• Home
  • 10 Metode Agar Membaca Menjadi Menyenangkan

10 Metode Agar Membaca Menjadi Menyenangkan

 

Metode membaca menyenangkan


Metode membaca menyenangkan dapat membantu kaliaan menikmati proses membaca terutama bagi kalian yang malas melakukan kegiatan ini. Padahal membaca merupakan jendela dunia. Jadi seperti apa metode yang menyenangkan tersebut?

1.       Mulai dengan 5 hingga 10 menit setiap harinya

Tidak perlu memaksakan diri menghabiskan waktu berjam-jam untuk mebaca. Kalian dapat memulainya dari 10 hingga 15 menit namun biasakan setiap hari. Selain lebih fokus, metode ini tidak akan membebani kalian. Jadi silahkan mencobanya.

2.       Jangan dipenuhi tuntutan

Metode membaca menyenangkan selanjutnya adalah dengan tidak memberi tuntutan yang terlalu tinggi kepada diri sendiri. Ada kalanya kalian tidak akan bisa disiplin setiap hari untuk membaca, jadi berikan sedikit kelonggaran bilamana kalian jenuh.

3.       Rangkum atau ceritakan kembali

Membaca dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan manakala kalian dapat menceritakan kembali apa yang sudah kalian baca. Sebab itu sebaiknya mulai dengan tema-tema yang hangat dan sedang populer untuk kalian bahas bersama teman-teman.

4.       Pilih buku bergambar



Agar membaca semakin menyenangkan, kalian dapat mencoba memilih buku bergambar yang tentunya dengan kualitas kertas dan warna yang menarik. Sebenarnya membaca komik juga termasuk kegiatan membaca dan itu sangat menyenangkan. Gambar tidak hanya akan membuat kegiatan membaca menjadi menarik namun juga menambah pemahaman.

5.       Membaca apa yang disukai

Jika masalah politik terlalu rumit untuk dibaca, mari mulai dengan membaca hal-hal yang bagi kalian ringan dan membuat kalian ketagihan. Contohnya adalah ketika membaca resep masakan. Kalian akan terus penasaran dengan metode selanjutnya dan hingga ke saran penyajiannya. Ini salah satu magnet yang membuat kalian semakin menyukai kegiatan membaca.

6.       Cari bacaan dengan bahasa sederhana

Tidak ada yang salah dengan membaca sesatu yang berlevel tinggi dengan harapan kalian menjadi naik kelas. Akan tetapi jika baru saja membaca sudah membuat kalian mengantuk lalu bagaimana selanjutnya? Bukannya naik kelas justru kalian hanya akan membuang-buang waktu. Untuk itulah pilih bacaan dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti.

7.       Kenali penulisnya dan cari bacaan dengan sampul menarik

Ada yang mengatakan bahwa janganlah menilai buku dari sampelnya. Padahal sebenarnya justru kalian akan membutuhkan itu untuk menarik minat membaca kalian. Apalagi ketika bacaan itu menjadi best seller, tentu minat kalian untuk membaca semakin meningkat karena penasaran.

8.       Membuat target

Metode di awal menunjukkan kita sebaiknya tidak terlalu memforsir diri namun memang alangkah baiknya untuk membuat target. Dengan adanya target kita semakin terpacu untuk meraihnya dan ini bukan berarti kalian memforsir diri.

9. Memberikan apresiasi pada diri sendiri


 

Menghibur diri sendiri sangatlah penting. Apa yang perlu kalian ketahui adalah ketika berhasil memenuhi target, jangan lupa untuk memberikan hadiah pada diri sendiri seperti jalan-jalan atau sekedar makan makanan enak. Atau jika perlu membeli buku baru.

 10.  Manfaatkan waktu menunggu dengan membaca

Daripada kalian bermian ponsel saat menunggu antrian atau apapun itu, sebaiknya mulailah dengan memanfaatkan waktu menunggu dengan membaca. Bisa jadi kalian akan mencapai target membaca dengan tanpa disengaja atau justru telah terbiasa membaca beberapa menit per hari tanpa paksaan. Ini tentu akan semakin menyenangkan karena kalian menjadi disiplin tanpa beban.


Nah itu dia 10 Metode Agar Membaca Menjadi Menyenangkan. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 02177844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

  • Home
  • Cara Menciptakan Kedekatan Pada Anak

Cara Menciptakan Kedekatan Pada Anak

 
cara menciptakan kedekatan pada anak

Cara menciptakan kedekatan pada anak mungkin akan berbeda-beda bagi setiap orang tua. Melalui kedekatan tersebut akan terciptalah emosi yang stabil pada anak, menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi dan juga kecerdasan bagi mereka. Itulah sangat penting untuk dapat membangun kedekatan pada anak.

Seringkali kesibukan dalam pekerjaan maupun aktifitas sekolah membuat jarak antara orang tua dan anak semakin besar. Hal ini mengakibatkan hubungan antara orang tua dan anak menjadi renggang apabila terus dibiarkan. Berikut adalah beberapa cara untuk menciptakan kedekatan pada anak.

1. Menerima Adanya Emosi Pada Diri Anak

Semakin bertambahnya usia tentunya anak akan semakin mudah mengakses ikan emosinya. Mereka pun akan mulai memiliki hobi atau kegiatan-kegiatan yang harus didahulukan. Orang tua juga kadang tidak menyadari jika anak telah mulai disibukkan dengan berbagai aktivitas dan juga tugas sekolah. Apalagi mereka juga Mulai cenderung menghabiskan waktu dengan teman-temannya dibandingkan dengan keluarga.

Ketika anak merasa bahagia maka sebaiknya orangtua juga memiliki mood yang bagus demikian pula jika anak kepancing emosi untuk marah, kecewa maupun sedih. Ada baiknya orang tua menerima emosi tersebut dengan penuh kasih sayang.

Kenali jika anak masih berada dalam masa pertumbuhan dan mereka belum dapat mengontrol perasaan dengan baik. Inilah peran orang tua untuk dapat menenangkan mereka dan pada akhirnya akan membuat anak lebih terbuka karena selalu merasa mendapat dukungan dari orang tuanya dalam kondisi apapun.


2. Tidak Menghakimi Apa yang Dilakukan dan Dikatakan Anak





Ada berbagai alasan mengapa anak ragu untuk menceritakan hal-hal yang mereka alami kepada orang tuanya. Salah satunya adalah karena mereka takut dihakimi atau justru takut dimarahi. Oleh sebab itu sebaiknya sebagai orangtua kita harus mendengarkan semua cerita anak hingga selesai dan jika perlu tidak menyelanya. Tanyakan juga kepada anak apa yang mereka rasakan saat ini dan bagaimana orangtua dapat membantu mereka. Dengan keterbukaan seperti ini maka hubungan kekeluargaan kita akan menjadi di tetap Arab walaupun masing-masing memiliki kesibukan.

