• Home
  • Penyusunan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang | Ekonomi Kelas 12

Penyusunan Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang | Ekonomi Kelas 12

 

Penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Perusahaan jasa sudah selesai kita bahas ya sahabat Latis. Kali ini kita bergeser ke perusahaan dagang. Kira-kira seperti apa sih penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang? Apakah sebanyak perusahaan jasa poin-poinnya atau justru lebih sedikit ya?

Penyusunan Siklus Akuntansi Dagang: Penerapan 

Pusing.. pusing.. ku memikirnya ~ 

Lho kok malah nyanyi sih? Yah mau gimana lagi dong ya? Soalnya segala yang berhubungan dengan akuntansi bikin puyeng. Tapi kalo kita langsung menghadapi kasusnya sepertinya akan lebih mudah deh. 

Pada umumnya siklus akuntansi perusahaan dagang selalu dimulai dari transaksi sampai pada pembuatan laporan keuangan perusahaan yang dilanjutkan dengan adanya saldo yang ditutup dengan jurnal penutup sampai pada jurnal pembalik. Tapi ya gitu deh semua tetep harus melalui tahapan dan prosedur ya kan? Sampai akhirnya kita bisa menemukan saldo.

A. Catat di Jurnal Umum 

Apa sih yang kudu dicatet? Kisah fangirling? Tagihan utang? Eits, ga gitu ya sahabat Latis. Namanya akuntansi ya tentu saja harus mencatat transaksi dong.

Nah di jurnal umum ini kita dapat mengetahui peristiwa - peristiwa berubah menjadi persamaan akuntansi. Bagi perusahaan yang mempunyai transaksi sedikit, mungkin bisa saja hanya menggunakan jurnal umum untuk mencatat transaksinya.

Namun, bagaimana jika transaksinya sangat banyak? Disinilah kalian memerlukan bantuan jurnal khusus. Apa saja sih cakupannya? Diantaranya jurnal penerimaan kas, pengeluaran kas, pembelian, dan penjualan.

B. Catat di Buku Besar Pembantu 

Khusus di buku ini kalian khusus mencatat peristiwa khusus debit dan kredit. Tujuan penjurnalan adalah untuk mencatat perubahan dalam persamaan akuntansi yang disebabkan oleh peristiwa bisnis. Jadi bagian keuangan akan lebih mudah membuat anggaran untuk kepentingan perusahaan tentunya.

C. Mulai Membuat Neraca Saldo Belum Diseimbangkan 

Wah apa lagi nih? Biasanya disuruh seimbang ini malah disuruh ga seimbang dulu. Jadi ini adalah daftar semua akun bisnis yang akan muncul di laporan keuangan sebelum entri jurnal penyesuaian akhir tahun dibuat.

Semua akun dengan saldo debit terdaftar di kolom kiri dan semua akun dengan saldo kredit terdaftar di kolom kanan. Kemudian kalian wajib dan harus mengentri secara disiplin per periode. 

D. Membuat Jurnal Penyesuaian 

Dih ini apa lagi sih? Ini merupakan entri jurnal yang dibuat pada akhir periode untuk mengoreksi akun sebelum laporan keuangan disusun. Di tahap ini kalian harus mencocokkan pemasukan dan pengeluaran yang muncul. 

Ada tiga jenis entri jurnal penyesuaian sebagai berikut:

- Pembayaran di muka
- Akrual
- Pengeluaran non tunai
Masing-masing dari entri diatas menyesuaikan pendapatan atau pengeluaran agar sesuai dengan penggunaan periode saat ini.

Pada tahap ini kalian akan menyadari jika aktivitas akuntansi akan berjalan atau dapat berjalan terpisah.

 E. Neraca Saldo Telah Disesuaikan 

Penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Sumber Freepik 

Adalah daftar semua akun perusahaan yang akan muncul pada laporan keuangan setelah jurnal penyesuaian akhir tahun dibuat. Cara pengerjaannya dapat dengan dua cara yakni:

- Memposting akun ke saldo setelah penyesuaian menggunakan metode yang sama yang digunakan dalam membuat saldo percobaan yang tidak disesuaikan.

Saldo akun diambil dari akun buku besar dan ada pada neraca saldo yang belum disesuaikan.

- Mengambil saldo percobaan yang tidak disesuaikan dan cukup menambahkan penyesuaian ke akun yang telah diubah.

Dalam banyak hal ini lebih cepat untuk perusahaan kecil karena sangat sedikit akun yang perlu diubah.

Inget ya kawan, saldo 0 tidak perlu ditulis lho.

F. Membuat Laporan Keuangan

Seperti laporan keuangan pada umumnya, isinya laporan arus kas, laba rugi, dan laba ditahan. Konsep pelaporan keuangan dan proses siklus akuntansi difokuskan pada penyediaan informasi yang berguna bagi pengguna eksternal dalam bentuk laporan keuangan.

G. Lembar Kerja Akuntansi

Adalah alat yang digunakan untuk membantu akuntan menyelesaikan siklus akuntansi dan menyiapkan laporan akhir tahun. Lembar kerja yang melacak setiap langkah dari siklus akuntansi perusahaan dagang.

Dokumen ini biasanya memiliki lima set kolom yang dimulai dengan akun saldo percobaan yang belum disesuaikan dan diakhiri dengan laporan keuangan. Intinya, ini adalah alat bantu untuk kalian menyelesaikan laporan akuntansi.

H. Jurnal Penutup

Penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
Sumber Freepik 

Entri yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk menghapus semua akun sementara dan mentransfer saldo mereka ke akun permanen. 

I. Ringkasan Penghasilan

Akun sementara yang digunakan untuk menyimpan saldo akun laporan laba rugi, akun pendapatan dan pengeluaran, selama langkah entri penutupan dari siklus akuntansi.

Sebenarnya ini hanyalah pengganti untuk saldo akun pada akhir periode akuntansi saat entri penutupan sedang dibuat.

J. Neraca Saldo Setelah Tutup Buku

Adalah daftar akun atau akun permanen yang masih memiliki saldo setelah entri penutupan dibuat. 

Untuk memudahkan perusahaan dagang dalam membuat laporan keuangan, kini, software akuntansi tersedia untuk para perusahaan dagang di Indonesia. Tapi tetap saja kalian perlu mengetahui dasar-dasarnya seperti ini.

K. Membuat Jurnal Pembalik

Adalah entri jurnal yang dibuat pada awal periode akuntansi untuk membalik atau membatalkan jurnal jurnal penyesuaian yang dibuat pada akhir periode akuntansi sebelumnya.

Jurnal pembalik dilakukan karena akrual tahun sebelumnya dan pembayaran di muka akan dilunasi atau digunakan selama tahun baru dan tidak lagi perlu dicatat sebagai kewajiban dan aset.

Jurnal ini bersifat opsional tergantung pada apakah ada atau tidak menyesuaikan entri jurnal yang perlu dibalik.

Jadi setelah kita total semua ada sebelas tahapan ya sahabat Latis. Apa kalian masih semangat bermain angka-angka? Ada beberapa bersifat opsional sehingga kalian tidak perlu merasa terlalu repot dengan banyaknya tahapan.

Setelah mendapat pencerahan dari beberapa penjelasan di atas kira-kira gimana nih Sahabat Latis? pembahasan materi pembelajaran Akuntansi Sebagai Sistem Informasi sulit ga sih? Biar makin paham materinya yuk ikutan les di latisprivat.com dijamin nilai kamu bakal meningkat drastis. 

 Referensi:

Jurnal.id

Baca juga: Sistem Seleksi CPNS Nasional 

Penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang


Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]