• Home
  • Akuntansi Sebagai Sistem Informasi | Ekonomi Kelas 12

Akuntansi Sebagai Sistem Informasi | Ekonomi Kelas 12

 

Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Hai sahabat Latis, apa kabar nih? Setelah lulus kalian ada rencana apa kira-kira selain kuliah? Adakah yang mau membuka usaha? Kalo iya maka cukup wajib buat kalian belajar akuntansi. Jadi akuntansi sebagai sistem informasi akan sangat membantu kalian untuk mengatur keuangan bisnis tentunya.

Akuntansi Sebagai Sistem Informasi: Apa Sih Akuntansi Itu?

Jadi, akuntansi merupakan kegiatan jasa yang berfungsi untuk menyediakan data kuantitatif. Data itu terutama yang sifatnya keuangan dari organisasi ekonomi lho ya. Dari data itulah kalian dapat mengambil keputusan mengenai apa yang perlu dilakukan pada bisnis kalian.


Apa kaitannya dengan sistem informasi? Di sini akuntansi berperan sebagai proses identifikasi, pengukur, dan pelapor informasi keuangan. Kalian dapat menggunakannya pada profit maupun non profit business

Nah lalu siapa saja nih pengguna akuntansi? Apa hanya si bos besar saja?

Pengguna Akuntansi Sebagai Sistem Informasi 

Ada beberapa lapisan yang dapat menggunakan akuntansi sebagai sistem informasi. Diantaranya adalah:

A. Manajemen

Kenapa mereka membutuhkan akuntansi? Mengevaluasi berbagai kebijakan yang sudah diambil adalah salah satu tugas mereka. Oleh sebab itu akuntansi sebagai salah satu bahan dasar untuk rencana ke depannya.

B. Pemerintah

Sahabat Latis, jadi pemerintah itu ribet banget lho apalagi kalau tidak dibantu oleh sistem. Mereka mengatur aktivitas perusahaan, kebijakan pajak, menyusun statistik pendapatan nasional. Jadi sudah pasti akuntansi sangat penting bagi mereka.

C. Masyarakat

Sebagai masyarakat menurut kalian bagaimana? Kalian perlu tidak melihat perkembangan perusahaan-perusahaan yang bergerak di pasar nasional? Tentunya kita tidak boleh abai ya supaya sigap terhadap kondisi investasi dan aset kita dong.

D. Pemasok

Biasanya mereka akan memberi barang kepada penjual retail maupun eceran dalam sistem hutangan. Jadi di sini akuntansi sangat penting agar mereka dapat mengetahui utang piutang mereka.

E. Investor

Nah ini nih yang paling butuh akuntansi soalnya mereka perlu hati-hati ya nggak sih untuk mengalokasikan uang mereka? Siapa sih yang mau investasi tapi ga ada untung? Dari laporan pengusaha itulah investor dapat mengambil keputusan yang tepat.

Gimana sih caranya supaya akuntansi sebagai sistem informasi bisa memenuhi tugasnya? Tentunya harus dijaga dong kualitasnya. Nah mari kita pelajari dulu kualitas akuntansi ya sahabat Latis.

Akuntansi Sebagai Sistem Informasi: Kualitas Informasi

Akuntansi Sebagai Sistem Informasi
Sumber: Freepik

A. Kualitas Pemakai

Maksud dari istilah ini adalah bagaimana akuntansi itu memenuhi batasan-batasan yang dapat dipahami oleh si pemakai. Jadi jangan sampai tidak bisa digunakan dong ya.

B. Kualitas Utama

Dalam kategori ini terbagi menjadi dua yaitu relevan dan dapat dipercaya. Maksudnya gimana sih? 

Sebagai sistem informasi tentunya akuntansi harus menghadirkan data yang jujur dan up to date. Tidak hanya itu, ia juga harus relevan dan memiliki nilai umpan balik serta nilai prediksi. Lalu kenapa ia harus dapat dipercaya artinya akuntansi ini sebaiknya memang netral dan tidak bergantung pada salah satu kepentingan.

C. Kualitas Sekunder

Jadi selain dua kualitas itu, akuntansi juga wajib memenuhi kualitas sekunder. Maksudnya memiliki daya banding, konsistensi, dan juga cukup berarti. 

Duh kok ruwet banget sih? Sebenarnya pada prinsipnya ini tidak ruwet ya. Jadi kalian hanya perlu konsisten dengan metode akuntansi yang digunakan kemudian juga dapat dibandingkan dengan perusahaan lain dalam kurun waktu yang sama. 

Kalo kayak gini ruwetnya aku males deh jadi akuntan. Eits jangan gitu dulu dong sahabat Latis. Tenang saja karena sebenarnya ini tidak ruwet dan peluang kerjanya juga banyak lho.

Profesi Akuntan


1. Akuntan Intern

Merupakan akuntan yang bekerja pada suatu perusahaan dengan status karyawan yang menjalankan fungsi akuntansi pada perusahaan tempatnya bekerja. Ruang lingkup pekerjaannya antara lain audit intern, mendesain sistem akuntansi perusahaan, menyusun laporan keuangan, menyusun anggaran perusahaan, mengurus perpajakan, dan lainnya.

2. Akuntan Publik

Mereka adalah akuntan yang bekerja secara independen.  Tugasnya menjalankan fungsi audit terhadap kewajaran laporan keuangan. Mereka juga menjalankan proses akuntansi perusahaan klien berdasarkan SAP dan SPAP. Hasil dari audit laporan keuangan perusahaan ini nantinya berupa pernyataan yang dituang dalam laporan keuangan auditan.