3. Luangkan Waktu Bersama

Kunci hubungan emosional yang baik adalah dengan ke arabnya meluangkan waktu bersama. Ketika orang tua dan anak kerap menghabiskan waktu bersama dan penuh dengan kebahagiaan maka hal itu akan terekam dalam memori anak. Tidak harus setiap hari dengan intensitas yang lama, namun paling tidak dalam satu hari orang tua dan anak dapat meluangkan waktu bersama agar anak merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Contohnya saja menemani mereka belajar atau menyelesaikan tugas. Jika memiliki anak balita maka orang tua dapat memanfaatkan momen tersebut setelah mandi sambil mengajak bercanda atau mengoleskan lotion dan bedak.

4. Mengajak Anak Mengerjakan Pekerjaan Rumah





Sama-sama sibuk bukan berarti anak dan orang tua tidak dapat memiliki momen kebersamaan. Untuk menjalin hubungan yang lebih erat maka orang tua dapat mengajak anak mengerjakan tugas domestik. Jangan memberikan kesan hanya menyuruh namun lakukanlah bersama-sama dan akan lebih baik jika kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan yang disenangi anak. Contohnya adalah memasak, mendekorasi kamar, hingga memperbaiki kendaraan.

5. Berlibur Bersama

Berlibur bersama tidak harus menghabiskan waktu berhari-hari bersama-sama. Orang tua dan anak hanya perlu untuk berwisata ke suatu tempat untuk meningkatkan bonding. Bahkan pergi ke pantai atau ke kebun binatang saja sebenarnya juga sudah cukup.

6. Hindari Penggunaan Gawai 

Sebagai orangtua sebaiknya mulailah untuk tidak terlalu terpaku pada gadget. Berikan waktu sepenuhnya untuk dapat fokus dengan kegiatan yang sedang orang tua lakukan bersama anak. Dengan demikian anak akan merasa dihargai

7.  Sering Membaca Buku Bersama Anak

Membaca buku dapat menjadi sebuah momen yang sangat berperan penting dalam meningkatkan bonding kepada anak. Orang tua tidak harus melakukannya sebelum tidur namun juga bisa di sela-sela kegiatan sehari-hari ini.

8. Sering Memberikan Sentuhan Fisik

Orang tua mungkin akan sering melakukan sentuhan fisik saat anak baru lahir namun akan semakin berkurang seiring bertambah dewasanya anak. Padahal sentuhan fisik adalah kunci dari kedekatan antara orang tua dan anak. Tidak perlu berlama-lama, cukup dengan mengelus kepala mereka, mencium, menepuk punggung hingga memeluk telah memiliki banyak makna bagi anak.

Nah itu dia tips membangun kedekatan pada anak. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.
  • Home
  • Tips Memilih Mainan Yang Tepat Untuk Usia Balita

Tips Memilih Mainan Yang Tepat Untuk Usia Balita

 

tips memilih mainan


Tips memilih mainan yang tepat terutama untuk balita memang tidak semudah yang dibayangkan. Sebagai orangtua tentunya bunda harus memperhatikan keamanannya karena jika salah pilih dapat menyebabkan anak mengalami cedera. Dan yang paling membahayakan adalah ketika cedera itu dapat mengancam nyawa.

Pada dasarnya mainan memiliki peran yang penting untuk menstimulasi tumbuh kembang anak terutama usia balita. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang terbiasa bermain dengan mainan contohnya adalah menyusun balok atau justru bermain mobil-mobilan akan memiliki kesehatan mental, fisik, dan sosial yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkannya terhadap anak-anak yang hanya fokus bermain gadget.

Mainan yang bisa diberikan untuk anak sangat beragam dan tidak harus mahal. Hal yang terpenting dalam memilih mainan anak adalah memenuhi standar keamanan tidak membahayakan dan juga dapat mengedukasi.

Tips memilih mainan berdasarkan bahannya

Terdapat berbagai jenis bahan untuk membuat mainan. Bentuk mainan yang terbuat dari kain pilihlah yang berlabel tahan api sedangkan untuk boneka sebaiknya memilih bahan yang dapat dicuci. Apabila mendapatkan mainan yang dicat maka pastikan dulu bahwa cat itu bebas dari timbal.

Untuk alat-alat melukis seperti krayon dan cat pastikan bahwa kedua bahan tersebut bebas dari bahan beracun. Bunda juga boleh memilih mainan bekas namun periksa kembali apakah masih berfungsi dengan baik dan apakah dapat memberikan masalah kesehatan. Jika memilih mainan yang dapat berbunyi maka pastikan bunyi yang dihasilkan tidak terlalu kencang. Jangan juga membiarkan anak mendekatkan mainan tersebut ke telinga.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan mainan yang aman. Di Indonesia kita mengenal mainan anak yang sudah berlabel SNI. Artinya ketika mainan tersebut telah berlabel ini maka sudah mendapatkan sertifikat produk penggunaan & juga telah lulus pengujian yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi produk.

Hal ini sesuai dengan Permenperind No. 24/M-IND/PER/4/2013 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Mainan secara Wajib.


Panduan Memilih Mainan yang Aman untuk Anak




Mainan merupakan teman bermain bagi anak. Sebaiknya Bunda juga perlu memperhatikan bahwa mainan tidak hanya bisa menghibur namun juga mengedukasi.

Jadi beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih mainan untuk anak antara lain:

1. Sesuaikan dengan usia dan karakter anak

Ketika membeli mainan maka perhatikan label kemasan dan lihat juga untuk usia berapa mainan itu. Dengan memberikan mainan yang sesuai dengan minat usia dan karakter anak maka kita dapat membantu meningkatkan kemampuan dan kesiapan anak dalam bermain.


2. Membaca petunjuk dan dampingi anak bermain

Baca terlebih dahulu petunjuk penggunaan mainan kemudian dampingi anak saat mereka bermain. Bahkan setelah selesai bermain pun bunda harus mengajarkan bagaimana cara menyimpan mainannya dengan baik.

3. Mengecek mainan secara teratur

Pengecekan mainan secara teratur berguna untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan pada mainan. Apabila mainan mengalami kerusakan sebaiknya Bunda membuangnya atau memperbaikinya. Pastikan juga tidak ada serpihan atau pinggiran mainan yang nampak tajam ataupun adanya karat.

4. Bersihkanlah mainan secara teratur





Ketika anak hendak menggunakan mainan pastikan mainan telah dibersihkan terlebih dahulu. Bunda dapat membaca petunjuk cara membersihkan mainan yang umumnya dapat dicuci dengan sabun yang berbahan ringan atau mungkin harus menggunakan sabun anti bakteri serta air panas.

Untuk mainan yang mudah berkarat seperti sepeda sebaiknya disimpan di ruangan yang tidak terkena hujan.

5. Hilangkan benda berbahaya

Jika ternyata pada mainan anak terdapat benda-benda yang berukuran kecil seperti contohnya kancing baju boneka ataupun manik-manik maka sebaiknya. Terutama bagi anak berusia dibawah 5 tahun mereka tidak tahu jika itu berbahaya sehingga kerap memasukkan benda-benda tersebut ke dalam mulutnya.

