• Home
  • Caption Text and Visual Information |Bahasa Inggris Kelas 12

Caption Text and Visual Information |Bahasa Inggris Kelas 12

 

Caption text and visual information


Caption text and visual information sebenarnya sudah sering kalian lihat di sosmed. Siapa sih yang tidak punya sosmed jaman sekarang? Tapi apakah benar sesimpel itu Sahabat Latis?

What Caption Text Is

Posting, posting, dan posting. Isi sosmed selalu penuh dengan foto-foto beserta kata-kata yang berseliweran. Entah isinya kebahagiaan, kesedihan, hingga ajang saling sindir bertebaran setiap kita membuka sosmed. Coba kalian hitung berapa pengguna sosmed yang hanya memosting gambar tanpa adanya tulisan pendukung? Walaupun hanya satu kata "Semangat", umumnya pengguna sosmed selalu gatal untuk tidak mengetik. Ngaku deh, kalian juga gitu kan?   

Caption Text and Visual Information tidak jauh beda dengan keterangan yang kerap kita berikan pada gambar yang diposting. Berapa kali kalian posting di sosmed dalam sehari? Apakah semua informasi yang ingin disampaikan telah cukup tertuang lewat gambar atau harus melalui kata-kata?

Lalu apakah semua yang ada di caption termasuk the real caption menurut si empunya sosmed? Ternyata tidak sesimpel itu Fergusso!

Caption Text

Caption text is a short piece of text that follows an image, a graph, or other visual media and gives additional description and explanation.

Artinya adalah...... Coba sahabat Latis cek sendiri di kamus. Hehe. Kurang lebih artinya begini ya, teks singkat yang biasanya menyertai gambar, grafik, tabel, atau visual media dan memberikan deskripsi atau informasi tambahan.

Nah, umumnya, caption text ini ditemukan di dalam artikel, baik artikel di internet, koran, ataupun jurnal.

Lalu apakah captioon text hanya khusus menjelaskan soal gambar? Sebenarnya tidak sesempit itu ya sahabat Latis. Jadi kalian juga boleh menuliskan kalimat motivasi di sini. Kalau kalian sering cek di sosmed, pasti kalian sudah kerap melihat kata-kata motivasi di situ.


Fungsi Caption Text

Berikut ini adalah fungsi dari caption teks: 

A. Provide Information to Explain The Picture

Yang pertama fungsinya dalam Bahasa Inggris adalah untuk memberikan informasi tambahan serta melengkapi sebuah foto. Jadi, kita tidak boleh asal masukin caption ke dalam artikel dan membuat pembaca kita jadi gak ngerti.

B. Establish Credibility

Apa sih maksudnya? Jadi untuk menambah kredibilitas dari suatu gambar, maka caption menjadi penting. Jadi kita dapat mengetahui originalitas dari si pemilik gambar juga.

C. Serve Better Engagement

Fungsi lainnya juga untuk membuat orang-orang tertarik melihat foto tersebut serta memahaminya. Bosen ga sih kalian kalau cuma lihat gambar tanpa ada tulisan apa-apa? Males juga kan kalo tadinya ingin terhibur justru malah jadi berpikir dan menerka maksud gambar itu?


Oke sahabat Latis, setelah melanglang buana dengan apa saja tujuan dari Caption text, maka marilah kita belajar membuatnya. Pastikan kalian memahami konsep 5W sama halnya ketika kalian menulis kalimat berita dalam Bahasa Indonesia. 


5W (Who, What, Where, When, Why) dan Credit.

Nanti kita akan langsung bahas ke contohnya ya.. tapi sebelumnya kita bahas dulu visual information.

Sesuai namanya visual artinya sesuatu yang dipandang dan information artinya adalah informasi. Jadi kurang lebih maksudnya informasi itu tertuang lewat gambar saja. 

How to make Visual Information?


1. Avoid stating the obvious

Sebagai contoh, di dalam sebuah foto memperlihatkan seseorang yang sedang duduk. Nah, jika begitu, tanpa harus diberi keterangan pembaca pun sudah memahami jika orang tersebut sedang duduk. Ya iyalah masak orang itu lagi tidur? Tapi ya bisa juga sih tidur sambil duduk, ehehe.


2. Identify people and places

Perlu diingat untuk selalu identifikasi orang-orang atau nama tempat yang ada di dalam sebuah foto. Misalnya, menjelaskan siapa orang yang ada di foto tersebut dan cantumkan juga nama tempatnya.


3. Get everything right, including the spellings

Pastikan semua informasi yang ada di dalam caption tepat, ya, termasuk juga dengan ejaannya. Ini dilakukan supaya kredibilitas kita terjaga. Selain itu, usahakan juga untuk tidak menggunakan kata-kata yang rumit atau sulit dimengerti.

