Teks Prosedur | Bahasa Indonesia Kelas XI

Sahabat Latis tentu pernah membaca saran penyajian atau petunjuk penggunaan suatu produk bukan?


Lantas, apa tujuan kalian membaca teks tersebut? Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengetahui cara melakukan atau membuat sesuatu.


Tanpa sadar, kita pun sedang belajar mengaplikasikan teks prosedur. Lalu, apa tujuan teks prosedur tersebut? Mengapa teks prosedur hanya ditujukan untuk membuat atau mengoperasikan sesuatu?


Agar Sahabat Latis memahami apa itu teks prosedur dan segala hal yang terkait dengannya, mari kita baca ulasan berikut ini.


Teks Prosedur

Teks Prosedur


Sahabat Latis, apa yang dimaksud dengan teks prosedur?


Teks prosedur adalah teks yang berisi perintah untuk melakukan sesuatu. Kalian akan menemukan beberapa cara dengan tahapan-tahapannya.


Apakah hanya itu saja? Pada materi kali ini, Sahabat Latis akan belajar tentang pengertian teks prosedur secara rinci, karakteristik teks prosedur, perbedaan teks prosedur dengan teks lainnya, fungsi teks prosedur, dan contoh teks prosedur.


Source: amyarie


A. Pengertian Teks Prosedur


Apa yang dimaksud dengan teks prosedur? Untuk mengetahui secara pasti mengenai definisi teks prosedur, Sahabat Latis dapat membaca beberapa pendapat di bawah ini.


1. Kemendikbud menyatakan bahwa teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah yang harus diikuti demi mencapai tujuan akhir.


2. Kosasih menyatakan bahwa teks prosedur adalah teks yang berisi penjelasan tentang langkah-langkah secara jelas, lengkap, dan rinci dalam melakukan sesuatu.


3. Mahsun berpendapat bahwa teks prosedur merupakan jenis teks faktual dengan subgenre prosedural. Teks ini bertujuan untuk mengarahkan pembaca untuk melakukan sesuatu dalam kegiatan pengamatan atau percobaan.


Berdasarkan beberapa pendapat di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa teks prosedur merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia yang memuat langkah-langkah secara berurutan dan mempunyai komponen yang bertahap (hierarkial).


Teks prosedur bertujuan untuk membuat, menyusun, menyelesaikan, merakit, hingga memperbaiki sesuatu.


B. Karakteristik Teks Prosedur


Karakteristik teks prosedur berkaitan dengan apa yang membedakan teks prosedur dengan teks lainnya.


Kita dapat melihat hal tersebut dari struktur ciri-ciri kebahasaan teks prosedur itu sendiri. Di antaranya adalah sebagai berikut.


Teks Prosedur
Source: amyarie


Struktur Teks Prosedur


Teks prosedur tersusun atas tujuan dan langkah-langkah. Adapun tujuan teks prosedur langsung dijelaskan dalam bentuk judul.


Sedangkan langkah-langkah dalam teks prosedur berisi petunjuk untuk mengerjakan sesuatu. Petunjuk tersebut disusun secara runut atau sistematis.


Khusus untuk teks prosedur yang menunjukkan cara untuk membuat sesuatu, terdapat tambahan berupa “alat dan bahan”. Alat dan bahan tersebut berisi tentang apa yang harus dibutuhkan dan dipersiapkan.


Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Selain kita dapat mengidentifikasi teks prosedur dari strukturnya, kita juga bisa mengenali ciri-ciri teks prosedur dari kaidah kebahasaannya yaitu:


1. Teks prosedur menggunakan kata kerja perintah (imperatif) seperti ambilkan, masukkan, daftarkan, dsb.

2. Menggunakan istilah bidang seperti auditorium, uji kemahiran, dsb.

3. Adanya penggunaan konjungsi temporal seperti sesudah, setelah, dan, lalu, kemudian, selanjutnya, bila, apabila, bilamana, ketika, demi, sambil, hingga, sampai, waktu, sejak, semenjak, selama, tatkala, dan sedari.

4. Adanya penggunaan keterangan cara seperti dengan lembut, dengan cepat, dengan saksama, dengan perlahan-lahan, dan lainnya.

5. Menggunakan kata-kata yang mengurutkan sebuah kejadian seperti pertama, kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya.


C. Fungsi Teks Prosedur


Berdasarkan jenis-jenisnya, teks prosedur bertujuan untuk menjelaskan penggunaan alat, aktivitas, dan kebiasaan. Selain itu, teks prosedur juga berguna untuk:

• Menjelaskan cara mengurus surat penting. Seperti halnya cara mengurus SIM, cara membuat KK, dan cara mengurus surat nikah.

• Menjelaskan cara membuat sebuah produk. Seperti halnya pembuatan makanan, kerajinan, dan lainnya.

• Menjelaskan cara melakukan sesuatu. Seperti halnya cara mengoperasikan komputer, cara mencangkok pohon, cara merapikan pakaian, atau cara menata peralatan rumah.

• Menyelesaikan permasalahan seperti cara membayar e-tilang, kiat sukses belajar tanpa bosan, tips untuk menjalani peran sebagai orang tua baru, dan lain sebagainya.


D. Contoh Teks Prosedur


Agar lebih memahami tentang teks prosedur, mari kita simak beberapa contoh teks prosedur berikut ini.


Contoh Teks Prosedur 1


Cara Mematikan Komputer

Komputer harus dimatikan setelah selesai digunakan. Ini dilakukan untuk menghemat energi dan menjaga komputer dari kerusakan.


Lalu, bagaimana cara mematikan komputer tersebut? Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti.