Hal ini dapat menyebabkan mereka tersedak dan tidak dapat disepelekan karena dapat menyebabkan kematian. Tidak hanya itu mainan dengan pita atau tali yang longgar juga dapat melilit leher anak dan membuatnya tercekik.

6. Hindari memberikan mainan berdaya listrik dan bermagnet

Ada baiknya Bunda menghindari memberikan mainan yang memerlukan daya listrik untuk anak di bawah 8 tahun tanpa pengawasan. Hal ini tentunya untuk menghindari risiko anak kesetrum karena selain berdaya listrik mainan yang memiliki magnet juga dapat memberikan bahaya.

Nah itu dia tips memilih mainan untuk anak.  Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.




  • Home
  • Perspektif Video Game Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak

Perspektif Video Game Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak

 
Perspektif video game


Perspektif video game bagi setiap orang tua tentunya berbeda-beda. Sekalipun untuk pembelajaran bagi anak, Tidak semua orang tua akan mendukung kegiatan tersebut.

Apa itu media pembelajaran?

Media pembelajaran adalah perantara yang mendukung dari sebuah kegiatan pembelajaran. Di masa sekarang terdapat berbagai macam media yang bisa dipakai dalam kegiatan pembelajaran baik itu di sekolah-sekolah ah dari jenjang dasar hingga jenjang tinggi. Tujuannya adalah untuk menyampaikan materi pembelajaran secara jelas dan efektif.

Adapun macam-macam media pembelajaran antara lain:

A. Media Audio



Guna dari media pembelajaran audio adalah untuk menyalurkan pesan dari sumber pesan ke penerima nya melalui suara. Oleh sebab itu media audio sangat membutuhkan indra pendengaran dalam penggunaannya. Melalui media ini maka pesan dapat tersampaikan secara verbal contohnya adalah telepon, tape recorder, dan juga radio.

B. Media visual (gambar)

Jenis media ini merupakan sumber belajar yang mana mengandung pesan dan informasi dengan penyajian yang kreatif dan menarik karena melibatkan indra penglihatan. Bagi mereka yang tunanetra tentunya cara ini ini agak sulit untuk diterapkan. Adapun contoh dari media visual antara lain gambar, poster, foto, dan lainnya.

C. Media audio visual (video)

Pada media pembelajaran audio visual penggunaannya meliputi pendengaran dan penglihatan peserta didik. Kondisi ini dapat membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara lebih kondusif. Contohnya adalah video.

Perspektif video game untuk pembelajaran





Dunia game tidak ketinggalan untuk memperbaharui skala penggunaannya. Jika dulu game hanya sebagai hiburan kini game bisa berfungsi ke arah edukasi. Perspektif video game akhirnya tidak selalu ke arah negatif.

Contoh game yang bisa digunakan untuk belajar adalah game tebak angka. Anak-anak dapat dengan mudah mempelajari mengenai angka dengan menggunakan bantuan video game-game karena lebih menarik.

Video game yang saat ini ini kerap digunakan oleh anak-anak adalah game edukasi mengenai kegiatan sehari-hari ataupun tentang mempelajari bahasa asing secara menyenangkan. Pengalaman anak dalam belajar akan semakin menyenangkan serta menjadi lebih efektif dengan media video game. Bahkan para pengajar pun akan menjadi sangat terbantu untuk memberikan pemahaman terkait materi pembelajaran yang ingin disampaikan kepada peserta didik.

Bahkan para orang tua pun dapat mengalihkan perhatian anak terutama yang kecanduan untuk bermain game n yang bukan bersifat edukatif. Cara yang dapat ditempuh untuk menyaring video game yang bersifat edukatif dan tidak adalah melalui fitur yang ada pada aplikasi.

Orang tua memiliki kewenangan penuh untuk mengatur apa yang boleh dan tidak bagi putra-putri mereka. Sekalipun game itu adalah game bertema pendidikan, tetap saja orang tua maupun pengajar harus memberikan batasan waktu kepada peserta didik dalam mengaksesnya. Tentunya perlu juga memperhatikan efek samping yang muncul ketika anak berlama-lama bermain game dan harus menatap layar.

Nah itu dia Perspektif video game sebagai media pembelajaran bagi anak.  Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



  • Home
  • Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Kegiatan Belajar Anak

Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Kegiatan Belajar Anak

 
ilustrasi kurang tidur

Pengaruh kurang tidur ternyata berdampak sangat besar terhadap kegiatan belajar anak. Ketahuilah bahwa pola tidur yang baik sangat penting untuk tumbuh kembang anak hingga penting juga untuk kesehatan otak anak.

Kebutuhan tidur manusia

Tidur adalah salah satu kebutuhan psikologis manusia dan merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Melalui tidur yang cukup maka dapat membantu fungsi tubuh secara optimal. Tidur merupakan suatu keadaan tidak sadar yang mana interaksi antara suatu individu terhadap lingkungannya menjadi menurun. Namun orang yang tidur dapat dibangunkan kembali melalui adanya rangsangan yang cukup.

Dalam sebuah siklus lengkap, tidur umumnya berlangsung selama 90 menit Jadi dalam satu malam setiap orang rata-rata akan mengalami empat hingga lima siklus lengkap.

Pada remaja dan dewasa yang berusia 16 hingga 30 tahun pola tidur mereka tentunya akan berbeda dengan usia lainnya. Hal ini karena perubahan hormon yang ada ada di akhir masa pubertas mereka.

Usia usia remaja dan dewasa ini akan mengalami kebutuhan tidur yang meningkat namun dengan waktu tidur yang berubah. Bagi orang dewasa usia diatas 30 tahun maka kebutuhan tidurnya adalah sekitar 7 jam sehari dan hal ini tidak berlaku pada usia dewasa tua karena jam tidur mereka sudah tidak menentu.

Mengapa tidur itu penting



Pengaruh kurang tidur ternyata sangat banyak bagi kegiatan belajar. Hal itu terjadi karena tidur memiliki peran yang sangat penting. Apa saja peran dari tidur

A. Menyusun ulang memori

Tidur dapat memberikan kesempatan bagi otak untuk menyusun kembali data-data atau memori yang ada sehingga dapat menemukan solusi terhadap suatu masalah. Tidak heran jika banyak yang menyebutkan jika kalian sedang banyak masalah maka tidurlah. Meskipun belum tentu ketika bangun dari tidur kalian akan menemukan solusi yang paling tidak pikiran kalian akan menjadi lebih baik.

B. Memperbaiki sel otak

Otak manusia memerlukan waktu untuk istirahat sama halnya dengan fisik yang meminta untuk istirahat. Salah satu cara otak untuk beristirahat adalah dengan tidur.

