• Home
  • Persiapan Rincian Biaya Masuk Perguruan Tinggi

Persiapan Rincian Biaya Masuk Perguruan Tinggi

 
Persiapan rincian biaya masuk perguruan tinggi


Persiapan rincian biaya masuk perguruan tinggi memang tidak dapat diprediksi dan dipukul rata. Dari tahun ke tahun umumnya biaya tersebut akan meningkat. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta tidak ada yang benar-benar gratis. Jadi kalian memang benar-benar harus mempersiapkan segalanya dengan lebih bijak.

Biaya Kuliah Negeri dan Swasta di Indonesia

Biaya kuliah seringkali menjadi masalah yang nantinya akan muncul di tengah-tengah perkuliahan kalian. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan persiapan rincian biaya masuk perguruan tinggi. Sebenarnya biaya kuliah itu apa saja dan apakah baik universitas negeri maupun swasta memiliki rincian yang sama?

a. Uang Pangkal

Kalian kerap kali mendengar istilah uang pangkal bahkan mungkin sebelum di bangku perkuliahan pun uang pangkal itu selalu saja ada. Sebenarnya apa itu uang pangkal? Jadi uang pangkal adalah biaya yang biasanya diterapkan di di lembaga pendidikan swasta yang juga memiliki sinonim yaitu sumbangan pengembangan institusi. Jika di perguruan tinggi negeri maka kalian tidak perlu membayar uang pangkal kecuali jika kalian diterima lewat jalur non SNMPTN.

Hal ini akan berbeda jika kalian mendaftar lewat jalur mandiri. Untuk itu akan ada biaya awal yang mirip dengan uang pangkal dan harus kalian bayar. Pada setiap perguruan tinggi negeri istilah dari uang pangkal tersebut berbeda-beda dengan nominal yang juga bervariasi tergantung dari universitas dan jurusan yang kalian pilih. Biasanya semakin terkenal kampus dan jurusan yang dipilih maka akan semakin mahal pula uang pangkal yang ditetapkan.

Contohnya saja uang pangkal jalur mandiri Universitas Airlangga tahun 2021 Jurusan Kedokteran. Tercatat uang pangkalnya adalah 99 juta rupiah. Sedangkan untuk dana pengembangan di Universitas Padjadjaran jalur mandiri Jurusan Kedokteran tahun 2021 adalah Rp 250.000.000.

Namun tentunya tidak semua perguruan tinggi negeri akan menerapkan hal ini contohnya saja Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Gadjah Mada dan juga institut teknologi Bandung.

b. UKT atau BOP



Istilah Uang Kuliah Tunggal atau UKT biasanya adalah milik kampus negeri di Indonesia. Apabila kalian telah dinyatakan lolos maka kalian akan diminta membayar UKT atau biaya operasional pendidikan BOP. Untuk biaya ini tidak hanya dibayar satu kali seperti halnya uang pangkal namun kalian harus membayarnya persemester hingga akhirnya lulus kuliah.

UKT atau BOP ini tergantung dari universitas yang kalian tuju dan itu merupakan kebijakan masing-masing universitas. Bedanya adalah pada sistem penghitungan biaya. Jika UKT dihitung berdasarkan prinsip berkeadilan yang mempertimbangkan kemampuan setiap mahasiswanya, tidak demikian dengan uang pangkal. Jadi biaya kuliah per semester haruslah sesuai dengan kebijakan masing-masing universitas. Lain halnya dengan BOP yang menggunakan prinsip pembagian ranah ilmu setiap jurusan serta keperluan mahasiswa di jurusan tersebut.

Ranah ilmu ini terbagi menjadi ranah sosial, humaniora, rekayasa, sains dan kedokteran. Dari keempat tanah tersebut tentunya memiliki besaran kebutuhan yang berbeda.

Nah itu dia persiapan rincian biaya masuk perguruan tinggi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.


Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]