Explanation Text | Bahasa Inggris Kelas XI

Sahabat Latis, pernahkah kalian berusaha untuk menjelaskan sesuatu dalam bahasa Inggris? Misalnya menjelaskan tentang apa saja hal yang terjadi di sekitar kita tanpa menambahkan argumen pribadi.

Jika pernah, berarti secara tidak langsung kalian sudah memahami apa itu teks eksplanasi. Dalam bahasa inggris, teks eksplanasi disebut sebagai “explanation text”.

Lalu, bagaimana cara menulis explanation text yang baik dan benar? Pelajari lebih lanjut dengan scrolling tulisan di bawah ini yaaah...

Explanation Text

Explanation Text

Pada pembelajaran kali ini, Sahabat Latis akan belajar tentang apa itu explanation text, general structures and language features of explanation text, dan contoh teks eksplanasi.

A.     Apa Itu Explanation Text?

Explanation text atau teks eksplanasi adalah teks yang digunakan untuk mendeskripsikan kenapa dan bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi.

Umumnya, explanation text memuat tentang penjelasan terkait fenomena secara detail. Selain itu, explanation text juga menerangkan tentang pendapat penulis yang disertai dengan fakta dan data yang jelas.

B.      Kenapa Disebut sebagai Explanation Text?

Perbedaan antara explanation text dan teks lainnya terletak pada general structure (struktur teks) dan language features (ciri kebahasaan).

Generic Structures of Explanation Text

Explanation text tersusun atas title, general statement (introducing or identifying the phenomenon), series of sequenced paragraphs, supporting facts (diagram or flow chart), dan conclusion (kesimpulan)

Title

Explanation text mempunyai title yang menuntun pembaca untuk menemukan inti dari teks tersebut. Title of explanation text biasanya merupakan jawaban dari "how" dan "why".

General Statement 

Paragraf pertama dari sebuah explanation text adalah pernyataan umum. Pernyataan tersebut merupakan identifikasi atau gambaran inti tentang sebuah fenomena.

Sequenced Statements

Explanation text adalah teks yang mengembangkan keterkaitan antara sebab dan akibat dari sebuah kejadian. Bagian ini juga berisi tentang fakta-fakta ilmiah yang memberikan bukti konkret kepada pembaca.

Selain itu, explanation text juga memuat diagram atau flow chart sebagai data informasi tambahan pendukung fakta.

Concluding Statement

Berisi tentang kesimpulan dari isi seluruh bacaan.

Agar Sahabat Latis memahami secara jelas tentang generic structures of explanation text, mari perhatikan gambar di bawah ini. 

Explanation Text
Source: Blake Education Fully Reproducible.

Dari gambar di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa explanation text tersusun atas poin umum, fakta-fakta, da kesimpulan.

Sebagai pendukung strukturnya, explanation text juga memiliki ciri kebahasaan seperti penggunaan present tense, action verbs, conjuctions, adverbial phrases, pronouns, technical words, time connectives, noun groups, dan abstract noun.

Language Features of Explanation Text

Hal yang membedakan explanation text dengan teks lainnya adalah gaya bahasa yang digunakan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan present tense.
  • Menggunakan technical words. E.g.: larynx, pharynx,
  • Menggunakan complex noun groups untuk membangun deskripsi yang kompleks. E.g.: the enormous expanse of arid land, the rampaging, threatening river, etc.
  • Menggunakan abstract nouns. E.g.: earthquake, heat, etc.
  • Menggunakan kata ganti sebagai pembuka teks.
  • Explanation text umumnya menjelaskan tentang fenomena yang terkait dengan benda. E.g.: rain, mountains, rock, etc.  
  • Menggunakan kalimat dengan subject dan verb agreement yang jelas.
  • Menggunakan action verbs untuk menjelaskan penyebab atau alasan. E.g.: from, started from, etc.
  • Menggunakan adverbial phrases waktu dan tempat untuk menjelaskan kapan dan di mana peristiwa terjadi.  E.g.: it is happened in Zimbabwe, etc.
  • Menggunakan connectives phrase untuk menghubungkan waktu. E.g. so, after, finally, etc.
  • Menggunakan passive voice yang mengarahkan pada cause and effect.
  • Menggunakan time conjunctions. E.g.: as, when, etc.