Pengaruh kurang tidur

Setelah mengetahui pentingnya tidur bagi manusia maka kini dapat kita jabarkan pengaruh kurang tidur terhadap anak.

a. Memengaruhi Kegiatan di Sekolah

Pola tidur anak akan berkaitan dengan aktivitasnya selama di sekolah. Seorang profesor di medical school of brown University melakukan penelitian dengan memundurkan waktu masuk sekolah. Hasilnya adalah ketika menambah jam tidur pada anak nak dan memundurkan jam sekolah membuat tingkat kecerdasan mereka menjadi meningkat. Mbah Man angka anak-anak yang absen karena masalah kesehatan juga menurun.

b. Mengganggu Proses Belajar



Dampak kurang tidur juga bisa memengaruhi proses belajar karena memori-memori anak akan terganggu. Enggak cuma itu, ketika kekurangan tidur anak pun akan lebih mudah tersinggung dan hiperaktif. Kedua hal tersebut bisa membuat mereka kesulitan untuk berkonsentrasi di sekolah.

c. Memicu Depresi

Anak-anak yang kurang tidur akan memiliki resiko mengalami depresi serta insomnia di kemudian hari. Emosi negatif pada anak pun akan terpicu apabila mereka kurang tidur.

d.  Menurunkan IQ

Pola tidur terganggu atau anak menjadi kurang tidur yang mengakibatkan anak mengalami insomnia di kemudian hari ternyata dapat menurunkan kecerdasan anak dan juga menurunkan fungsi kognitif nya. Para ahli di University of Virginia menyatakan bahwa anak-anak yang menderita insomnia akan mengalami penurunan kecerdasan. Pola tidur yang cukup tentunya akan melindungi memori ingatan dari adanya berbagai gangguan. Semakin cepat anak tidur setelah mereka belajar maka kemampuannya untuk mengingat akan semakin meningkat.

Nah itu dia pengaruh kurang tidur terhadap kegiatan belajar anak. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.


  • Home
  • Tips Meningkatkan Motivasi Belajarmu

Tips Meningkatkan Motivasi Belajarmu

 
Tips meningkatkan motivasi belajarmu


Tips meningkatkan motivasi belajarmu harus dimulai dari dirimu sendiri. Namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba mendapatkan motivasi dari teman-teman terdekat.

a. Belajar bersama teman

Percaya atau tidak jika kalian belajar bersama teman maka motivasi belajar kalian akan menjadi semakin meningkat. Kalian juga dapat menanyakan ataupun saling berdiskusi mengenai pelajaran yang sulit bagi kalian. Demikian pula sebaliknya.

b. Menciptakan suasana belajar yang nyaman

Mut akan mempengaruhi gaya belajar dan cara belajar. Untuk menciptakan muting positif tentu saja suasana belajar harus menjadi menyenangkan. Kalian dapat memilih belajar di taman ataupun tempat lain terbuka ke-4 memberikan perasaan senang dan nyaman. Ini juga dapat memilih belajar di luar rumah bersama teman-teman. Namun ingat sekali lagi ya bahwa tujuan kalian adalah belajar bukan hanya sekedar mengobrol.

c. Membuat agenda belajar

Dengan membuat agenda belajar maka kita menjadi lebih paham mengenai langkah demi langkah ataupun target belajar. Sebab itulah ini menjadi salah satu tips meningkatkan motivasi belajarmu yang cukup efektif.

d. Mencari tahu gaya belajar



Sangat penting bagi kalian untuk mengetahui gaya belajar kalian. Dengan demikian kalian dapat mulai belajar secara efektif. Contohnya apabila gaya Belajar kalian cenderung audio visual maka sebaiknya kalian belajar sambil berbicara sendiri atau membaca dengan bersuara mengenai materi yang kalian pelajari. Cara ini akan membuat kalian lebih mudah untuk mengingat apa yang telah kalian pelajari. Namun ada juga yang memiliki gaya belajar untuk menarik kembali apa yang harus dipelajari. Inilah saatnya kalian mulai menganalisa gaya belajar kalian.

e. Istirahat

Tidak baik untuk memforsir tenaga untuk belajar terus-terusan. Ingatlah bahwa otak juga perlu beristirahat dan memiliki jangka waktu efektif untuk menerima informasi. Jika kalian telah berkonsentrasi selama kurang lebih 15 hingga 30 menit maka sebaiknya beristirahat sejenak misalnya saja 5 menit atau 10 menit. Kemudian kalian dapat melanjutkan kembali untuk belajar. Sediakan juga camilan yang sehat yang dapat membantu proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

f. Menghindari gangguan belajar

Konsentrasi menjadi terpecah dan terganggu apabila kalian menemukan beberapa gangguan pada saat sedang belajar. Bayangkan saja ketika kalian harus fokus terhadap sesuatu namun kemudian harus terganggu. Tentu ini nantinya akan membuat kalian menjadi tidak semangat lagi dalam melanjutkan pembelajaran. Jadi sebisa mungkin cobalah menghindari gangguan gangguan yang mungkin muncul seperti suasana yang bising ataupun nada dering telepon yang terlalu keras. Kondisikan dulu suasana belajar sehingga menjadi nyaman dan bebas gangguan.

g. Carilah media pembelajaran yang sesuai



Kalian tidak harus selalu berpatokan dengan buku pegangan dari sekolah ataupun fasilitas yang diberikan sekolah. Kalian boleh saja mencari media lain yang dapat membantu memahami pelajaran misalnya dengan membeli buku ringkasan materi atau buku yang berisi kumpulan soal soal beserta penyelesaian yang lebih efektif dan cepat. Atau jika telah tiba saatnya mempelajari mengenai peta dunia maka kalian dapat membeli globe. Tidak ada yang usaha untuk itu selama itu dapat meningkatkan motivasi belajar kalian.

Nah itu dia tips meningkatkan motivasi belajarmu. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

  • Home
  • Manajemen Waktu Belajar Yang Baik

Manajemen Waktu Belajar Yang Baik

 
Manajemen waktu belajar yang baik

Manajemen waktu belajar yang baik harus dimulai dari diri sendiri. Mari kita buat beberapa catatan agar dapat menciptakan waktu belajar yang baik.

a. Mengontrol Diri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa manajemen waktu belajar yang baik adalah harus dimulai dari diri sendiri. Pastikan kalian dapat mengontrol keinginan untuk bermain ataupun justru menonton acara kesayangan kalian. Dengan begitu jika telah tiba waktunya belajar kalian akan memantapkan diri untuk belajar dan bukan untuk melakukan kegiatan yang lain.

b. Membuat jadwal kegiatan harian

Kalian perlu mencatat dengan baik apa saja kegiatan kalian dalam sehari. Catat juga kira-kira jam berapa kalian akan mulai belajar. Dari sini akhirnya segalanya menjadi karena di sana dan memiliki batasan waktu yang tepat. Namun sekali lagi pembuatan jadwal ini sebaiknya tidak hanya sekedar dibuat namun juga direalisasikan dengan baik.

c. Menentukan prioritas

Kalian tidak mungkin memasukkan seluruh rencana kegiatan kalian dalam sepekan sama dalam waktu 1 hari. Itulah sebabnya kalian harus membuat skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan yang dilakukan. Ketika tiba saatnya belajar kalian justru kehabisan energi karena sibuk melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting yang sebenarnya bisa dikerjakan di kemudian hari.

