7 Cara Motivasi Belajar Untuk Anak-anak

Sahabat Latis, kebanyakan dari kita merasa jenuh ketika sedang belajar. Bahkan, di antara kita juga ada yang kehilangan motivasi belajar.

Kenapa demikian?

Ada banyak alasan yang menjadi latar belakang kenapa hal itu bisa terjadi. Mulai dari orang tua yang begitu sering memaksa untuk belajar, kecanduan gadget, atau pengaruh teman.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar kita bisa belajar kembali tanpa iming-iming atau paksaan? Yuk keep scrolling untuk mendapatkan jawabannya.

Cara Motivasi Belajar Untuk Anak-anak

7 Cara Motivasi Belajar Untuk Anak-anak

Agar kita selalu termotivasi untuk belajar, kita harus paham kenapa kita harus belajar. Setelah itu, temukan space belajar yang nyaman dan buatlah rencana belajar.

Jika kamu sudah belajar dengan baik dan sesuai dengan target, jangan lupa memberi self-reward kepada diri sendiri seperti jajan atau olahraga. Ingat, tubuh kamu juga butuh refreshing lhooo!

Terus, apa lagi ya? Yuk Sahabat Latis, kita langsung baca aja poin di bawah ini.

Pertama, Yakini Bahwa Pelajar Itu Penting!

Sebagai seorang murid, kita harus tahu kenapa kita mesti belajar. Apa yang membuat belajar itu penting bagi diri kita?

  • Unggul di bidang akademik.
  • Memudahkan kita untuk bersosialisasi.
  • Menjadi pribadi yang lebih baik.

Terlepas dari itu semua, kita juga harus bisa mengidentifikasi masalah dan jalan keluar ketika kita sedang kehilangan motivasi belajar.

  • Mood jelek bisa disebabkan oleh stress karena tugas yang menumpuk.
  • Kurang tidur karena keseringan bermain ponsel.
  • Terlalu sering melakukan hal yang sama berulang kali sehingga menimbulkan rasa jenuh.

Apabila kalian sedang menghadapi masalah di atas, lakukanlah hal-hal yang membuat pikiran kalian rileks. Jalan-jalan, makan-makan, menonton kartun, membuat schedule, apapun itu.

Setelah itu, kembalilah belajar. Mulailah dari hal-hal ringan, namun jauhkan diri sejenak dari gangguan. Misalnya gadget, video game, suara bising, dan hal-hal lain yang bisa menyita fokus kalian.

Cara Motivasi Belajar Untuk Anak-anak
Source: https://www.freepik.com/

Kedua, Belajarlah dengan Damai

Bagi mereka yang ekstrovert, mudah saja untuk belajar di mana pun mereka mau. Mereka tidak begitu merasa terganggu dengan orang-orang yang berada di sekeliling mereka.

Berbeda halnya dengan mereka yang introvert. Mereka pasti membutuhkan ruang untuk menyendiri agar bisa lebih fokus untuk belajar.

Walaupun demikian, apapun jenis kepribadiannya, yang terpenting adalah kamu mesti memastikan diri kamu nyaman untuk belajar terlebih dahulu. Karena kalau kita sudah merasa nyaman, sesulit apapun pelajarannya, kita tidak akan pernah merasa bosan.

Apa yang harus dilakukan?

Pilih tempat belajarmu. Pastikan bahwa tidak ada hal yang bisa membuat fokusmu terbagi.

Pastikan bahwa kamu sudah makan dan minum sebelum belajar. Ini karena belajar membutuhkan energi dan kamu harus mengisi energimu terlebih dahulu.

Periksa apa yang kamu butuhkan ketika belajar. Entah itu kalkulator, buku, kertas, pensil, penghapus, penggaris, apapun itu. Pastikan kamu sudah "mengamankannya" sebelum belajar.

Baca juga: Bimbel CPNS Terbaik

Ketiga, Buatlah Rencana Belajar

Percaya atau tidak, belajar tanpa perencanaan membuatmu lebih mudah kehilangan motivasi. Mengapa demikian? Itu karena kamu tidak punya tujuan belajar. Hanya sekedar menjadi jawaban "apakah kamu sudah belajar atau belum?".

Jadi, buatlah daftar yang berisi beberapa poin seperti:

  • Apa yang harus kamu lakukan ketika belajar?
  • Kapan kamu harus mengerjakan PR?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan PR?
  • Apa saja pelajaran dan latihan penting yang harus kamu kerjakan lebih dulu di setiap harinya?
  • Berapa durasi waktu yang kamu butuhkan untuk beristirahat?

Kamu juga bisa menulis apapun di dalam "what to do list". Tulislah berdasarkan apa yang ingin kamu pelajari, target belajar, dan kebutuhanmu.

