15 Contoh Perpindahan Kalor secara Radiasi

Sahabat Latis, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan kata “radiasi” bukan? Lebih lagi di masa teknologi sedang berkembang pesat seperti saat ini. Penggunaan barang-barang elektronik dalam kehidupan kita sehari-hari merupakan contoh penerapan perpindahan kalor secara radiasi.

Mulai dari barang elektronik rumah tangga hingga media pendukung pembelajaran.

Lalu, apa yang disebut dengan radiasi yang sebenarnya?

Agar sahabat latis paham tentang apa itu radiasi dan contoh perpindahan kalor secara radiasi, yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Bimbel CPNS Online

Contoh Perpindahan Kalor secara Radiasi

Contoh Perpindahan Kalor secara Radiasi

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang contoh perpindahan kalor secara radiasi, mari kita pelajari terlebih dahulu mengenai definisi radiasi dan kenapa radiasi itu bisa terjadi.

Apa itu radiasi?

Radiasi adalah proses di mana energi berupa pancaran elektromagnetik dipancarkan oleh permukaan yang panas ke seluruh arah menuju titik penyerapan tanpa perantara.

Kenapa radiasi bisa terjadi?

Radiasi terjadi apabila kalor bergerak sebagai gelombang energi (infrared) menuju ke suatu objek secara langsung.

Contohnya seperti sinar matahari yang kita rasakan setiap hari. Ya, segala sesuatu yang aslinya panas akan memancarkan energinya ke objek yang lebih dingin.

Intinya, radiasi terjadi tanpa adanya perantara dan menimbulkan efek pada benda yang terpancar oleh energi tersebut. Adapun jenis-jenis energi itu di antaranya adalah cahaya, panas, gelombang radio, ultraviolet, dan lainnya.

Baca juga: Contoh Perpindahan Kalor secara Konduksi

Tidak hanya itu saja, kita juga akan belajar tentang contoh radiasi dalam kehidupan sehari-hari seperti api unggun, magnet, televisi, lilin, oven, sinar laser, gelombang radio, emisi sinar gamma, layar komputer, remote control, panel surya, batu bara, gunung merapi yang sedang aktif, berdiri di dekat kompor, dan radiasi alat-alat medis.

Contoh Perpindahan Kalor secara Radiasi
Source: https://www.freepik.com/

1. Api Unggun

Apa yang biasa dilakukan orang-orang ketika musim dingin tiba? Ya, pasti mereka mencari sumber energi yang bisa menghangatkan tubuh, bukan?

Seperti yang kita lihat di film-film luar negeri, ketika musim dingin tiba, mereka membuat api unggun di rumahnya. Radiasi dari api unggun tersebut membuat tubuh kita menjadi hangat karena adanya transmisi panas dari api unggun ke lingkungan sekitarnya.

2. Magnet

Kenapa magnet bisa menimbulkan radiasi? Alasannya, magnet menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dipengaruhi oleh medan listrik dan medan magnet.

Sehingga, apabila kamu mendekatkan benda yang memiliki gaya tarik magnet, secara langsung, magnet pun berkerja untuk menarik benda tersebut.

3. Televisi

Sadar atau tidak, televisi yang kita manfaatkan sebagai hiburan di rumah memancarkan gelombang sinar-x yang cukup berbahaya bagi tubuh manusia.

Namun, teknologi terbaru mampu menghentikan pancaran sinar-x. Sehingga TV layar plasma terbilang aman namun masih memancarkan gelombang radio.

4. Lilin

Apa yang kamu rasakan ketika kamu memegang lilin? Panas bukan? Ya, itu karena kamu menyentuhnya secara langsung. Jadi, panas pada lilin dapat dirasakan oleh kulitmu secara langsung. Inilah merupakan salah satu contoh perpindahan kalor secara radiasi.

5. Oven

Radiasi tingkat tinggi digunakan untuk memanaskan makanan dalam oven. Pemanasan makanan tersebut melibatkan bantuan gelombang mikro sehingga mampu menyerap kandungan air pada makanan.

6. Sinar Laser

Laser atau Light Amplification Stimulated Emission of Radiation menghasilkan radiasi yang mengganggu kesehatan. Misalnya seperti gangguan penglihatan, sakit kepala, dan disorientasi.

