• Home
  • Pentingnya Softskill Yang Harus Kita Ketahui

Pentingnya Softskill Yang Harus Kita Ketahui

 
Pentingnya softskill


Pentingnya Softskill ternyata bukan hanya untuk masalah pekerjaan. Ternyata dalam kehidupan sehari-hari pun kita sangat membutuhkannya.

Softskill atau kecerdasan emosional merupakan unsur penting lainnya selain hardskill. Pintar secara teori dan praktik memang baik atau bahkan sangat baik.

Namun pada kenyataannya, kecerdasan emosional tak kalah menjadi pertimbangan bagi seseorang untuk mendapatkan peluang di masyarakat. Itu karena softskill berpusat pada hubungan antar manusia yang mana setiap hari kita pasti berhubungan dengan orang lain.

Pentingnya Softskill Apa Saja?



Mari kita jelaskan terlebih dahulu apa saja yang termasuk dalam softskill.

Beberapa hal yang termasuk dalam soft skill antara lain:

- Kemampuan negosiasi
- Kepemimpinan
- Memecahkan masalah
- Menghadapi orang yang sulit
- Kemampuan komunikasi
- Kerja sama
- Siap bekerja di bawah tekanan
- Disiplin.

Dari semua hal yang termasuk softskill, kira-kira apa pentingnya mengasah softskill?

1. Hard skill tidak akan efektif tanpa didukung oleh soft skill.

Contohnya seorang anak yang sangat pintar dalam hal teori maupun praktek. Akan tetapi ia tidak bisa bekerja sama dengan orang lain. Atau bisa juga ia tidak dapat berkomunikasi dengan baik sehingga kepintarannya tidak tersalurkan dengan baik.

2. Di masa depan softskill akan lebih mendominasi hardskill

Seseorang yang pintar akan kalah dengan seseorang yang menarik. Banyak perusahaan dibidang jasa yang akan membutuhkan lebih banyak orang-orang dengan soft skill yang baik. Bahkan seiring berkembangnya zaman ketersediaan akan jasa yang baik akan menjadi populer.

Orang cenderung akan lebih menghargai orang lain yang juga bisa menghargai orang lain.

3. Hidup di masa mendatang lebih kompetitif

Seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan siapapun dapat menjadi pintar dalam sekejap. 

Artinya adalah orang pintar di dunia ini akan semakin banyak. Tingkat kompetisi menjadi semakin tinggi lalu apa yang bisa kita tawarkan lebih kepada hidup? 

Pentingnya soft skill adalah mengurangi angka kompetitif yang semakin tinggi. Orang-orang dengan Softskill yang bagus tentunya mempunyai nilai tambah yang lebih.

4. Relasi

Soft skill akan berguna untuk membangun relasi. Semakin luas relasi tentunya akan semakin baik untuk menunjang kehidupan kita dimasa mendatang.

Nah itu dia pentingnya softskill yang harus kita ketahui. Apabila ada pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.


Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]