10 Jenis Pola Bilangan Matematika

Sahabat latis, apa yang disebut dengan pola bilangan?

Dalam pelajaran matematika, kita mengenal adanya pola pada sekelompok bilangan. Entah itu tersusun secara bertingkat, menurun, berkelompok berdasarkan angka tertentu, atau bentuk lainnya.

Pola bilangan dalam matematika merupakan hal mendasar yang harus kita pahami. Seperti halnya pola primer, pola ganjil dan genap, serta pola bilangan prima dan komposit.

Jenis Pola Bilangan

Sahabat Latis tentunya sudah mengetahui seperti apa pola primer bukan?

Pola primer dimulai dari angka 0, 1, 2, 3, dst. Kita juga belajar tentang pola ganjil yang dimulai dari angka 1, 3, 5, dst. dengan bentuk 2n + 1. Sedangkan pola genap dimulai dari angka 0, 2, 4, dst. dengan bentuk 2n.

Tidak hanya itu saja, ada lagi pola bilangan prima dan komposit.

Bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa dibagi 1 dan dirinya sendiri. Sedangkan bilangan komposit merupakan bilangan yang memiliki faktor lebih dari dua.

Lalu, apakah itu saja pola bilangan yang harus kita ketahui? Tentu saja tidak. Dengan membaca lebih lanjut, Sahabat Latis akan mendapatkan informasi menarik seputar pola bilangan dan jenisnya.

Yuk scrolling!

Baca juga: Les CPNS

Jenis Pola Bilangan

Sebelumnya kita sudah mengulas sedikit tentang pola bilangan matematika dasar. Untuk membuat pola bilangan yang lengkap, terdapat seperangkat aturan yang harus kita diperhatikan.

Demi menerapkan aturan tersebut, kita harus memahami sifat barisan dan selisih antara dua bilangan yang berurutan.

Pembahasan lebih lanjut, Sahabat Latis akan belajar tentang jenis-jenis pola bilangan yang meliputi aritmetika, geometris, segitiga, persegi, kubus, harmonik, Fibonacci, pola bentuk, bagan, dan candle stick.

Aritmetika

Pola aritmetika merupakan rangkaian angka yang memiliki keterkaitan antar satu sama lain dengan penjumlahan atau pengurangan yang bersifat konstan.

Jenis Pola BilanganSource: https://www.embibe.com/exams/type-of-patterns/

Sahabat Latis dapat memecahkan soal aritmetika dengan menambahkan suku pertama (a) bersama hasil pengurangan suku sebelumnya (n) dan angka satu dan dikalikan dengan jarak atau rentang (b).

Formula:

Un = a + (n-1) b

Keterangan: 

Un: suku ke-n

a: suku pertama

b: jarak

Geometris

Pola geometris merupakan urutan angka berdasarkan pembagian dan perkalian. Kita dapat dengan mudah menyelesaikan soal apabila kita sudah mengetahui dua bilangan awal.

Contoh: 2, 4, 8, 16, 32, 64, 128, dst...

Berdasarkan pola di atas, dapat kita simpulkan bahwa setiap bilangan yang diperoleh adalah hasil perkalian dua jika dikalikan dengan bilangan pertama.

Segitiga

Pola bilangan segitiga merupakan sederet bilangan yang digunakan untuk membuat pola segitiga. Lingkaran mewakili angka dalam pola angka segitiga tersebut.

Jenis Pola BilanganSource: https://polabilangansmp13.blogspot.com/p/r.html

Bilangan 1, 3, 6, 10, 15, 21, 28, dst. adalah sejumlah bilangan yang membentuk pola segitiga sama sisi.

Persegi

Bilangan kuadrat merupakan bilangan yang diperoleh dari hasil perkalian suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri. Pola angka kuadrat mewakili urutan angka di mana angka tersebut adalah kuadrat sempurna.

Contoh: 1, 4, 9, 16, 25, 36, 49, dst. merupakan pola bilangan persegi atau hasil kuadrat dari suatu bilangan.

