Top 10 SMA Terbaik di Jakarta

Apa saja SMA terbaik di Jakarta? Teruntuk kamu yang sedang kebingungan dalam menentukan sekolah pilihan, kamu bisa cek dari berbagai referensi. Lalu, bagaimana cara memilahnya?

Yuk cari tahu jawabannya dari ulasan berikut ini.

Baca juga: Bimbel Online CPNS

SMA terbaik di Jakarta


Apa Kategori SMA Terbaik di Jakarta?

Menurut LTMPT, tidak ada kategori khusus dalam menentukan SMA Terbaik di Jakarta. Namun, penentuan kategori 1.000 sekolah terbaik berdasarkan hasil tes yang bertujuan mengukur kapasitas peserta, bukan sekolahnya.

Ketentuannya adalah jumlah siswa yang mengikuti UTBK tidak kurang dari 20 orang. Selain itu, ada nilai TPS yang diambil berdasarkan kemampuan pemahaman umum, penalaran umum, memahami tulisan dan bacaan, dan kemampuan kuantitatif.

SMA terbaik di Jakarta
Source: Source: https://www.freepik.com/


Daftar 10 SMA Terbaik di Jakarta

Salah satu kategori SMA terbaik di Jakarta dilihat berdasarkan perolehan nilai UTBK 2022. Beberapa di antara sekolah terbaik tersebut adalah sebagai berikut.

1.      SMA Negeri 8 Jakarta

SMA Negeri 8 Jakarta berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan. Berdasarkan nilai UTBK dengan rata-rata 635,347, sekolah yang didirikan pada tahun 1958 ini menduduki posisi pertama sebagai SMA terbaik di Jakarta. Sedangkan di tingkat nasional, SMA Negeri 8 menduduki posisi kelima.

Sekolah ini juga menjadi alumni para artis ternama dan orang-orang besar di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Alissa Wahid, Vena Annisa, Nicolas Saputra, Nugie, Thessa Kaunang, dan lainnya.

2.      SMA Labschool Kebayoran

SMA Labschool Kebayoran merupakan sekolah yang dinaungi oleh Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta. Berdasarkan nilai UTBK dengan rata-rata 634,304, Labschool berhasil menempati peringkat kedua terbaik di provinsi dan peringkat keenam di tingkat nasional.

Salah satu SMA terbaik di Jakarta ini memiliki empat program. Di antaranya adalah program pilihan, program wajib, program budaya sekolah, dan program tambahan. Tidak salah mengapa hingga kini, SMA Labschool Kebayoran sudah menerima lebih dari 500 penghargaan.

3.      SMAS Kanisius Jakarta

SMA Swasta Kanisius terletak di jalan Menteng Raya No. 64 Jakarta Pusat. Sekolah ini dibina oleh pastor-pastor Ordo Yesuit dengan tujuan untuk mendidik generasi muda yang cerdas dan religius.

Sekolah terbaik di Jakarta ini memperoleh rata-rata UTBK 632,269 yang menduduki posisi ketiga seprovinsi.

4.      SMA Negeri 2 Jakarta

SMA Negeri 2 merupakan sekolah lanjutan atas yang beralamat di jalan Gajah Mada No.175 Jakarta Barat. Sekolah yang didirikan pada tahun 1959 memiliki akreditasi yang sangat baik. 

Terbukti, SMA Negeri 2 menduduki peringkat keempat sebagai SMA terbaik di Jakarta dengan rata-rata perolehan UTBK 631,421.

SMA Terbaik di Jakarta
Source: Source: https://www.freepik.com/

5.      SMA Negeri 68 Jakarta

Sekolah lanjutan atas ini berlokasi di jalan Salemba Raya No. 18 Jakarta Pusat. SMA Negeri 68 didirikan pada tahun 1981.

Salah satu sekolah percontohan di Jakarta Pusat ini berhasil menduduki peringkat kelima sebagai SMA terbaim di Jakarta dengan rata-rata UTBK 629,223.

6.      SMA Negeri 28 Jakarta

SMA Negeri 28 beralamat di jalan Raya Ragunan Jakarta Selatan. Sekolah yang sudah didirikan sejak 55 tahun lalu ini berakreditasi sangat baik.