C.      Pemilihan Kosakata dalam Explanation Text

Sahabat Latis, sebuah bacaan menandakan bahwa itu adalah explanation text atau bukan, dapat kita lihat dari generic structures teks tersebut. Selain itu, pemilihan kata juga dapar mempengaruhi pemahaman pembaca.

Itulah kenapa terdapat beberapa kata yang menggambar explanation text secara umum. Di antaranya adalah conjuctions (konjungsi), words linking cause and effect (kata yang menghubungkan sebab akibat), comparative (pembanding), action verb (kata kerja aksi), dan technical topic words (kata-kata teknis tergantung topik).

Conjuctions

Beberapa contoh conjunctions pada explanation text di antaranya adalah alternatively, previously, subsequently, after, because, although, whereas, however, while, indeed, therefore, then, or, if, so, and, like, etc.

Words Linking Cause and Effect

Beberapa contoh words linking cause and effect pada explanation text di antaranya adalah because, therefore, caused this, because, led to, due to, created, brought about, culminated in, stemmed from, encouraged, a source of, grew out of, shaped by, influenced by, as a result of, inspired, etc.

Comparative

Beberapa contoh comparative pada explanation text di antaranya adalah but, however, that is, instead, whereas, also, for example, while, in fact, etc.

Action Verb

Beberapa contoh action verb pada explanation text di antaranya adalah send, pull, push, etc.

Technical Topic Words

Beberapa contoh techinical topic words pada explanation text di antaranya adalah larynx, pharynx, epiglottis, trachea, cost, price, demand, supply, field, circuit, plate, energy, etc.

Baca juga: Bimbel CPNS Online

Source: https://www.freepik.com/

D.     Pelajari  Lengkap tentang Explanation Text

Sahabat Latis, agar kamu semua semakin paham dengan materi explanation text, mari kita cermati contoh explanation text berikut ini!

How Moonbow Happened?

Not all rainbows appear during the day. When the sun goes down a rarer version of this natural lightshow can be seen - the moonbow, also known as a lunar rainbow.

A moonbow (sometimes known as a lunar rainbow) is an optical phenomenon caused when the light from the moon is refracted through water droplets in the air.

The amount of light available even from the brightest full moon is far less than that produced by the sun so moonbows are incredibly faint and very rarely seen. The fact that not enough light is produced to excite the cone colour receptors in the human eye also compounds the difficulty we have in seeing moonbows.

Moonbows were first mentioned by Aristotle back in 350BC, and there are certain parts of the world where you are more likely to see them, such as Hawaii.

Just like daytime rainbows, moonbows need the light from the moon to be reflected and refracted by water droplets at a certain angle to create a rainbow.

Rather than seeing the full spectrum of colours, moonbows often appear to be white to the human eye. However, the colours are there, and long-exposure photographs are a great way of capturing their beauty.

The moon needs to be near to or at its fullest phase and low in the sky (less than 42°), whilst the night sky itself needs to be very dark. There also needs to be rain falling opposite the moon, or as you can see in the image below, another source of water droplets such as a waterfall.

To see a moonbow, the observer has to have the moon behind them (as in an ordinary rainbow). The best time to see moonbows is a couple of hours after sunset or before sunrise.

Source: https://www.metoffice.gov.uk/weather/learn-about/weather/optical-effects/rainbows/moonbow#:~:text=What%20is%20a%20moonbow%3F,water%20droplets%20in%20the%20air.

Setelah membaca teks di atas, kita temukan bahwa sebagian besar judul dari explanation text itu menggunakan “how” untuk menunjukkan gambaran teks tersebut.

Meskipun di awali dengan kata “how”, explanation text menjelaskan tentang fakta-fakta sebuah fenomena yang didukung dengan data.

Baca juga: Les CPNS Jakarta

Bagaimana Sahabat Latis, sudah mulai paham kan dengan materi Explanation Text?

Supaya kamu makin paham dengan materi lainnya, bisa jawab PR dan tugas di sekolah dengan mudah dan prestasi kamu meningkat tajam, kamu bisa coba ikutan les privat Latisprivat lho!

Gurunya berprestasi dan biayanya juga hemat. Bisa online dan tatap muka juga. Fleksibel kan? Untuk info lebih lanjut, kamu bisa hubungi Latisprivat di line chat 085810779967.

                                 

Sampai ketemu di kelas!

 

Referensi:

Blake Education Fully Reproducible.

Bashir, Makhruk. 2017. Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



 

 

 

 

 

Komentar

Popular Post