Sehingga:

1^2=1

2^2=4

3^2=9

 4^2=16

5^2=25

6^2=36

7^2=49

Baca juga: Sifat Determinan Matriks

Kubus

Pernahkah kalian menghitung volume kubus? Ya, sederet angka yang merupakan volume sebuah kubus disebut dengan pola bilangan kubus.

Contoh: 1, 8, 27, 64, 125, 216, dst.

Keterangan:

1^3=1

2^3=8

3^3=27

4^3=64

5^3=125

6^3=216

Harmonik

Pola bilangan harmonik merupakan barisan bilangan di mana semua bilangannya adalah kebalikan dari bilangan barisan aritmetika.

Jenis Pola Bilangan

https://bermatematika.net/2016/05/23/deret-harmonik/

Kebalikan bilangan asli (1,2,3,4,5,6,…) merupakan contoh pola barisan harmonik.

Fibonacci

Pola Fibonacci merupakan urutan angka di mana setiap angka dalam sebuah urutan diperoleh dengan menjumlahkan dua angka sebelumnya. Pola Fibonacci dimulai dengan 0 dan 1. 

Contoh: 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, dst. 

Berdasarkan contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa pola yang diikuti adalah 0 + 1 = 1, 1 + 1 = 2 , 1 + 2 = 3 , 2 + 3 = 5, 3 + 5 = 8, dan 5 + 8 = 13.

Pola Bentuk

Apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar kata "pola bentuk"? Apakah kalian memikirkan tentang sederetan bentuk geometri? Jika iya, selamat!!! Kalian benar. 

Pola bentuk tercipta ketika sekelompok bentuk disusun secara berulang. Pola-pola ini mengikuti urutan tertentu dengan pengulangan setidaknya dua kali. 

Source: https://www.google.com/search?q=pola+bentuk&oq=pola+bentuk&aqs=chrome..69i57j0i22i30l8.4275j0j4&client=tablet-android-samsung-ss&sourceid=chrome-mobile&ie=UTF-8#imgrc=g83KzynAVyI24M

Pola bentuk dibuat dengan cara yang sederhana seperti lingkaran, persegi panjang, kotak, segitiga, bintang, bulan, dan lainnya.

Bagan

Sahabat Latis tentu sudah merasa familier dengan pola bilangan yang satu ini bukan? Pola bagan merupakan pola yang digunakan untuk melihat tren masa lalu, memprediksi aktivitas harga, dan lainnya.

Terdapat tiga jenis pola bagan yaitu pola berkelanjutan, grafik pembalikan, dan grafik bilateral.

Pada bagan berkelanjutan, kita dapat melihat tren apa yang sedang hype saat ini. Untuk melihat arah tren, kita dapat memperhatikannya pada pola grafik pembalikan. Sedangkan volatilitas pasar tertinggi dapat kita cek pada grafik bilateral.

Candlestick

Pola candlestick merupakan pola yang dibuat dengan mengelompokkan “batang-batang lilin” tertentu yang dipresentasikan dalam bentuk grafik.

Grafik candlestick sendiri berasal dari Jepang yang awalnya dibuat untuk mengatur perdagangan dan mengidentifikasi polanya.

Baca juga: Bimbel Online CPNS

Nah, Sahabat Latis, itulah ulasan tentang jenis pola bilangan. Jika kamu ingin mendapatkan pengetahuan lebih lengkap mengenai jenis pola bilangan kamu bisa banget menghubungi Latis Privat ya...

Kami siap untuk membantu kamu mendapatkan tutor yang berpengalaman dan mampu menjawab semua kebutuhan belajarmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu belajar yang fleksibel bahkan belajar secara online di rumah.

Bersama Latis Privat, Sahabat Latis akan bertemu guru yang sangat tepat dan mampu menjawab segala permasalahan dalam belajar.

Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Privat šŸ˜Š

#bilangan #polabilangan #jenispolabilangan


Source:

https://www.embibe.com/exams/type-of-patterns/

https://www.embibe.com/exams/number-patterns/

https://www.cuemath.com/geometry/patterns/




Komentar

Popular Post