Sekolah ini memiliki ruang kelas yang lengkap dengan pendidingin ruangan dan sistem keamanan (CCTV). Selain itu, terdapat juga laboratorium, aula, green house, lapangan, ruang robotika, ruang prestasi, dan lainnya. Sehingga tak heran kenapa SMA Negeri 28 menduduki peringkat keenam sebagai SMA terbaik di Jakarta dengan rata-rata UTBK 625,145.

7.      SMA Negeri 81 Jakarta

Sekolah lanjutan atas ini terletak di jalan Kartika Eka Paksi Jakarta Timur. SMA Negeri 81 Jakarta memiliki akreditasi A dengan jumlah kelas sebanyak 24 kelas.

Sebagai sekolah unggulan di Jakarta Timur, SMA Negeri 81 Jakarta berhasil menduduki peringkat ketujuh di tingkat provinsi sebagai salah satu SMA terbaik di Jakarta dengan rata-rata UTBK 624,037. Sedangkan di tingkat nasional, SMA Negeri 81 menduduki peringkat ke-16.

8.      SMAS Kristen 5 BPK Penabur

Sekolah menengah atas yang satu ini memiliki tujuan untuk mendidik penerus bangsa agar unggul dalam ilmu, iman, dan pelayanan. SMAS Kristen 5 BPK Penabur beralamat di jalan Tanjung Duren Raya No.4 Jakarta Barat.

Sekolah ini memiliki fasilitas yang mumpuni dalam menunjang pembelajaran siswa. Di antaranya adalah ruang kelas lengkap dengan pendingin udara, CCTV, komputer, dan layar LCD. Selain itu terdapat juga laboratorium bahasa, komputer, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Dengan fasilitas yang beragam dan relevan dengan perkembangan zaman, SMAS Kristen 5 BPK Penabur berhasil menduduki peringkat kedelapan sebagai SMA terbaik di Jakarta dengan rata-rata UTBK 621,951.

9.      SMA Negeri 21 Jakarta

Sekolah lanjutan atas ini merupakan salah satu sekolah unggulan berakreditasi sangat baik. Sekolah yang berlokasi di jalan Tanah Mas Raya No.1 ini berfokus pada pengembangan siswa di bidang akademik maupun non-akademik. Kurikulum yang diterapkan sudah berbasis kurikulum merdeka. Lebih lagi, SMA Negeri 21 juga terdaftar sebagai sekolah penggerak. 

Dengan tujuan yang jelas, sekolah yang didirikan pada tahun 1966 ini termasuk dalam kategori SMA terbaik di Jakarta urutan kesembilan dengan rata-rata UTBK 616,405.

10. SMA Negeri 61 Jakarta

SMA Negeri 61 Jakarta beralamat di jalan Taruna Jakarta Timur. Sekolah berakreditasi sangat baik ini memiliki dua program peminatan yaitu IPA dan IPS. Terdapat 648 siswa yang terbagi dalam 18 kelas. 

Sekolah yang didirikan pada tahun 1981 ini menjadi SMA terbaik di Jakarta urutan kesepuluh dengan UTBK rata-rata 615.

Baca juga: Les CPNS

Nah, Sahabat Latis, itulah ulasan tentang SMA terbaik di Jakarta. Jika kamu ingin mendapatkan pengetahuan lebih lengkap tentang sekolah terbaik, kamu bisa banget menghubungi Latis Privat ya...

Kami siap untuk membantu kamu mendapatkan tutor yang berpengalaman dan mampu menjawab semua kebutuhan belajarmu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu belajar yang fleksibel bahkan belajar secara online di rumah.

Bersama Latis Privat, Sahabat Latis akan bertemu guru yang sangat tepat dan mampu menjawab segala permasalahan dalam belajar.

Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Privat 😊

#sekolahterbaik #SMAterbaik #SMAdiJakarta

Source:

https://www.gramedia.com/best-seller/daftar-sma-terbaik-di-jakarta/amp/

https://www.idntimes.com/life/education/amp/bunga-semesta/sma-terbaik-di-jakarta-adakah-sekolah-kamu?page=all#page-2

https://www.beritasatu.com/news/835519/penilaian-top-1000-sekolah-utbk-tertinggi-ini-penjelasan-ketua-lmpt

https://amp.kompas.com/edu/read/2023/02/06/131542471/referensi-ppdb-2023-ini-15-sma-terbaik-di-jakarta

 


Komentar

Popular Post