9 Perbedaan Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan

9 Perbedaan Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan

Sahabat Latis, masing-masing makhluk hidup memiliki sel-sel yang unik. Begitu pun dengan struktur sel hewan dan tumbuhan. Meskipun jumlahnya jutaan, setiap sel tersusun atas molekul organik yang meliputi nukleotida, lipid  dan lainnya.

Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan

Apa Itu Sel?

Sel adalah sebuah unit yang paling dan dasar dan terdiri atas karbohidrat, lemak, nukleotida, dan molekul organik lainnya. Setiap organisme terdiri atas sel yang berbeda-beda jumlahnya. Ada yang disebut sebagai uniseluler (memiliki sel tunggal) dan multiseluler (memiliki sel banyak).

Sel tumbuhan dan hewan tersusun atas komponen yang berbeda. Sel tumbuhan memiliki dinding sel, vakuola, dan kloroplas. Sedangkan sel hewan memiliki inti sel, membran sel, mitokondria, dan sitoplasma.

Baca juga: Bimbingan CPNS

Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan
Source: canva.com

Bagian-bagian Sel Hewan

Sel hewan merupakan sel eukariotik di mana organel dan nukleus terikat dalam membran. Umumnya, sel hewan tersusun atas nukleus, membran plasma, sitoplasma, mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma, dan badan golgi.

1. Nukleus

Ini adalah inti sel yang terdiri atas nukleolus, selubung inti, dan kromatin. Nukleus berisi kromatin yang menyimpan DNA sel. Apabila mengalami pemadatan, kromatin akan berubah menjadi kromosom ketika sel terbelah.

2. Membran plasma

Membran plasma berfungsi sebagai pengendali dan pengatur apa saja yang akan keluar masuk sel.

3. Sitoplasma

Sitosol merupakan bagian dari sitoplasma yang bersifat pribadi dan tidak ditempati oleh organel yang lain.

4. Mitokondria

Mitokondria merupakan organel sel yang digunakan sebagai tempat pemanfaatan oksigen dan produksi karbon dioksida sebagai hasil dari respirasi sel.

5. Ribosom

Ribosom mengapung bebas dalam sitoplasma yang berfungsi sebagai pembantu proses pembuatan protein.

6. Retikulum endoplasma

Ini merupakan struktur sel yang terdapat pada sel eukariotik. Retikulum endoplasma sendiri berfungsi sebagai metabolisme karbohidrat dan lemak. Selain itu, retikulum endoplasma juga membantu memproduksi protein.

7. Badan golgi

Badan golgi tersusun atas membran yang tidak memiliki keterikatan dengan nukleus. Ini berfungsi sebagai pengangkut zat yang keluar dari sel dalam proses modifikasi lipid dan protein.

Apa kegunaan sel hewan?

Sel hewan memiliki beberapa manfaat seperti:     

  • Membawa fungsi utama dalam pertumbuhan fisik hewan.
  • Membantu proses oksidasi zat makanan atau respirasi.
  • Memproduksi kembali sel baru, perombakan sel, menyalin informasi genetik, dan membatu proses mitosis.
  • Mengubah makanan menjadi energi atau metabolisme.

Baca juga: Bimbel CPNS Jakarta

Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan
Source: canva.com

Bagian-bagian Sel Tumbuhan

Perbedaan yang paling jelas antara sel tumbuhan dan hewan adalah dinding sel. Ya, dinding sel hanya terdapat pada sel tumbuhan.

Sel tumbuhan tersusun atas dinding sel, membran sel, inti, plastida, vakuola tengah, badan golgi, ribosom, mitokondria, dan lisosom.

1.  Dinding Sel

Lapisan yang paling kaku ini terdiri atas pektin, hemiselulosa, selulosa polisakarida, dan glikoprotein. Dinding sel berfungsi sebagai pendukung dan pelindung struktural, melindungi sel dari gangguan mekanis, serta menyaring molekul yang keluar masuk.

Dinding sel dibangun oleh mikrotubulus yang terdiri atas tiga lapisan yaitu tengah, sekunder, dan primer.

2.  Membran Sel

Membran yang bersifat semipermeabel ini disusun atas lemak dan protein. Kehadiran membran sel bermanfaat untuk mencegah masuknya racun, dan mengatur keluar masuk zat.

3.  Nukleus

Struktur yang terikat oleh membran ini berfungsi sebagai penyimpan informasi yang berkaitan dengan pertumbuhan, metabolisme, dan pembelahan sel. Pada nukleus terdapat nukleolus dan nukleopori.

Nukleolus memproduksi ribosom dan struktur. Sedangkan nukleopori adalah tempat yang dilewati oleh asam nukleat.

4. Plastid

Plastid merupakan tempat melakukan proses fotosintesis dan menyimpan pati. Ini juga merupakan tempat penyusun sel dan sintesis molekul. Plastid terbagi atas leukoplas, kloroplas, dan kromoplas.

5.  Vakuola Tengah

Vakuola dikelilingi oleh membran yang disebut tonoplast. Vakuola ini berukuran sepertiga dari sel tumbuhan. Vakuola berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan mempertahankan tekanan turgor.

6. Badan Golgi

Terdapat di semua sel eukariotik. Badan golgi berfungsi untuk mendistribusikan sintesis makromolekul ke seluruh bagian sel.

