paleoklimatologi.

Ruang Lingkup Meteorologi

Awal mula meteorologi dipelajari sejak Zaman Klasik. Pada masa itu, Aristoteles mengungkapkan teori tentang cuaca dan apa saja yang terjadi di atmosfer bumi.

Pada masa itu, para ahli meteorologi menggunakan alat-alat tradisional untuk mempelajari cuaca. Misalnya termometer, barometer, hingga kapal.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, kita dapat menggunakan beragam alat yang canggih dengan sistem komputerisasi untuk memahami dan memprediksi cuaca seperti saat ini.

Ruang Lingkup Klimatologi

Terdapat dua pembahasan utama klimatologi yaitu klimatologi sejarah dan paleoklimatologi.

Klimatologi Sejarah merupakan sebuah studi yang membahas sejarah tentang keadaan cuaca dari masa ke masa.

Paleoklimatologi merupakan ilmu tentang perubahan iklim yang terjadi di masa lalu yaitu geologis dan arkeologi. Paleoklimatologi dipelajari menggunakan fenomena alam seperti cincin pohon dan inti es.

  • Inti es; inti es yang diambil dari Greenland dulunya dijadikan sebagai media untuk mengetahui komposisi kimia penyusun es dan perbedaan iklim yang membentuk es tersebut.
  • Cincin pohon; cincin pohon dapat dijadikan patokan tentang seberapa lama umur pohon tersebut. Dari situ juga, para ahli menemukan tentang kronologi iklim yang dapat dibandingkan dengan pohon-pohon lainnya.

Baca juga: Perbedaan UTBK 2022 dan SNBT 2023

Meteorologi
Source: https://www.freepik.com/

3. Objek Penelitian Meteorologi dan Klimatologi

Berdasarkan sejarahnya, klimatologi meneliti suhu suatu tempat menggunakan indikator tertentu. Di zaman dahulu, para peneliti memanfaatkan cincin pohon dan inti es untuk mengetahui perubahan iklim.

Studi tentang lingkungan yang mendasari klimatologi adalah sifat dan karakteristik dari suatu objek yang mempengaruhi iklim. Itulah kenapa klimatologi berfokus pada pola iklim dengan statistik terkait.

Berbeda halnya dengan meteorologi, para ahli meteorologi memanfaatkan termometer dan barometer untuk meramal cuaca di masa lampau. Disiplin ilmu yang satu ini bertumpu pada pengamatan langsung dengan diskusi dalam waktu yang singkat.

Ringkasnya, perbedaan meteorologi dan klimatologi terletak pada waktunya. Para ahli meneliti tentang faktor iklim atau masalah iklim di suatu wilayah tanpa berfokus pada waktu, inilah yang disebut sebagai klimatologi.

Namun, kajian tentang cuaca terkini yang dituangkan dalam laporan berita harian, ini yang dimaksud sebagai meteorologi.

Kesimpulan

Berdasarkan tulisan yang sudah kita bahas di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa:

Klimatologi merupakan pelajaran tentang pola cuaca. Sedangkan meteorologi mengacu pada data yang diperoleh selama masa penelitian mereka tentang kondisi lingkungan yang bervariasi.

Agar kita lebih memahami tentang apa itu klimatologi, kita harus terbiasa dengan ide-ide seperti geografi, astrofisika, ilmu bumi, dan lainnya. Di sisi lain, meteorologi dapat dipahami dengan baik apabila kita mengenal ilmu atmosfer.

Klimatologi berfokus pada data yang berasal dari masa lalu. Sementara itu, meteorologi lebih memprioritaskan data yang diperkirakan akan dikerjakan dalam waktu dekat.

Secara tidak langsung, klimatologi bergantung pada data meteorologi. Namun meteorologi dapat berdiri sendiri.

Dalam klimatologi, perubahan cuaca didokumentasikan pada rentang waktu tertentu. Sedangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan meteorologi seperti fluktuasi dan lingkungan didokumentasikan setiap hari.

Klimatologi berkaitan dengan perilaku atmosfer jangka panjang dan waktu yang lama. Berbeda halnya dengan meteorologi yang berkaitan dengan proses cuaca pada periode apa pun dan secepat mungkin.

Prosedur penemuan penelitian klimatologi yang berkaitan dengan ilmu fisika bumi, astronomi, dan geologi. Sedangkan meteorologi berkaitan dengan atmosfer.

Sebagian besar penelitian klimatologi berkaitan dengan masa lalu, sedangkan meteorologi berkaitan dengan variasi dan arus cepat mulai dari hitungan jam hingga beberapa hari.

Baca juga: Bimbel Online CPNS

Nah, Sahabat Latis, itulah ulasan tentang klimatologi. Jika kamu ingin mendapatkan pengetahuan lebih lengkap mengenai klimatologi kamu bisa banget menghubungi Latis Privat ya...

Kami siap untuk membantu kamu mendapatkan tutor yang berpengalaman dan mampu menjawab semua kebutuhan belajarmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu belajar yang fleksibel bahkan belajar secara online di rumah.

Bersama Latis Privat, Sahabat Latis akan bertemu guru yang sangat tepat dan mampu menjawab segala permasalahan dalam belajar.

Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Privat šŸ˜Š

#meteorologi #klimatologi #geografi

Source:

https:///difference-between-climatology-and-meteorology/

https:///perbedaan-meteorologi-dan-klimatologi/amp/

http://www.differencebetween.net/science/difference-between-climatology-and-meteorology/#:~:text=Meteorology%20and%20climatology%20are%20both,in%20the%20lives%20of%20humans.




Komentar

Popular Post