d. Hindari kebiasaan kalian menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan hanya akan menimbulkan kebahagiaan sesaat. Tugas kalian akan semakin bertumpuk di keesokan harinya. Bahkan kalian juga akan selalu memikirkan pekerjaan yang tertunda tersebut. Itulah sebabnya sebaiknya sesegera mungkin selesaikanlah apa yang bisa diselesaikan. Hal yang paling meresahkan adalah ketika pikiran kita terganggu dengan hal-hal lain yang belum dikerjakan. Inilah yang paling membuat kita sulit berkonsentrasi.

e. Disiplin dan konsisten



Hal yang penting selanjutnya adalah disiplin dan konsisten. Jangan sampai hai semua yang sudah diagendakan tidak berjalan sesuai rencana hanya karena kalian tidak konsisten. Memang dibutuhkan tekad yang kuat untuk dapat mewujudkannya. Itulah sebabnya semua harus dimulai dari diri sendiri.

f. Membuat ringkasan

Sangat tidak efektif memang jika kalian harus membaca satu buku penuh ataupun berlembar-lembar tulisan. Itulah sebabnya sebaiknya kalian mulai membuat ringkasan dari apa yang hendak dipelajari. Hal ini tidak hanya membantu kalian secara tidak langsung membaca materi namun juga membantu kalian untuk belajar mendekati ujian. Walaupun nantinya soal ujian akan berbeda dengan apa yang kita pelajari setidaknya ringkasan ini akan membantu kita dalam memahami materi-materi yang sulit sekalipun.

g. Membuat suasana nyaman

Manajemen waktu belajar yang baik juga bisa dimulai dengan membuat suasana belajar yang nyaman. Jika semuanya sudah nyaman maka tentu saja mood untuk belajar akan timbul. Bahkan dengan suasana yang nyaman juga belajar menjadi tidak akan memakan waktu lama. Itu karena apa yang kita harapkan an-nahl ah tercapai melalui pemahaman yang baik akan suatu materi.

h. Memahami materi dan bukan sekedar menghafal

Ini adalah bagian yang cukup menantang karena untuk memahami materi sendiri terkadang membutuhkan konsentrasi dan juga pola pikir yang lebih luas. Namun percayalah jika kita berhasil memahami suatu materi dan bukan sekedar menghafal maka k-pop tu belajar kita akan menjadi lebih singkat. Hal itu karena Ketika kita dihadapkan dengan soal yang berbeda kita telah mengetahui konsepnya.

Nah itu dia manajemen waktu belajar yang baik.  Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.


  • Home
  • Persiapan Rincian Biaya Masuk Perguruan Tinggi

Persiapan Rincian Biaya Masuk Perguruan Tinggi

 
Persiapan rincian biaya masuk perguruan tinggi


Persiapan rincian biaya masuk perguruan tinggi memang tidak dapat diprediksi dan dipukul rata. Dari tahun ke tahun umumnya biaya tersebut akan meningkat. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta tidak ada yang benar-benar gratis. Jadi kalian memang benar-benar harus mempersiapkan segalanya dengan lebih bijak.

Biaya Kuliah Negeri dan Swasta di Indonesia

Biaya kuliah seringkali menjadi masalah yang nantinya akan muncul di tengah-tengah perkuliahan kalian. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan persiapan rincian biaya masuk perguruan tinggi. Sebenarnya biaya kuliah itu apa saja dan apakah baik universitas negeri maupun swasta memiliki rincian yang sama?

a. Uang Pangkal



Kalian kerap kali mendengar istilah uang pangkal bahkan mungkin sebelum di bangku perkuliahan pun uang pangkal itu selalu saja ada. Sebenarnya apa itu uang pangkal? Jadi uang pangkal adalah biaya yang biasanya diterapkan di di lembaga pendidikan swasta yang juga memiliki sinonim yaitu sumbangan pengembangan institusi. Jika di perguruan tinggi negeri maka kalian tidak perlu membayar uang pangkal kecuali jika kalian diterima lewat jalur non SNMPTN.

Hal ini akan berbeda jika kalian mendaftar lewat jalur mandiri. Untuk itu akan ada biaya awal yang mirip dengan uang pangkal dan harus kalian bayar. Pada setiap perguruan tinggi negeri istilah dari uang pangkal tersebut berbeda-beda dengan nominal yang juga bervariasi tergantung dari universitas dan jurusan yang kalian pilih. Biasanya semakin terkenal kampus dan jurusan yang dipilih maka akan semakin mahal pula uang pangkal yang ditetapkan.

Contohnya saja uang pangkal jalur mandiri Universitas Airlangga tahun 2021 Jurusan Kedokteran. Tercatat uang pangkalnya adalah 99 juta rupiah. Sedangkan untuk dana pengembangan di Universitas Padjadjaran jalur mandiri Jurusan Kedokteran tahun 2021 adalah Rp 250.000.000.

Namun tentunya tidak semua perguruan tinggi negeri akan menerapkan hal ini contohnya saja Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Gadjah Mada dan juga institut teknologi Bandung.

b. UKT atau BOP



Istilah Uang Kuliah Tunggal atau UKT biasanya adalah milik kampus negeri di Indonesia. Apabila kalian telah dinyatakan lolos maka kalian akan diminta membayar UKT atau biaya operasional pendidikan BOP. Untuk biaya ini tidak hanya dibayar satu kali seperti halnya uang pangkal namun kalian harus membayarnya persemester hingga akhirnya lulus kuliah.

UKT atau BOP ini tergantung dari universitas yang kalian tuju dan itu merupakan kebijakan masing-masing universitas. Bedanya adalah pada sistem penghitungan biaya. Jika UKT dihitung berdasarkan prinsip berkeadilan yang mempertimbangkan kemampuan setiap mahasiswanya, tidak demikian dengan uang pangkal. Jadi biaya kuliah per semester haruslah sesuai dengan kebijakan masing-masing universitas. Lain halnya dengan BOP yang menggunakan prinsip pembagian ranah ilmu setiap jurusan serta keperluan mahasiswa di jurusan tersebut.

Ranah ilmu ini terbagi menjadi ranah sosial, humaniora, rekayasa, sains dan kedokteran. Dari keempat tanah tersebut tentunya memiliki besaran kebutuhan yang berbeda.

Nah itu dia persiapan rincian biaya masuk perguruan tinggi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.


  • Home
  • Program-Program Yang Ada di Perguruan Tinggi

Program-Program Yang Ada di Perguruan Tinggi

 

Program-program yang ada di perguruan tinggi


Program-program yang ada di perguruan tinggi sangat beragam apakah kalian sudah mengetahui apa saja itu?


Sebagai calon mahasiswa kalian hendaknya mengetahui apa itu program-program yang ada ada-ada kampus yang akan kalian tuju. Biasanya program-program tersebut disebut sebagai prodi.