Boleh tidak sih kita menulis rangkaian puisi atau kalimat manis di tengah gambar? Tentu saja boleh. Jadi captioon bebas untuk ditulis di atas, tengah, akhir, dan samping gambar. Tidak ada aturan yang sangat mengikat untuk penulisannya. Jadi kalian tidak perlu terlalu khawatir ya!


Contoh:


Caption text and information text

Sumber: Freepik

Sahabat Latis, jika kalian menemukan gambar seperti di atas, kira-kira nih caption apa yang paling cocok?

1. There is picture of kitchen. It is a traditional kitchen with wooden stuffs.

Apa kalian punya ide lain selain pilihan di atas?

2. A neat kitchen with traditional touch.

Opsi kedua ini juga bisa kalian gunakan ya Sahabat Latis. Atau jika mau berkreasi yang lainnya juga boleh lho. 

3. My favorite place too heal

Wah kalau opsi yang ini justru lebih berat ya kayaknya. Tidak masalah dan jangan terlalu serius ya sahabat Latis. Kalian boleh kok menuliskan kalimat simpel seperti opsi ketiga itu. 

Nah mari kita ke contoh selanjutnya. Perhatikan gambar ini ya.

Caption text and visual information

Sumber: Freepik

Dari gambar itu kira-kira informasi apa yang dapat kalian bagikan dalam caption text? 

1. A happy man after winning a soccer game.

Ini adalah opsi pertama yang dapat kalian gunakan. Pria di gambar tesebut memang nampak sangat girang. Bisa jadi karena timnya berhasil menang. Tapi bisa juga yang lainnya seperti pada opsi kedua ini:

2. A man looks happy after made a goal

Bisa juga pria itu nampak senang karena berhasil mencetak gol. 

Ini benar-benar kesempatan untuk kalian mengekspresikan diri melalui kata-kata. Bahkan dari gambar itu juga bisa melukiskan motivasi seperti "A champion is never hopeless". 

Caption itu justru terdengar lebih Waw bukan?


Jangan takut salah menggunakan grammar karena dalam informasi, kalian tidak harus memberi informasi dalam satu waktu. Jadi boleh-boleh saja menggunakan kalimat lampau ya. Pokoknya sahabat Latis harus pede. Ya iyalah apalagi kalian sudah kelas 12, hehe. 

Kalau caption text biasanya memang lebih simpel daripada visual information. Mengapa demikian? 

Jika kita gunakan perumpamaan, caption lebih mirip slogan. Ia tidak memerlukan embel-embel panjang kali lebar, berbeda halnya dengan visual information yang cenderung lebih detail. 

Nah, jika kita ingin mencoba membuat visual information dari gambar kedua tadi, maka hasilnya kurang lebih seperti ini:

- A soccer match held this afternoon. Frederick got a chance to make a goal. He brought his team into semi-final. Frederick made a goal in 9'. He becomes a top scorer in group A now.

Ini hanya kurang lebih lho ya. Kalian bisa menggali lebih banyak contoh lagi sebagai referensi. Yuk semangat yuk sahabat Latis!

Caption Text and Visual Information in Formal

Lain lagi jika kita berbicara soal informasi formal. Tentu saja ketika konteks caption itu bersifat formal, maka kalian harus berupaya membuatnya lebih simpel namun tetap terstruktur.  

Contohnya saja penggunaan present tense dan past tense. Pastikan ketika informasi yang disiarkan itu jelas waktu dan tempatnya. Seumpama telah berlalu, maka wajib hukumnya menggunakan past tense. Berikan secara rinci namun padat dan jelas informasi kepada pembaca. Akan lebih baik lagi jika menggunakan present tense karena artinya caption kita bersifat up to date.

Sebenarnya emang lebih baik kita langsung praktik deh karena practice makes better. Yuhu kalimat itu juga bagus lhoo untuk kalian buat sebagai caption. Tapi harus tidak sih kita menggunakan gambar? Hm... kalau itu mimin sih mikirnya kudu ya. Soalnya kalau isinya cuma kata-kat ya jadinya sebutannya bukan caption, ya ga sih?



Setelah mendapat pencerahan dari beberapa penjelasan di atas kira-kira gimana nih Sahabat Latis? pembahasan materi pembelajaran caption text and visual information sulit ga sih? Biar makin paham materinya yuk ikutan les di latisprivat.com dijamin nilai kamu bakal meningkat drastis. 

les privat











Referensi:
1. https://www.zenius.net/blog/caption-text-struktur-fungsi-contoh.

2. penuliscilik.com

3.https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/02/215520869/pengertian-caption-dalam-bahasa-inggris-dan-contohnya


Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]