• Home
  • Tips Menentukan Perguruan Tinggi Tujuan

Tips Menentukan Perguruan Tinggi Tujuan


Tips menentukan perguruan tinggi


 Tips menentukan perguruan tinggi tujuan tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Apabila saat ini kalian telah duduk di kelas 3 SMA maupun SMK mungkin sebagian besar dari kalian sedang gundah gulana. Kalian datang ke situs yang tepat untuk membantu bagaimana caranya agar mendapatkan perguruan tinggi idaman kalian.

Tips menentukan perguruan tinggi tujuan

1. Mencari apa passion kalian

Pertama kali sebelum memilih perguruan tinggi kalian harus mengetahui dulu apa minat dan bakat kalian. Jangan sampai ketika nanti telah masuk perguruan tinggi kalian baru merasa salah memilih jurusan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa berkonsultasi dengan guru BK di sekolah ataupun browsing di internet.

2. Menentukan perguruan tinggi negeri maupun swasta

Setelah tips pertama kalian lakukan maka kini saatnya menentukan perguruan tinggi yang akan dituju baik itu swasta maupun negeri. Ketika memilih perguruan tinggi negeri tentunya biasanya akan relatif lebih murah namun belum tentu jurusan yang kalian inginkan tersedia di sana. Jangan pula langsung mengesampingkan pilihan perguruan tinggi swasta karena pada dasarnya tidak selalu mahal apalagi ada banyaknya program beasiswa di sana.

3. Mencari tahu ranking perguruan tinggi tujuan



Sebenarnya hal ini bukan merupakan prioritas namun paling tidak kalian perlu mengetahui ada di urutan berapakah perguruan tinggi yang akan kalian pilih. Hal ini akan berguna ketika kalian sudah memasuki dunia kerja.

4. Mengecek adanya beasiswa

Bagi sebagian orang biasiswa bukanlah hal yang penting namun tentunya nya beasiswa apa saja yang tersedia di perguruan tinggi tujuan kalian agar nantinya dapat membantu anggaran perkuliahan.

5. Mengecek lokasi kampus

Dari pengecekan ini nantinya kalian bisa mempertimbangkan apakah akan mengeluarkan biaya tambahan untuk tempat tinggal atau justru tidak. Hal ini tidak akan berlaku apabila kalian memilih perguruan tinggi yang dekat dari rumah. Namun jika memang harus memilih di luar kota maka pastikan kembali anggaran biayanya.

6. Cari tahu mengenai info biaya kuliah dan juga biaya hidup di sekitar kampus

Perkuliahan ini bukan hanya melibatkan kalian saja namun juga keluarga dan orang-orang yang membantu sumber finansial kalian. Untuk itu ada baiknya kalian mendiskusikan biaya kuliah dan juga biaya hidup di sekitar kampus bersama keluarga.

7. Memilih akomodasi kampus dan juga fasilitas

Cek kembali apakah perguruan tinggi tersebut menunjang perkuliahan kalian dalam segi fasilitas. Setidaknya jika memang fasilitas yang tidak memadai tentu kalian harus menyiapkan berbagai hal untuk menunjang materi perkuliahan.

8. Jangan ikut-ikutan teman

Walaupun kalian telah bersahabat dari orok ada baiknya tidak selalu mengikuti keinginan teman apalagi jika itu tidak sesuai dengan minat bakat kalian. 

9. Konsultasi kembali dengan orang-orang terdekat

Sangat penting untuk berkonsultasi dengan orang tua teman hingga orang-orang yang lebih berpengalaman agar kalian dapat memiliki berbagai sisi baik itu sisi positif dan negatif.

10. Mencoba berpikir realistis

Terkadang  kalian memiliki semangat yang yang menggebu-gebu untuk masuk di sebuah kampus S katakanlah demikian. Namun kalian tidak bisa egois karena perlu memikirkan berbagai sudut pandang dan juga harus mempertimbangkannya matang-matang. Jadi pastikan agar kalian tidak hanya menuruti ego ya.


Nah itu dia tips menentukan perguruan tinggi tujuan. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]