• Home
  • Jurusan Pada SIMAK UI

Jurusan Pada SIMAK UI

SIMAK UI



Jurusan pada SIMAK UI pada dasarnya terbagi atas IPS dan IPA secara garis besar. Namun dari kedua cabang ilmu ini kemudian lahirlah jurusan-jurusan yang lebih rinci sesuai minat bakat calon mahasiswa UI.


Jurusan Untuk Kategori IPA 




Adapun jurusan untuk kategori IPA antara lain:

1. Pendidikan Dokter

Sudah sejak jaman dahulu kala bahwa calon dokter harus mempelajari ilmu pengetahuan Alam yang di dalamnya meliputi Fisika, Matematika, Kimia, dan Biologi. Pada dasarnya ini merupakan disiplin ilmu yang harus mempelajari lebih dalam tentang hapalan dan praktik. 

2. Pendidikan Dokter Gigi

Tidak jauh berbeda dengan pendidikan dokter, dokter gigi juga mendalami anatomi tubuh manusia yang terjabarkan lebih rinci di Biologi.

3. Matematika

Sebagai ilmu eksak, matematika ternyata memiliki perkembangan yang beragam. Diperlukan analisa yang lebih mendalam untuk mempelajari subjek-subjek pada ilmu ini. Kalian yang memilih jurusan ini nantinya tidak hanya berpotensi sebagai pengajar namun bisa juga mendalami ilmu seputar perhitungan asuransi.

4. Biologi

Terlalu banyak hal yang perlu dihafalkan dari ilmu ini dengan berbagai cabangnya. Jika kalian yakin ingin mendalami ilmu ini sebaiknya pahami dulu kemampuan kalian dalam menghafal. 

5. Kimia

6. Fisika

Mereka yang memilih jurusan ini memiliki banyak peluang kerja mulai dari pengajar, dosen, hingga seseorang yang ahli.

7. Geografi

Disiplin ini dipelajari saat jurusan IPS di Sekolah Menengah Atas. Akan tetapi saat memasuki perguruan tinggi, jurusan ini akan mengedepankan hasil lulus tes IPA.

8. Statistika

Sebuah ilmu yang mirip matematika namun penting untuk menyelesaikan berbagai diagram dari tahun ke tahun di sejumlah daerah. 

9. Aktuaria

Percabangan ilmu matematika hadir di sini untuk menjadi seorang aktuaria sejati di perusahaan-perusahaan finansial.

10. Geofisika

Berkaitan dengan apa yang terjadi di bumi, ilmu ini sangat berperan untuk memprediksi pergerakan dan hal-hal lian terkait dunia. 

11. Geologi

12. Teknik Sipil

13. Teknik Mesin

Pemilih jurusan ini nantinya akan diminati perusahaan-perusahaan otomotif hingga teknologi mutakhir. Bahkan tidak sedikit yang dapat membuat inovasi terbaru mengenai teknologi.

14. Metalurgi

15. Teknik Elektro

16. Arsitektur

17. Teknik Kimia

18. Teknik Industri

19. Teknik Lingkungan

20. Teknik Komputer

21. Teknik Perkapalan

22. Arsitektur Interior

23. Teknologi Bioproses

24. Teknik Biomedik

Sedangkan untuk tes IPS, jurusan-jurusan terkait antara lain:

1. Ilmu ekonomi

2. Manajemen

3. Akuntansi

4. Ekonomi Islam

Akhir-akhir ini jurusan yang satu ini mendapat minat yang cukup tinggi dari masyarakat. Berkembangnya ilmu dan bertambahnya anak muda yang mengali Islam adalah dua faktor yang membuat jurusan ini populer.

5. Bisnis Islam

Bisnis Islam mempelajari pula penerapan bisnis syariah yang sesuai dengan kaidah Islam. Seseorang yang memilih jurusan ini tentunya memiliki latar belakang ilmu Islam yang sedikit tidak membantunya. 

6. Arkeologi

7. Filsafat

8. Sejarah

9. ilmu Perpustakaan

10. Sastra Arab

11. Sastra Indonesia

12. Sastra Daerah dan Sastra jawa

13. Sastra China

14. Sastra Prancis

15. Sastra Inggris

16. Sastra Belanda

17. Kesenian dan Kebudayaan Korea

18. dan lain-lain

bagi kalian yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai jurusan pada SIMAK UI, kalian dapat langsung mengunjungi situs resmi Universitas Indonesia

Nah itu dia Jurusan Pada SIMAK UI. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.  

Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]