Akan tetapi, pemanfaatan sinar laser juga memberikan nilai positif yang berguna dalam pengurutan DNA, pembedahan, litografi, optik, dan percetakan.

Contoh Perpindahan Kalor secara Radiasi
Source:  https://www.freepik.com/

7. Gelombang Radio

Gelombang radio merupakan suatu hal yang paling sering dimanfaatkan dalam komunikasi. Seperti halnya ponsel, televisi, hingga radio, dapat berfungsi karena perubahan getaran yang mampu menciptakan gelombang suara.

8. Emisi Sinar Gamma

Sinar gamma merupakan contoh gelombang elektromagnetik yang tidak membutuhkan media apa pun untuk merambat. Sehingga, objek yang berada di sekitar sinar gamma bisa terkena dampak radiasi.

9. Layar Komputer

Percaya atau tidak, komputer memancarkan radiasi yang mampu meningkatkan suhu tubuh apabila berdekatan pada tubuh manusia itu sendiri.

Namun, radiasi seperti ini bukanlah radiasi yang bersifat baik. Bahkan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan di kemudian hari.

10. Home Appliances

Apa yang disebut sebagai home appliances? Ini merupakan seperangkat alat elektronik rumah tangga. Beberapa di antaranya adalah komputer, ponsel, televisi, setrika hingga barang lainnya yang dapat memberikan energi panas.

Akan tetapi, energi panas yang dihasilkan oleh home appliances tersebut merupakan radiasi yang bersifat merusak. So, hati-hati yah....

11. Panel Surya

Apa kegunaan energi matahari bagi panel surya? Banyak yang mengeluhkan tentang panasnya matahari tanpa melihat manfaatnya.

Bagi kalian yang suka berendam dan membutuhkan air panas, radiasi matahari membantu panel surya untuk menyebarkan panas. Sehingga kalian bisa menikmati air hangat tanpa harus memasaknya terlebih dahulu.

12. Batu Bara

Pembakaran batu bara menghasilkan radiasi inframerah. Radiasi tersebut membuat kayu yang berada di sekitar batu bara menyala. Radiasi bergerak secara dua arah yang melintasi sistem pertukaran energi.

13. Gunung Merapi yang Sedang Aktif

Kenapa gunung merapi yang sedang aktif termasuk salah satu contoh perpindahan kalor secara radiasi? Ini karena gunung tersebut mengeluarkan magma dan membuat daerah di sekitarnya terasa panas.

14. Berdiri di Dekat Kompor

Sama seperti api unggun, ketika Sahabat Latis berdiri di dekat kompor, kita akan merasakan panas. Berbeda halnya jika kita meletakkan panci di atas kompor, maka panas kompor akan berpindah ke panci. Itulah yang disebut sebagai perpindahan kalor secara konduksi.

15. Radiasi Alat-alat Medis

Ketika menggunakan alat medis seperti CT Scan maupun X-ray, seseorang akan terpapar radiasi yang cukup tinggi. Ini karena alat-alat medis yang berbasis pencitraan tersebut membaca struktur internal tubuh oleh bantuan partikel berenergi tinggi atau panjang gelombang.

Baca juga: Bimbel Online CPNS

Nah, Sahabat Latis, itulah ulasan tentang contoh perpindahan kalor secara radiasi. Jika kamu ingin mendapatkan pengetahuan lebih lengkap mengenai perpindahan kalor secara radiasi, kamu bisa banget menghubungi Latis Privat ya...

Kami siap untuk membantu kamu mendapatkan tutor yang berpengalaman dan mampu menjawab semua kebutuhan belajarmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu belajar yang fleksibel bahkan belajar secara online di rumah.

Bersama Latis Privat, Sahabat Latis akan bertemu guru yang sangat tepat dan mampu menjawab segala permasalahan dalam belajar.

Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Privat šŸ˜Š

#kalor #perpindahankalor #radiasi


Source:

https://studiousguy.com/examples-radiation-everyday-life/

https://lambdageeks.com/radiation-heat-transfer-examples/

https://examples.yourdictionary.com/examples-of-radiation.html



Komentar

Popular Post