3. Akuntan Pemerintah

Banyak yang tertarik dengan profesi ini lho. Mereka adalah yang bekerja di departemen tertentu sebagai pegawai pemerintah untuk menjalankan fungsi akuntansi demi kepentingan pengawasan dan pemeriksaan keuangan negara seperti BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). Gajinya sungguh terjamin lho. 

4. Akuntan Pendidik

Nah profesi ini adalah akuntan yang tugasnya mengajarkan dan mengembangkan disiplin akuntansi pada masyarakat melalui jalur pendidikan. Akuntan pendidik biasanya berprofesi seperti dosen atau guru.

Bagaimana sih sebenarnya sistem kerjanya? Jadi untuk dapat dikatakan akuntansi sebagai sistem informasi adalah ketika terdapat tiga aspek yaitu:

A. Input (masukan) informasi ekonomi berupa aktivitas transaksi yang terjadi pada perusahaan.

Input dengan rangkaian informasi itu kemudian dikelola melalui serangkaian proses. Mulai dari pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan untuk menghasilkan output yakni informasi laporan keuangan.

B. Output merupakan informasi laporan keuangan yang akan menjadi acuan bagi para pimpinan perusahaan untuk pengambilan keputusan. Pimpinan perusahaan membutuhkan laporan akuntansi untuk melakukan pengambilan keputusan bisnis.

Sampai sini sudah ada pencerahan belum? Sebenarnya apa sih fungsinya bikin sistem?

Fungsi Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Perusahaan sangat perlu membuat sistem dengan harapan semua catatan keuangan dapat digunakan untuk kepentingan internal dan eksternal. 

Fungsi pertama adalah sebagai media atau wadah untuk mengumpulkan dan menyimpan berbagai informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. Tetap saja ini berkaitan dengan input dan output.

Kedua, sistem ini adalah media yang menyediakan laporan keuangan untuk mempertimbangkan keputusan. 

Ketiga, akuntansi dengan sistem dapat mengendalikan konflik internal perusahaan. 

Sepenting itu ya ternyata? Adanya sistem juga membuat segalanya jadi lebih detail dan rinci. Bayangkan deh, kalian kehilangan seratus rupiah aja kadang ribut apalagi kalo berjuta-juta? 

Sebenarnya manfaat dari akuntansi sebagai sistem informasi sangatlah banyak. Akan tetapi tetap saja tidak semua perusahaan bisa segera menerapkannya. 

Ada tiga kendala mendasar yang menyebabkan perusahaan belum bisa menerapkan sistem ini antara lain karena SDM yang belum memadai, perangkat lunak yang juga belum mencukupi, dan tentunya data keuangan yang belum lengkap. Namanya saja menggunakan sistem maka sudah tentu komponen data harus komplit agar dapat diolah oleh sistem hingga menghasilkan data yang akurat. Data sudah siap tapi perangkat tidak ada juga sama saja bohong kan? Pokoknya kalau tidak ada ketiganya tetap saja sulit deh.

Contoh Akuntansi Sebagai Sistem Informasi 

Akuntansi Sebagai Sistem Informasi
Sumber Freepik 

Daritadi kita sudah muter kesana kemari membahas sistem informasi dengan basis akuntansi. Sekarang sudah saatnya sahabat Latis mengetahui apa saja sebenarnya sistem itu. 

A. Accurate Accounting

Duh kak ngapain sih tau beginian? Ya kali aja kalian  mau sekolah sambil bisnis atau ambil kuliah jurusan bisnis agar paling tidak pernah denger deh mengenai ini. Jadi sistem ini memiliki kelebihan dalam memodifikasi laporan dan format form sesuai kebutuhan. Sistem ini juga dilengkapi fitur untuk mendukung data pajak terkait dengan kebijakannya di Indonesia.

Sebenarnya penggunaan sistem ini lebih efisien dan irit biaya. Hal itu karena perusahaan akan lebih praktis dalam kalkulasi pajak dan tidak perlu merepotkan orang pajak.

B. MYOB Accounting 

Merupakan singkatan dari Mind Your Own Business, sistem ini merupakan yang paling populer di kalangan UMKM. Mengapa begitu? Karena tampilannya sangat ramah dan mudah untuk digunakan. Tidak hanya itu, hasil data yang muncul pun lumayan mudah dipahami. Gimana? Masih ragu jadi pengusaha?

C. KRISHAND

Jika nantinya kalian malas membuat laporan pajak, maka ini solusi terbaik. Gunakan saja aplikasi ini dan sat set semua urusan dan laporan untuk pajak langsung kelar. Bisa aja kalian ditanyain sama pengusaha lain karena dikira mahir banget padahal dibantuin sistem. Hehe.

Setelah mendapat pencerahan dari beberapa penjelasan di atas kira-kira gimana nih Sahabat Latis? pembahasan materi pembelajaran Akuntansi Sebagai Sistem Informasi sulit ga sih? Biar makin paham materinya yuk ikutan les di latisprivat.com dijamin nilai kamu bakal meningkat drastis. 
 

Les privat

Refrensi:

1. Quantum.com
2. literasicilik.com
3.https://www.sekawanmedia.co.id/blog/sistem-informasi-akuntansi/

Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]