Cara Motivasi Belajar Untuk Anak-anak
Source: https://www.freepik.com/

Keempat, Self-reward Itu Penting!

Ingatlah bahwa kamu butuh istirahat setelah seharian belajar. Setidaknya, istirahat adalah waktu untuk memulihkan pikiran dan tenaga sehabis belajar.

Kamu juga bisa memberi hadiah lebih kepada dirimu sendiri apabila seluruh target belajarmu tercapai. Nonton ke bioskop, travelling, wisata kuliner, atau shopping.

Akan tetapi, kamu harus memberikan konsekuensi apa yang mesti kamu terima jika target belajarmu tidak tercapai.

Kelima, Jangan Lupa Olahraga!

Kenapa olahraga merupakan salah satu cara motivasi belajar untuk anak-anak? Olahraga punya banyak manfaat bagi tubuh kita lho Sahabat Latis.

Salah satu manfaat olahraga bagi tubuh adalah menguatkan otak. Dikutip dari merdeka.com, olahraga dapat menurunkan risiko kelemahan kognitif, mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan daya ingat, dan memperlancar aliran darah.

Itulah kenapa kamu butuh olahraga untuk mengimbangi belajarmu. Setidaknya dengan berolahraga, kamu bisa merefresh kembali pikiran dan mood kamu setelah menghadapi rumitnya pelajaran.

Keenam, Terobsesilah pada Proses, bukan Hasil!

Bukan berarti bahwa kita dilarang untuk berprestasi. Namun kita harus menyadari bahwa belajar adalah proses, bukanlah hasil.

Lalu apa yang terjadi jika kita terlalu mendewakan hasil belajar? Percayalah bahwa ketika kamu lebih mengejar hasil belajar, kamu akan lebih mudah merasa down jika hasil yang didapat tidak maksimal.

Proses menjadi sesuatu yang penting dalam belajar yang mampu menumbuhkan kecintaan terhadap belajar itu sendiri.

Lebih lagi di zaman sekarang ini. Jika kita tidak senang belajar, maka kita akan dengan mudah menjadi orang yang keterbelakang. Tertinggal dengan perkembangan zaman yang begitu cepat berkembang dari waktu ke waktu.

Baca juga: Les CPNS

Cara Motivasi Belajar Untuk Anak-anak
Source: https://www.freepik.com/


Ketujuh, Percaya atau Tidak, Kamu Butuh Pendamping Belajar

Seperti yang sudah kita bahas di beberapa poin sebelumnya, setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda. Ada yang harus belajar sendiri dan ada yang bisa belajar di keramaian.

Apapun itu, tidak dipungkiri bahwa kamu pasti membutuhkan teman untuk berdiskusi. Setidaknya, kamu perlu tempat untuk bertukar pikiran, berbagi sesuatu, dan menceritakan pengalaman selama belajar.

Itulah kenapa pendampingan orang tua atau tutor profesional sangat diperlukan ketika belajar. Entah itu untuk kebutuhan pengaturan waktu belajar, kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan sekolah, hingga belajar dengan metode terbaru.

Cara motivasi belajar untuk anak-anak memang membutuhkan perhatian khusus. Alasannya, kita sebagai anak sekolah sering merasa bosan dan kehilangan motivasi belajar karena memang belajar itu adalah hal yang membosankan dengan proses yang panjang.

Apalagi saat ini, anak-anak lebih tertarik dengan hasil belajar yang instantly wow dibandingkan dengan proses yang "jatuh bangun".

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Pilihlah lingkungan sosial yang mendukung dunia belajarmu. Atau kamu dapat menghubungi Latis Privat untuk mendapatkan tutor yang berpengalaman dan bisa memberikan motivasi belajar yang lebih optimal.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu belajar yang fleksibel bahkan belajar secara online di rumah.

Bersama Latis Privat, Sahabat Latis akan bertemu guru yang sangat tepat dan mampu menjawab segala permasalahan belajar yang membuat turunnya motivasi belajar.

Jadi, apa yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik http://www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut yaaa…

Sampai ketemu di Latis Privat šŸ˜Š

#motivasibelajar #motivasibelajaruntukanak #caramotivasi


Source:

https://www.beingtheparent.com/20-tips-to-help-you-motivate-your-child-to-study/

https://www.eurekly.com/blog/how-to-get-kids-studying/

https://www.aakash.ac.in/blog/10-things-you-need-to-know-to-motivate-your-child-to-study/

https://m.merdeka.com/jabar/7-manfaat-olahraga-untuk-otak-tingkatkan-daya-ingat-hingga-cegah-demensia-kln.html



Komentar

Popular Post