1. Pastikan semua program di komputer sudah dinonaktifkan atau tabulasinya sudah ditutup.

2. Setelah semua tabulasi ditutup, tekanlah tombol F5 untuk menyegarkan komputer.

3. Jika komputer kamu berbasis Windows terbaru, cukup tekan tombol Alt + F4 pada keyboard.

4. Setelah muncul kotak dialog, klik pilihan “Turn Off” pada opsi yang tersedia dan tekan enter.

5. Tunggu beberapa saat, komputer kamu akan padam. Jangan lupa menekan tombol “power” pada CPU.

6. Cabut semua kontak yang terhubung untuk menghindari pemakaian listrik berlebih.


Pertanyaan:


Agar kamu lebih memahami isi teks prosedur dengan baik, cobalah menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Apa yang membuat teks prosedur berbeda dengan teks lainnya?

2. Apa saja karakteristik umum dari teks prosedur di atas?

3. Apa fungsi teks prosedur di atas?


Jawaban:


1. Teks prosedur memuat tujuan, langkah-langkah pengerjaan secara runut, dan material. Sedangkan teks lainnya memiliki struktur pembangun yang didasari pemikiran, cerita masa lalu, dan lainnya.

2. Teks prosedur memiliki karakteristik umum seperti adanya kata perintah yang mengharuskan kita untuk melakukan sesuatu.

3. Teks prosedur berfungsi sebagai petunjuk dalam melakukan atau membuat sesuatu.


Contoh Teks Prosedur 2


Tips Ampuh Menata Gaya Rambut Pendek

Gaya rambut bob atau potongan pendek untuk wanita kini mulai digandrungi. Walaupun terlihat begitu simpel, kamu juga akan membutuhkan perawatan yang maksimal. Ini dilakukan agar rambut tetap terawat dan sehat.


Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk nta gaya rambut pendek? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini.


1. Keringkan rambut menggunakan handuk dengan memijatnya secara perlahan.

2. Gunakan serum rambut atau produk hair styling untuk menjaga kelembapan rambut.

3. Gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut secara maksimal. Namun pastikan kamu memulainya dari akar rambut terlebih dahulu.

4. Agar rambut terlihat lebih tebal dan bervolume, kamu dapat melakukan blow dry ke bagian depan rambut.


Pertanyaan:

Apa kesimpulan yang dapat diambil dari teks di atas?


Jawaban:


Teks tersebut menyimpulkan tentang bagaimana cara menata rambut pendek agar terlihat lebih stylish dengan empat langkah. Keringkan rambut menggunakan handuk sambil memijatnya, manfaatkan serum, gunakan hair dryer dengan benar, dan atur rambut agar terlihat bervolume.


Contoh Teks Prosedur 3


Cara Untuk Tetap Semangat Menghadapi Hari Senin


Ada apa dengan hari Senin? Hari Senin adalah hari pertama dalam memula aktivitas. Kebanyakan orang sudah bisa membayangkan apa yang akan terjadi pada hari Senin.


Deadline, pekerjaan yang tiada hentinya, rapat mingguan, hingga suasana kantor yang ribet.


Lalu, bagaimana cara agar tetap semangat menghadapi hari Senin?


Ikutilah beberapa langkah berikut ini agar kamu selalu ceria dalam menjalani aktivitas harianmu.


Pertama, Tetapkan Skala Prioritas

Setibanya di kantor, pilihlah pekerjaan dengan deadline yang paling cepat. Selain itu, hindari segala hal yang mengganggu. Jangan gunakan gadget jika itu tidak diperlukan.


Kedua, Hindari Over Thinking

Agar kamu merasa lebih santai dalam mengerjakan tugas-tugas kantor, jangan terlalu banyak berpikir. Kerjakan saja apa yang bisa dikerjakan. Mulailah dari hal yang mudah agar kamu bisa memanfaatkan waktu secara maksimal.


Ketiga, Jangan Lupa Istirahat

Meskipun hari Senin adalah hari yang sangat melelahkan bagi sebagian orang, tetap sempatkan diri untuk beristirahat.

Makanlah makanan yang bergizi, cukupkan kebutuhan mineral, dan berhenti sejenak dengan melihat pemandangan ke luar kantor.


Hal tersebut akan membuat pikiran kembali tenang dan tubuh menjadi lebih segar.


Nah, itulah tips yang dapat diterapkan agar kamu tetap semangat menghadapi hari Senin. Jangan lupa bahagia yaaa...


Pertanyaan:

Kenapa teks di atas dikategorikan sebagai teks prosedur?


Jawaban:

Teks di atas dikategorikan sebagai teks prosedur karena menggunakan kaidah kebahasaan teks prosedur seperti urutan langkah seperti pertama, kedua, dan ketiga. Selain itu, juga terdapat kata kerja perintah seperti tetapkan dan hindari.


Baca juga: bimbel-cpns.id


Bagaimana Sahabat Latis, sudah mulai paham kan dengan materi Teks Prosedur?


Supaya kamu makin paham dengan materi lainnya, bisa jawab PR dan tugas di sekolah dengan mudah dan prestasi kamu meningkat tajam, kamu bisa coba ikutan les privat Latisprivat lho!


Gurunya berprestasi dan biayanya juga hemat. Bisa online dan tatap muka juga. Fleksibel kan? Untuk info lebih lanjut, kamu bisa hubungi Latisprivat di line chat 085810779967.


Sampai ketemu di kelas!


Referensi:

Bahasa Indonesia/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Adoc.pub_teks-prosedur-kompleks.


Latisprivat





Komentar

Popular Post