Sumber Daya Alam Indonesia | Geografi Kelas XI

 

Sumber Daya Alam Indonesia

Hai Sahabat Latis bagaimana kabar hari ini? Sudah semangat untuk melanjutkan pelajaran hari ini? Jadi, di hari yang cerah ini kita akan belajar soal Sumber Daya Alam Indonesia. Ada apa saja ya di negara kita?


Sumber Daya Alam Indonesia


Sumber daya alam Indonesia

Sumber Freepik 


Jadi kalian harus memahami terlebih dahulu makna dari Sumber Daya Alam (SDA). Apapun yang berasal dari alam dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia untuk kelangsungan hidupnya bisa dikatakan sebagai SDA. Jenisnya ada dua golongan besar yakni bisa diperbaharui dan tidak. Sebelum mengenal lebih jauh mari kita bagi-bagi lagi menurut sifat dan asalnya. Sehingga kita tidak hanya berpaku pada keperbaharuan SDA itu sendiri.



1. Berdasarkan Sifatnya


Tadi kita sudah membahas mengenai SDA diperbaharui dan tidak. Ternyata pembagian itu berdasarkan sifatnya. Kalau dia bisa diperbaharui artinya ia adalah kekayaan alam yang dapat didaur ulang dan ketersediaannya di alam tidak terbatas.


Contoh SDA yang bisa terbarukan antara lain udara, air, tanah, tumbuhan, dan hewan.


Berkebalikan dengan SDA yang bisa diperbarui, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya yang tidak bisa didaur ulang lagi. Jadi lambat laun ia akan habis jika terus-terusan diambil.


Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu minyak bumi, gas alam, emas, tembaga, timah, batubara, dan besi.


2. Berdasarkan Asalnya


Kita juga bisa membagi SDA dari asalnya. Jadi jika kita tinjau berdasarkan asalnya, sumber daya alam terbagi menjadi dua jenis. Mereka adalah sumber daya alam hayati dan non hayati.


- Sumber daya alam hayati

Merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Bisa dari manusia, hewan, dan tumbuhan.


Contoh: sapi, domba, ayam, kambing, tumbuh-tumbuhan seperti kagkung, jagung, padi, ubi, berbagai jenis ikan, dan lain-lain. Intinya tentu mereka harus memberi manfaat bagi keberlangsungan hidup manusia. Ikan bisa untuk dimakan, tumbuhan bisa untuk membangun rumah dan dimakan, dan sebagainya. 


- Sumber daya alam non hayati

Berkebaikan dengan SDA hayati, SDA ini  yang bukan berasal dari makhluk hidup. 


Contohnya mirip dengan SDA yang tidak dapat diperbarui. Mereka adalah minyak bumi, matahari, air, tambang, emas, dan lain-lain.


Macam-macam Sumber Daya Alam Indonesia Serta Kegunaannya


Sekarang kalian udah tau kan ya soal macam-macam SDA di muka bumi ini? Yup tadi kita cuma membahas sifat dan asalnya saja sih. Kita belum membahas lebih lanjut macam-macamnya yang lain. Tapi jangan salah ya, ini yang kita bahas adalah asalnya si SDA itu supaya kalau kalian mau menemukannya, kalian tidak perlu bingung.


1. Sumber Daya Alam Hutan


Indonesia merupakan salah satu negara yang menyumbang oksigen terbanyak di dunia dan itu semua karena hutannya yang buanyak. Indonesia juga dikenal mempunyai salah satu         paru-paru Bumi yang berada di hutan Kalimantan.


Pernahkah kalian mendengar soal luas lahan yang dimiliki oleh Indonesia? Luas hutan di Indonesia sekitar 99 juta hektar menurut salah satu  sumber yang entah diambil pada tahun berapa. Yang jelas dari tahun ke tahun hutan Indonesia mengalami kerusakan sehingga luasnya pun berkurang. Tidak hanya rusak, pembangunan infrastruktur juga mengurangi luas lahan. Ini memang erat kaitannya dengan jumlah populasi yang meningkat.