Apa itu prodi?

Prodi adalah singkatan dari program studi. Jadi menurut undang-undang republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 mengenai pendidikan tinggi maka program studi merupakan kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran dengan kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik pendidikan profesi atau pendidikan vokasi. Kalian juga akan mengenal program studi sebagai jurusan kuliah.

Program-program yang ada di perguruan tinggi

a. Program Studi di Fakultas Ekonomi

- Akuntansi

- Ilmu Ekonomi

-Manajemen

b. Program Studi di Fakultas Hukum

Ilmu Hukum

c. Program Studi di Fakultas Teknik



- Teknik Dirgantara

- Teknik Elektro

- Teknik Fisika

- Teknik Geodesi

- Teknik Geofisika

- Teknik Geomatika

- Teknik Industri

- Teknik Informatika

- Teknik Jalan Jembatan

- Teknik Kelautan

- Teknik Keselamatan Otomotif

- Teknik Kimia

- Teknik Konversi Energi

- Teknik Lingkungan

- Teknik Listrik

- Teknik Manajemen Industri

- Teknik Mesin

- Teknik Metalurgi dan Material

- Teknik Pendingin Dan Tata Udara

- Teknik Pengelolaan Bencana Alam

- Teknik Pertambangan

- Teknik Pertanian Dan Biosistem

- Teknik Sipil

- Teknik Telekomunikasi

d. Program Studi di Fakultas Ilmu Budaya

- Sastra Arab

- Sastra Batak

- Sastra Belanda

- Sastra Cina

- Sastra Indonesia

- Sastra Inggris

- Sastra Jawa

- Sastra Jepang

- Sastra Jerman

- Sastra Rusia

- Ilmu Sejarah

e. Program Studi di Fakultas Adab dan Humaniora

- Bahasa dan Sastra Arab

- Bahasa dan Sastra Inggris

- Ilmu Perpustakaan

- Sejarah dan Peradaban Islam

- Tarjamah

f. Program Studi di Fakultas Kedokteran

- Pendidikan Kedokteran

- Program Studi di Fakultas Seni Rupa dan Desain

g. Seni Rupa Murni



- Desain Komunikasi Visual

- Desain Grafis

- Desain Produk

- Desain Interior

- Kriya Seni

- Desain Fashion

h. Program Studi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

- Fisika

- Geofisika

- Geografi

- Kimia

- Matematika

i. Program Studi di Fakultas Ilmu Politik

Ilmu Politik

j. Program Studi di Fakultas Ilmu Keperawatan

Keperawatan

k. Program Studi di Fakultas Ilmu Pendidikan

- Pendidikan Agama Islam

- Pendidikan Akuntansi

- Pendidikan Bahasa Arab

- Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

- Pendidikan Bahasa Inggris

- Pendidikan Bahasa Jepang

- Pendidikan Bahasa Perancis

- Pendidikan Biologi

- Pendidikan Ekonomi

- Pendidikan Fisika

- Pendidikan Geografi

- Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

- Pendidikan Guru Raudlatul Athfal

- Pendidikan Guru Sekolah Dasar

- Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

- Pendidikan IPS

- Pendidikan Islam Anak Usia Dini

- Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi

- Pendidikan Kepelatihan Olahraga

- Pendidikan Kimia

- Pendidikan Luar Biasa

- Pendidikan Luar Sekolah

- Pendidikan Matematika

- Pendidikan Nonformal

- Pendidikan Olahraga

- Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

- Pendidikan Sejarah

- Pendidikan Seni Drama Tari Dan Musik

- Pendidikan Seni Rupa

- Pendidikan Teknik Bangunan

- Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer

Contoh Program Studi di Fakultas Islam

- Aqidah dan Filsafat Islam

- Ilmu Al-Quran dan Tafsir

- Ilmu Hadits

- Sosiologi Agama

- Studi Agama-Agama / Perbandingan Agama

- Tasawuf Psikoterapi

- Dirasat Islamiyah

Contoh Program Studi di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan

- Tata Boga

- Tata Busana

- Manajemen Perhotelan

- Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan

Banyak banget kan? Sebaiknya sebelum kalian memutuskan hendak memilih program studi, ada baiknya kalian mencoba berkonsultasi dengan guru BK maupun orang tua kalian.

Nah itu dia program-program yang ada di perguruan tinggi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

  • Home
  • Tips Menentukan Perguruan Tinggi Tujuan

Tips Menentukan Perguruan Tinggi Tujuan


Tips menentukan perguruan tinggi


 Tips menentukan perguruan tinggi tujuan tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Apabila saat ini kalian telah duduk di kelas 3 SMA maupun SMK mungkin sebagian besar dari kalian sedang gundah gulana. Kalian datang ke situs yang tepat untuk membantu bagaimana caranya agar mendapatkan perguruan tinggi idaman kalian.

Tips menentukan perguruan tinggi tujuan

1. Mencari apa passion kalian

Pertama kali sebelum memilih perguruan tinggi kalian harus mengetahui dulu apa minat dan bakat kalian. Jangan sampai ketika nanti telah masuk perguruan tinggi kalian baru merasa salah memilih jurusan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa berkonsultasi dengan guru BK di sekolah ataupun browsing di internet.

2. Menentukan perguruan tinggi negeri maupun swasta

Setelah tips pertama kalian lakukan maka kini saatnya menentukan perguruan tinggi yang akan dituju baik itu swasta maupun negeri. Ketika memilih perguruan tinggi negeri tentunya biasanya akan relatif lebih murah namun belum tentu jurusan yang kalian inginkan tersedia di sana. Jangan pula langsung mengesampingkan pilihan perguruan tinggi swasta karena pada dasarnya tidak selalu mahal apalagi ada banyaknya program beasiswa di sana.

3. Mencari tahu ranking perguruan tinggi tujuan



Sebenarnya hal ini bukan merupakan prioritas namun paling tidak kalian perlu mengetahui ada di urutan berapakah perguruan tinggi yang akan kalian pilih. Hal ini akan berguna ketika kalian sudah memasuki dunia kerja.

4. Mengecek adanya beasiswa

Bagi sebagian orang biasiswa bukanlah hal yang penting namun tentunya nya beasiswa apa saja yang tersedia di perguruan tinggi tujuan kalian agar nantinya dapat membantu anggaran perkuliahan.

5. Mengecek lokasi kampus

Dari pengecekan ini nantinya kalian bisa mempertimbangkan apakah akan mengeluarkan biaya tambahan untuk tempat tinggal atau justru tidak. Hal ini tidak akan berlaku apabila kalian memilih perguruan tinggi yang dekat dari rumah. Namun jika memang harus memilih di luar kota maka pastikan kembali anggaran biayanya.

6. Cari tahu mengenai info biaya kuliah dan juga biaya hidup di sekitar kampus

Perkuliahan ini bukan hanya melibatkan kalian saja namun juga keluarga dan orang-orang yang membantu sumber finansial kalian. Untuk itu ada baiknya kalian mendiskusikan biaya kuliah dan juga biaya hidup di sekitar kampus bersama keluarga.