7. Ribosom

Organel yang terikat membran ini terdiri dari protein dan RNA. Ribosom merupakan tempat berlangsungnya sintesis protein.

8.  Mitokondria

Organel bermembran ganda ini ditemukan di sitoplasma pada setiap sel eukariotik. Mitokondria berfungsi sebagai penyedia energi dengan meluruhkan molekul gula dan karbohidrat.

9.  Lisosom

Lisosom merupakan tempat untuk menyimpan zat sisa, mencerna organel usang, dan mendeteksi benda asing pada sel.

Fungsi Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan dewasa akan berubah menjadi lebih kompleks dan terlibat dalam pengangkutan air dan nutrisi ke seluruh tubuh. Sel tersebut adalah sel xilem, floem, parenkim, kolenkim, dan sklerenkim.

Namun secara umum, sel tumbuhan berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis atau proses pembuatan makanan. Proses tersebut melibatkan sinar matahari, air, dan karbon dioksida. 

Baca juga: Bimbel Masuk PTN

Apa Perbedaan Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan?

Perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan terletak pada dinding sel, bentuknya, kloroplas, mitokondria, nukleus, membran plasma, vakuola, mode nutrisi, dan badan golgi.

1.  Dinding Sel

Perbedaan pertama pada struktur sel hewan dan tumbuhan dapat dilihat dari adanya dinding sel. Ini merupakan bagian terluar dari sel tumbuhan yang terdiri atas selulosa.

2. Bentuk

Sel tumbuhan terlihat kaku. Jika diperhatikan di bawah mikroskop, bentuk sel tumbuhan tersusun atas sekumpulan kubus atau persegi panjang. Berbeda halnya dengan sel hewan dan cenderung tidak beraturan.

3. Kloroplas

Hewan tidak memiliki kloroplas. Berbeda halnya dengan tumbuhan yang memiliki kloroplas untuk membuat makanan sendiri.

4. Mitokondria

Sel hewan memiliki sekitar 2.000 mitokondria di setiap selnya. Sedangkan tumbuhan memiliki 200 hingga 600 mitokondria pada setiap selnya.

5. Nukleus

Pada sel hewan, nukleus berfungsi sebagai penyimpan DNA sel. Sedangkan pada tumbuhan, nukleus berperan sebagai pengontrol fungsi sel.

6. Membran Plasma

Sel tumbuhan memiliki membran plasma yang dikelilingi oleh dinding sel. Sedangkan sel hewan mempunyai membran plasma yang berfungsi sebagai pelindung sel.

7.  Vakuola

Kita bisa melihat betapa besarnya ukuran vakuola pada sel tumbuhan dari pada struktur sel lainnya. Vakuola sel hewan berukuran lebih kecil. Bahkan, beberapa sel hewan ada yang tidak memiliki vakuola.

8. Mode Nutrisi

Mode nutrisi sel tumbuhan adalah autotrofik di mana mereka menyintesis nutrisi sendiri seperti koenzim vitamin, asam amino, dan zat lain yang dibutuhkan oleh tanaman. Berbeda halnya dengan sel hewan yang tidak bisa menyintesis nutrisi sendiri atau heterotropik.

9. Badan Golgi (Diktiosom)

Sel tumbuhan mempunyai ratusan badan golgi. Berbeda halnya dengan sel hewan yang hanya terdiri dari 10 sampai 20 badan golgi.

Baca juga: Les Intensif UTBK

Nah, Sahabat Latis, itulah ulasan tentang Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan. Jika kamu ingin mendapatkan pengetahuan lebih lengkap tentang sekolah terbaik, kamu bisa banget menghubungi Latis Privat ya...

Kami siap untuk membantu kamu mendapatkan tutor yang berpengalaman dan mampu menjawab semua kebutuhan belajarmu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu belajar yang fleksibel bahkan belajar secara online di rumah.

Bersama Latis Privat, Sahabat Latis akan bertemu guru yang sangat tepat dan mampu menjawab segala permasalahan dalam belajar.

Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Privat šŸ˜Š

Source:

https://www.khanacademy.org/science/high-school-biology/hs-cells/hs-plant-vs-animal-cells/a/hs-plant-vs-animal-cells-review

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://byjus.com/biology/difference-between-plant-cell-and-animal-cell/&ved=2ahUKEwjA7sKTy7P9AhXC93MBHT5HB1kQFnoECAgQBQ&usg=AOvVaw0Q0AWLFGs95PDFiptIuCfu

https://www.diffen.com/difference/Animal_Cell_vs_Plant_Cell

https://www.google.com/amp/s/www.jagranjosh.com/general-knowledge/amp/difference-between-animal-and-plant-cell-1618491661-1

https://www.google.com/amp/s/www.geeksforgeeks.org/difference-between-animal-cell-and-plant-cell/amp/

https://www.toppr.com/guides/biology/animals/animal-cell-definition-structure-functions/#:~:text=The%20basic%20structure%20of%20a,%2C%20nucleus%2C%20mitochondria%20and%20ribosomes.

https://byjus.com/biology/plant-cell/#:~:text=Plant%20Cell%20Functions-,What%20is%20a%20Plant%20Cell%3F,wall%20outside%20the%20cell%20membrane.

 


Komentar

Popular Post