SDA yang berada di hutan memiliki multifungsi sebenarnya. Pertama adalah sebagai tempat untuk melestarikan flora dan fauna yang ada di dalamnya. Fungsi lainnya adalah untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup. Bahkan hutan juga sebagai produsen oksigen bagi lingkungan sekitar.


2. Sumber Daya Alam Laut


Indonesia sungguh sangat kaya raya. Tidak hanya sebagai paru-paru dunia, namun Indonesia juga memiliki julukan sebagai negara maritim. Pulau-pulau di Indonesia sangat banyak dan terbatasi oleh lautan-lautan yang indah.


Dari sinilah tentunya akan nampak bahwa potensi alam milik Indonesia sangat besar. Sebuah sumber bahkan menyebutkan potensi ikan laut di Indonesia mencapai sekitar 6 juta ton/tahun. 


Ikan sebanyak itu  yang berada di lautan Indonesia tentu saja sangat bermanfaat bagi rakyat Indonesia dalam kegiatan budidaya ikan. Bahkan karena keindahannya, potensi sumber daya alam laut di Indonesia juga populer untuk kegiatan pariwisata. 


Wisata laut dan pantai-pantai indah yang berada di berbagai daerah di Indonesia bisa menjadi suber yang membantu dalam perkembangan ekonomi negara.


3. Sumber Daya Alam Batubara


Berapa banyak dari kalian yang tau bahwa Indonesia penghasil batubara yang cukup besar? Indonesia ternyata menjadi negara kelima terbesar di dunia yang menghasilkan batubara. Pulau Kalimantan adalah  daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia.


Menurut sebuah sumber, di Kalimantan terdapat cadangan batubara sebesar 25,84 miliar ton yang tersimpan dan sumber daya sebesar 88,31%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Kalimantan menyimpan sebanyak 62,1% batubara yang artinya lebih dari setengah hasil buminya adalah batubara.


Batubara mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari tidak hanya untuk bahan bakar kereta api. Contohnya batubara menjadi sumber bahan bakar pembangkit listrik. Dari sini maka peran batubara dapat membantu industri-industri lain seperti industri baja, industri kertas, industri alumunium, dan lain-lain.


4. Sumber daya alam minyak bumi


Ah siapa sih yang tidak tau soal minyak bumi? Harganya selalu memperngaruhi segala aspek perekonomian. Hal itu karena minyak bumi juga kerap digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik di Indonesia. Susah-susah gampang sih kalo bicara soal minyak. Kemarin aja sempat heboh soal minyak goreng kan? Sekarang juga heboh dengan bahan bakar.


Sebenarnya seberapa besar sumber daya minyak bumi di Indonesia? Dikutip dari siaran pers Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tanggal 19 Januari 2021 menyebutkan jika cadangan minyak bumi di Indonesia akan tersedia hingga 9,5 tahun mendatang. Lalu, cadangan gas bumi Indonesia mencapai 19,9 tahun.


Sebenarnya kalian tidak boleh merasa tenang karena perlu diingat juga kalau ini hanya bertahan selama 9 tahun. Minyak bumi termasuk salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sehingga perlu dipikirkan solusinya dari sekarang.


Di sisi lain potensi minyak bumi ini mengalami penurunan setiap tahunnya. Sebab itulah Indonesia melakukan kegiatan impor minyak bumi deh.


5. Sumber Daya Alam Gas


Bagian yang tenar bukan hanya minyak bumi lho. Sumber daya gas alam di Indonesia juga memiliki cadangan yang sangat banyak. Diperkirakan cadangan gas di Indonesia sampai 2,8 triliun meter kubik.


Sebenarnya apa sih kegunaan gas alam? Jadi umumnya gas ini juga bisa digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga gas/uap (PLTG/PLTU).