7. Memilih akomodasi kampus dan juga fasilitas



Cek kembali apakah perguruan tinggi tersebut menunjang perkuliahan kalian dalam segi fasilitas. Setidaknya jika memang fasilitas yang tidak memadai tentu kalian harus menyiapkan berbagai hal untuk menunjang materi perkuliahan.

8. Jangan ikut-ikutan teman

Walaupun kalian telah bersahabat dari orok ada baiknya tidak selalu mengikuti keinginan teman apalagi jika itu tidak sesuai dengan minat bakat kalian. 

9. Konsultasi kembali dengan orang-orang terdekat

Sangat penting untuk berkonsultasi dengan orang tua teman hingga orang-orang yang lebih berpengalaman agar kalian dapat memiliki berbagai sisi baik itu sisi positif dan negatif.

10. Mencoba berpikir realistis

Terkadang  kalian memiliki semangat yang yang menggebu-gebu untuk masuk di sebuah kampus S katakanlah demikian. Namun kalian tidak bisa egois karena perlu memikirkan berbagai sudut pandang dan juga harus mempertimbangkannya matang-matang. Jadi pastikan agar kalian tidak hanya menuruti ego ya.


Nah itu dia tips menentukan perguruan tinggi tujuan. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



  • Home
  • Cara Memilih Jurusan Perguruan Tinggi

Cara Memilih Jurusan Perguruan Tinggi

 

Cara memilih jurusan


Bagi kalian yang bingung dalam mengetahui cara memilih jurusan sebaiknya kalian mulai memperhatikan hal-hal berikut ini dari sekarang.

Mengapa Sulit Menemukan Jurusan Yang Diinginkan?

Ada berbagai permasalahan yang membuat kalian sulit menemukan jurusan yang diinginkan. Salah satunya adalah karena banyaknya jumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Selain itu kalian biasanya tidak mendapatkan edukasi yang rinci mengenai apa saja yang harus dipelajari pada ada suatu jurusan tertentu dan sebagainya.

Terkadang Kalian juga masih sulit untuk mengenali Apa yang sebenarnya kalian inginkan. Untuk itu ada baiknya kalian memahami beberapa hal dibawah ini.

 1. Cara memilih jurusan adalah dengan memahami minat dan bakat

Ada berbagai macam daftar jurusan kuliah yang mungkin juga akan disodorkan oleh orang tua maupun diri kalian sendiri. Jika itu terjadi pada kalian maka sebaiknya kalian mencari alasan dibalik keputusan dalam memilih.

Hal ini tidaklah sama dengan memilih menu makanan atau merek ponsel yang kalian inginkan. Kalian tidak dapat mengganti apa yang sudah kalian pilih terutama ketika telah memasuki semester semester akhir. Jadi mulai sekarang cobalah untuk mencari tahu apa yang menjadi minat dan bakat kalian.

2. Lakukan penelitian mengenai jurusan-jurusan kuliah



Tidak ada salahnya kalian mulai mencari tahu mengenai apa yang akan dilakukan dan dipelajari pada jurusan jurusan di perkuliahan. Dari situlah kemungkinan besar kalian akan mendapatkan gambaran mengenai apa yang akan kalian lakukan dan pelajari selama masa studi.

3. Cobalah untuk berkonsultasi dengan orang-orang Yang berpengalaman di dunia kerja

Ini adalah cara yang paling mudah yang dapat kalian lakukan. Dengan berkonsultasi setidaknya kalian akan mendapatkan gambaran mengenai perkuliahan sekaligus kenyataan di dunia kerja.

4. Cek kembali keuntungan dan konsekuensi dari pilihan yang telah kalian ambil



Tentunya setiap jurusan memiliki kelebihan dan kekurangan. Contohnya ketika kalian memilih jurusan a yang memang sesuai dengan minat tapi ternyata jumlah lapangan pekerjaannya kurang prospektif. Jika itu terjadi sebaiknya kalian mulai memikirkan langkah apa yang harus dilakukan ketika nantinya telah memasuki dunia kerja.

Hal-hal seperti ini memang bukanlah hal yang mudah dan bisa diputuskan dalam sehari dua hari. Maka dari itu memang tidak ada salahnya ketika kalian harus berkonsentrasi terhadap ujian nasional namun sekali lagi jangan abaikan pemikiran mengenai perguruan tinggi yang akan ditempuh. Bahkan mungkin dengan konsultasi saja tidak akan cukup karena kalian masih harus menghadapi berbagai tes masuk perguruan tinggi.

Ada satu hal lagi yang terkadang lupa untuk diingat ketika memilih jurusan yaitu budget. Akan lebih baik memang jika kita mendapatkan keringanan terutama ketika memilih jurusan yang biaya studinya besar. Namun bagaimana jika keringanan itu belum nampak di sekitar kalian? Tentu saja hal ini kemudian harus dikomunikasikan kembali dengan keluarga. Jadi sebenarnya mempertimbangkan mengenai pemilihan Jurusan tidaklah mutlak keputusan kalian. Ada begitu banyak pertimbangan selain memasuki dunia kerja namun juga masalah biaya selama masa studi.

Nah itu dia cara memilih jurusan perguruan tinggi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



  • Home
  • Persiapan Untuk Masuk Perguruan Tinggi

Persiapan Untuk Masuk Perguruan Tinggi

 

Persiapan Untuk Masuk Perguruan Tinggi


Perguruan tinggi menjadi salah satu tujuan bagi mereka yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Saat ini Baik kampus negeri maupun swasta telah mulai memberikan informasi mengenai jalur masuk perkuliahan. Untuk kampus negeri maka pelaksanaan pembukaan dan lain-lainnya diselenggarakan oleh pemerintah demikian sebaliknya untuk kampus swasta.

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Seperti banyaknya informasi yang telah beredar bahwa penerimaan mahasiswa baru tidaklah semudah saat kalian mendaftar SMA. Ada berbagai prosedur yang harus kalian lewati mulai dari tahapan seleksi serta ujian. Bagi mereka yang telah lulus jalur tanpa tes maka persiapan mereka tidak harus lebih banyak atau sebanding dengan mereka yang tidak lulus. Jadi bersiaplah bagi kalian yang masih harus menempuh berbagai jenis tes sebelum dapat memasuki perkuliahan yang kalian inginkan.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk perguruan tinggi

1. Cobalah untuk tetap optimis

Bukan lantas ketika kalian tidak pernah mendapatkan peringkat di kelas artinya kalian tidak bisa memasuki perguruan tinggi yang kalian inginkan. Teruslah optimis karena kesempatan masih terbuka lebar.

2. Mulai memastikan bidang ilmu yang ingin ditekuni



Ada baiknya sebelum memilih kampus tentukan dulu bidang ilmu apa yang ingin kalian tekuni. Ada baiknya kalian memilih bukan karena ikut-ikutan. Mintalah pertimbangan dari keluarga maupun orang tua dan guru dan pikirkan kembali sebelum mengambil keputusan. Jangan hanya melihat hasil akhirnya namun pikirkan juga konsekuensi dan tahapan-tahapan yang harus kalian hadapi.

