• Home
  • Game Rumah yang Mengasah Kreativitas Anak

Game Rumah yang Mengasah Kreativitas Anak

 

Kreativitas Anak


Kreativitas anak bukanlah hal yang mutlak. Sebagai orang tua, Mom dan Dad memiliki peran penting untuk mengasah kreativitas ananda melalui permainan sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

Definisi Kreativitas

Kreativitas merupakan hasil dari olah otak dan imajinasi yang saling berkaitan. Dalam hakikatnya, kreativitas akan menghasilkan sesuatu yang baru. Kita dapat mengasah kreativitas melalui berbagai kegiatan.


Dalam usia anak-anak, orangtua cenderung lebih mudah untuk mengasah kreativitas mereka yang mana akan sangat berpengaruh hingga mereka dewasa. 


Tidak harus melalui pendidikan formal dan informal, mengasah kreativitas juga dapat dilakukan melalui permainan-permainan sederhana dari rumah. Apa saja itu?


Contoh Game Rumah Yang Dapat Mengasah Kreativitas Anak


Mom dan Dad tidak perlu menyiapkan hal-hal rumit atau membeli perlengakapan mahal untuk mengasah kreativitas buah hati.


Ada beberapa contoh game yang mudah untuk dilakukan di rumah. Contohnya adalah:


1. Menyambung kata


Ajak anak untuk menyambung kata yang Mom dan Dad sebutkan. Dalam permainan ini anak akan berpikir dan mengasah kemampuan verbal mereka. Tidak hanya itu, menyambung kata juga dapat menambah kosa kata anak.


2. Puzzle

Kreativitas Anak



Jenis permainan ini membutuhkan material seperti puzzle, yang mana semakin kecil potongannya akan semakin menyita waktu. 


Sekalipun tidak bisa menggunakannya beberapa kali karena anak tentu lama-lama akan hafal, setidaknya Mom dan Dad jadi punya aktivitas bersama anak di rumah kan?


Permainan puzzle dapat mengasah daya pikir dan yang terpenting adalah mengasah kemampuan otak anak untuk menyelesikan masalah.



Bukan hanya orang dewasa yang menyukai lego namun anak-anak juga menyukai permainan ini. Cara mereka untuk mengkreasikan lego mungkin belum serumit orang dewasa. 


Paling tidak mereka dapat berkreasi dengan apa yang ada di pikiran mereka mengenai bangun ruang hingga membuat sesuatu berbentuk tiga dimensi.


4. Membuat Kerajinan Tangan

Dari semua bentuk game rumahan, game yang satu ini sukses memakan waktu, membutuhkan ketelitian, dan juga daya imajinasi anak. 

Dari sinilah kreativitas anak akan semakin terasah terkait kemampuannya dalam membentuk, menyusun, mempola, dan lainnya.

Ada baiknya Mom dan Dad mendampingi anak juga ya sehingga mereka tidak jenuh, suntuk, atau kesal karena tidak juga selesai. 

Pengarahan terhadap pola dan bentuk juga menjadi penting.

Masih banyak lagi ya Mom dan Dad yang bisa kita coba untuk mengasah kreativitas anak. 

Nah itu dia Game Rumah yang Mengasah Kreativitas Anak.  Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di 
Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]