Intinya mirip yang kita pakai sehari-hari untuk masak, memanaskan water heater, juga bisa digunakan untuk kebutuhan hotel, restoran, dan lainnya. Ternyata, sumber daya gas alam juga bisa dipakai untuk bahan baku pabrik obat-obatan, pupuk, plastik, cat, dan masih banyak lagi.


Peta Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia

Sumber daya alam Indonesia

Sumber Freepik 


Waw waw waw, ternyata Indonesia memiliki begitu banyak sumber daya alam. Kalo ada yang ga percaya, berarti dia mainnya kurang jauh tuh. Soalnya persebaran SDA di Indonesia tuh luas banget.

Kalo kalian cermat membaca, pasti kalian tau kalo mimin tadi udah bahas soal Kalimantan, ya ga? Jadi penghasil batubara terbesar adalah pulau Kalimantan. Bagaimana dengan tempat lain?


Nah, kalian penasaran, nggak, sih, bagaimana peta persebaran sumber daya alam di Indonesia? Kita cek yuk!


Daerah Sumber Daya Alam


Kalimantan:  Hutan, gas alam, batubara, 

Sumatera:  Hutan, batubara, gas alam

Jawa Tengah:  Gas alam

Jawa Timur: Gas alam

Riau:  Gas alam

Maluku:  Gas alam

Papua: Emas, gas alam

Sulawesi: Nikel


Hm, sekedar informasi ya, Indonesia menjadi salah satu negara yang punya sumber daya alam nikel terbesar di dunia. Jadi atas kondisi itu Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi negara yang ikut andil dalam industri battery electric vehicle (BEV).


Mungkin kalian bingung ya, nikel buat apa sih? Jadi nikel ini adalah bahan baku industri baterai dan pengembangan mobil listrik. Ini sempat heboh terutama waktu yang lalu Jokowi sempat berkunjung ke pabrik Tesla dan menemui Elon Musk.


Hasil dari pertemuan itu Presiden mengatakan bahwa mereka sedang membicarakan investasi teknologi ataupun inovasi terkait mobil listrik. Hal itu sepertinya berkaitan dengan pengembangan pabrik Tesla di Indonesia. 


Kita lanjut mengetes pemahaman kalian yuk!


Contoh Soal


1. Sebutkan contoh SDA terbarui dan tidak!


Jawab:


Contoh SDA yang bisa terbarukan antara lain udara, air, tanah, tumbuhan, dan hewan.


Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu minyak bumi, gas alam, emas, tembaga, timah, batubara, dan besi.


2. Apa yang dimaksud dengan  sumber daya alam hayati dan non hayati?


Jawab:


Sumber daya alam hayati

Merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Bisa dari manusia, hewan, dan tumbuhan.


Contoh: sapi, domba, ayam, kambing, tumbuh-tumbuhan seperti kagkung, jagung, padi, ubi, berbagai jenis ikan, dan lain-lain. Intinya tentu mereka harus memberi manfaat bagi keberlangsungan hidup manusia. Ikan bisa untuk dimakan, tumbuhan bisa untuk membangun rumah dan dimakan, dan sebagainya. 



- Sumber daya alam non hayati

Berkebaikan dengan SDA hayati, SDA ini yang bukan berasal dari makhluk hidup. 



Contohnya mirip dengan SDA yang tidak dapat diperbarui. Mereka adalah minyak bumi, matahari, air, tambang, emas, dan lain-lain.

Setelah mendapat pencerahan dari beberapa penjelasan di atas kira-kira gimana nih Sahabat Latis? pembahasan materi sumber daya alam Indonesia sulit ga sih? Biar makin paham materinya yuk ikutan les di latisprivat.com dijamin nilai kamu bakal meningkat drastis. 


Baca juga: Sistem Seleksi CPNS Nasional


Sumber daya alam Indonesia



Referensi:

primagama.co.id

Buku Ajar Geografi 

Komentar

Popular Post