3. Memilih program studi

Setelah menentukan bidang ilmu kini kalian mulai memilih program studi yang ingin ditekuni. Jangan langsung menentukan nama kampusnya namun carilah dulu program studinya. Sebaiknya Kalian juga mempersiapkan beberapa program studi cadangan dengan tetap mendahulukan pertimbangan yang matang.

4. Mencari kampus

Barulah setelah itu kalian mencari kampus yang menawarkan program studi yang kalian inginkan. Jangan memilih dengan asal-asalan atau hanya berharap dengan adanya kuota cadangan. Cari tahu lebih banyak mengenai program studi jika kalian sudah mendapatkan kampus yang memilikinya.

5. Mulai membuat jadwal belajar

Untuk kalian yang tidak lulus tes seleksi berdasarkan Nilai raport maka artinya kalian harus menyiapkan usaha lebih untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi. Mulailah mengatur waktu belajar dan mengerjakan soal-soal.

6. Jaga kesehatan fisik dan mental



Kalian boleh berambisi dan bersemangat namun tetap tidak perlu memforsir diri sendiri. Kesehatan fisik dan mental adalah yang terpenting Agar kalian dapat menghadapi ujian dengan baik. Pertahankan konsentrasi tersebut dan jangan sampai apa yang sudah kalian siapkan menjadi sia-sia.

Kalian memang boleh-boleh saja untuk berfikir tidak terlalu panjang artinya kalian hanya fokus kepada ujian nasional. Padahal sebenarnya peluang kalian untuk lulus ujian nasional ini jauh lebih besar daripada lulus tes masuk kuliah. Kalian juga sebaiknya tidak terlalu lama untuk menentukan keputusan mengenai program studi yang akan kalian ambil dan yang terpenting ketika semua persiapan telah dipersiapkan dengan matang Kalian tidak perlu terlalu panik.

Carilah juga informasi-informasi mengenai teknis penyelenggaraan tes masuk.

Nah itu dia persiapan untuk masuk perguruan tinggi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.


  • Home
  • Tips Untuk Ayah dan Bunda Ketika Terima Raport Ananda

Tips Untuk Ayah dan Bunda Ketika Terima Raport Ananda

 
Tips Untuk Ayah dan Bunda


Tidak terasa ya Ayah Bunda, ternyata sudah waktunya ananda menerima raport semester pertama. Sebagai orangtua tentunya harapan kalian adalah ananda mampu memberikan hasil yang baik. Namun biar bagaimanapun hasil akan selalu ibarat dua mata uang yaitu sempurna dan kurang sempurna. Simak tips untuk Ayah dan Bunda berikut ini agar anak tetap semangat meraih prestasi.


Tips Untuk Ayah dan Bunda Ketika Nilai Ananda Sempurna

Tentu nilai sempurna menjadi harapan banyak orangtua. Ketika ananda berhasil meraihnya, maka ini adalah pencapaian yang luar biasa. Namun tentu saja hal ini perlu dipertahankan. 

Sangat baik untuk memuji tetapi upayakan agar tidak berlebihan. Lalu sikap apa yang perlu Ayah Bunda tunjukkan?

1. Berikan reward dan tentunya mengapresiasi pencapaian ananda.

Bisa dengan mengajaknya berlibur atau pergi ke tempat favorit ananda. Sampaikan pula apresiasi kalian kepada ananda. 

2. Ajarkan ananda untuk tetap rendah hati.

 Ini merupakan poin penting agar ananda tetap berkarakter baik dalam kehidupan sehari-hari. 

3. Tanyakan pengalaman belajar yang membuat nilai ananda bagus. 

Dari sini Ayah Bunda dapat memahami metode belajar ananda. Dengan demikian stimulasi yang diberikan untuk ananda pun menjadi semakin tepat.

4. Arahkan ananda untuk mencoba skill dan pelajaran lain untuk menambah wawasan dan kecerdasannya. 



Poin ini juga menjadi penting agar ananda selalu menjadi pribadi yang ingin tau dan ingin terus belajar. Dengan demikian ia akan tetap menjadi pribadi yang rendah hati.

Tips Untuk Ayah dan Bunda Ketika Nilai Ananda Jauh dari Sempurna



Setiap anak memiliki keunikan tersendiri. Bisa jadi mereka lemah di satu pelajaran dan menonjol di pelajaran yang lain. Lantas bagaimana sebaiknya Ayah Bunda bersikap?

1. Tunjukkan jika Ayah Bunda berempati.

Dalam hati ananda, tentu ia sebenarnya merasa kecewa, malu, dan takut. Dengan perasaan seperti itu, tunjukkan bahwa Ayah Bunda tetap berada di pihaknya. Jangan biarkan ananda merasa sendirian.

2. Tetap mengapresiasi usaha ananda.

Apapun hasilnya ananda pasti sudah berusaha memberikan yang terbaik. Tetap apresiasi usahanya. Misalnya mulanya berencana liburan saat nilai ananda baik, kini diubah menjadi berkunjung ke rumah sanak saudara dan sebagainya. Apapun itu usahakan ananda tetap menyukainya dan bersemangat kembali.

3. Ajarkan ananda untuk tetap bersemangat.

Terkesan sangat mudah namun sebenarnya ini sulit dilakukan. Apalagi ketika ananda harus bertemu teman-temannya yang memiliki nilai sempurna. Di sinilah peran Ayah Bunda sangat penting. Terus berikan motivasi pada ananda dan jadilah sahabat yang baik baginya. 

4. Fokus pada mata pelajaran yang sulit bagi ananda.

Ayah Bunda sebaiknya mencari tau kira-kira mata pelajaran apa yang susah bagi ananda. Tanyakan kesulitannya. Misalnya ananda menjawab pengajaran guru kurang jelas, maka tawarkan ananda mengikuti bimbingan belajar.

5. Jangan membandingkan

"Temanmu si A saja bisa, kenapa kamu ga bisa?" 

Kalimat ini terkesan sangat menyakitkan. Tidak ada orang yang suka dibanding-bandingkan. Aku bukan dia dan dia bukan aku. Apalagi orangtua juga menyumbangkan genetik mereka bukan? Nah daripada membandingkan dan menyalahkan sebaiknya mencari solusi bersama.

6. Dampingi belajar

Orangtua juga berperan penting dalam kecerdasan anak. Sebaiknya Ayah Bunda meluangkan waktu mendampingi ananda belajar. Jika ingin hasil yang sempurna, jangan serta merta melimpahkan semua pada ananda ya. 

7. Dengarkan keluh kesah ananda

Bisa jadi nilai ananda kurang baik karena ia memendam masalah. Coba cari tau perasaan ananda dan dengarkan keluh kesahnya.

Nah itu dia Tips Untuk Ayah dan Bunda Ketika Terima Raport Ananda. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.





LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]