3 Kiat Persiapan Belajar Mengaji Anak

Belajar mengaji anak menjadi hal wajib bagi orang tua selain belajar di sekolah. Namun terkadang, mengajarkan anak untuk bisa mengaji memiliki tantangan tersendiri sehingga kebanyakan orang tua merasa kesulitan.

Kurang fokus, bingung mau memulai dari mana, hingga susah mengatur waktu. Tapi tak perlu khawatir, ikuti tips berikut ini agar Anda dan anak siap untuk belajar mengaji.

Baca juga: Les CPNS Jakarta

Belajar Mengaji Anak


Jelaskan pada Anak tentang Pentingnya Belajar Mengaji

Belajar mengaji anak harus dimulai dengan tujuan. Diskusikan bersama anak tentang beberapa hal berikut ini sebelum belajar mengaji.

Kenapa anak harus belajar mengaji?

Sebagai orang tua, kita harus menumbuhkan motivasi anak untuk belajar mengaji. Jika anak tidak memiliki motivasi, Ia akan merasa bosan dan cepat jenuh. Ini karena mereka tidak tahu manfaat belajar mengaji yang sesungguhnya.

Apa yang didapatkan anak ketika mengaji?

Beri pemahaman kepada anak bahwa mengaji adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah. Jadi, anak yang mengaji akan disayang Allah, mendapatkan pemahaman keislaman yang baik, memudahkan terkabulnya doa, dan menenangkan pikiran. Selain itu, belajar mengaji juga merupakan kegiatan yang mampu menguatkan ikatan antara orang dan anak.

Apa konsekuensinya jika anak tidak mau belajar mengaji?

Selain menjelaskan tujuan, sebagai orang tua, kita harus menjelaskan kepada anak tentang konsekuensi jika Ia tidak mengaji. Misalnya, jika Ia tidak belajar mengaji hari ini, maka Ia harus mengaji dua kali lipat sebagai pengganti waktu yang ditinggalkan.

Baca juga: Bimbel CPNS Terbaik

Belajar Mengaji Anak
Source: https://unsplash.com/

Kuasai Triknya

Belajar mengaji anak akan menjadi lebih mudah jika kita mengetahui triknya. Yuk praktikkan cara berikut ini agar Anak senang belajar mengaji.

1.      Belajar Mengaji dengan Cara yang Menyenangkan

Sebelum menguasai cara belajar mengaji yang menyenangkan, ajarkan anak untuk mengenal hal-hal dasar dalam mempelajari Al-Quran. Di antaranya adalah:

·        Pengenalan huruf hijaiah.

·        Bunyi huruf dan tempat keluarnya huruf (makharijul huruf).

·        Bentuk sambungan huruf.

·        Tanda baca hingga tajwid.

Setelah itu, praktikkan metode belajar yang menyenangkan. Gunakan flashcard, puzzle, audio, hingga aplikasi belajar mengaji online.

2.      Mengatur Jadwal Untuk Belajar Mengaji Anak

Percayalah bahwa belajar membaca Al-Quran tidak bisa disambil dengan pelajaran lainnya. Ini karena membaca Al-Quran membutuhkan fokus yang tinggi. Sehingga, kita harus menyiapkan waktu khusus untuk mempelajari.

Ini juga menjadi wadah bagi orang tua untuk memperkuat ikatan batin dengan anak. Tidak perlu waktu yang lama, luangkan 30 hingga 60 menit per hari. Hanya sebentar saja, namun terus lakukan pengulangan di setiap harinya.

3.      Menjadi Contoh yang Baik bagi Anak

Nyatanya, tindakan lebih ampuh daripada kata-kata. Itulah kenapa kita harus memberikan contoh terbaik kepada anak. Tunjukkan bahwa kita juga senang belajar mengaji, membaca Al-Quran secara rutin setiap hari, dan bertindak sesuai dengan apa yang terdapat dalam Al-Quran.

4.      Membacakan Kisah Islami yang Ada dalam Al-Quran

Belajar mengaji menjadi lebih menantang jika kita membedah isi Al-Quran. Salah satunya adalah kisah-kisah yang menginspirasi dari umat-umat terdahulu. Juga tentang kisah-kisah para nabi dan mukjizatnya.

Membacakan cerita tersebut nantinya akan memperluas wawasan anak. Tidak hanya itu saja, kegiatan seperti ini bisa memupuk kecintaan terhadap Al-Quran.

5.      Hadiah atas Keberhasilan

Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak sangat menyukai hadiah. Mereka akan sangat senang jika diberi hadiah atas pencapaian mereka. Jadi, ketika anak berhasil belajar mengaji, berikanlah hadiah.

Bukan berarti bahwa kita mengiming-imingi anak agar mau belajar. Hadiah tersebut diberikan jika anak memenuhi target pembelajarannya. Jadi, setiap belajar Al-Quran, tetapkan target apa yang harus dicapai di setiap harinya.

Baca juga: Bimbel Karantina

Belajar Mengaji Anak
Source: https://unsplash.com/

Latihan dan Pengulangan

Keberhasilan belajar mengaji anak terletak pada latihan rutin dan pengulangan secara terus menerus. Anda juga bisa menerapkan beberapa metode untuk memperkukuh daya ingat anak seperti metode ummi, iqro’, qiroati, yanbu’a, dan tartil.

1.      Metode Ummi

Metode ummi terdiri atas dua kelompok yaitu kelompok anak-anak dan dewasa. Perbedaannya terletak pada jumlah jilid buku. Dewasa berjumlah tiga jilid dan anak-anak berjumlah enam jilid.

Metode ummi berbasis Klasikal Baca Simak yang meminta anak untuk langsung membaca Al-Quran secara benar dengan kaidah tajwid yang ada. Metode ini mampu meningkatkan kemampuan psikomotorik, afektif, dan kognitif anak.

2.      Metode Iqro’

Siapa pun pasti mengenal metode ini dengan sangat baik. Ya, Iqro’ adalah cara belajar membaca Al-Quran yang sering diterapkan oleh para siswa di Indonesia. Metode ini dikembangkan oleh K.H. As’ad Humam di tahun 1988.

Metode Iqro’ berupa buku panduan yang terdiri atas 6 jilid. Setiap jilid berisi tentang cara membaca huruf hijaiah dasar, bersambung, hingga tingkat lanjutan.

3.      Metode Qiroati

Ini merupakan metode yang dikembangkan oleh H. Dahlan Salim Zarkasyi di tahun 1986. Metode Qiroati berfokus pada materi, praktik, dan hafalan secara bertahap.

4.      Metode Al-Barqy

Metode ini dikembangkan oleh K.H. Muhadjir Sulthon di tahun 1965. Metode Al-Barqy dinilai sangat aktual dengan sistem Struktur Analitik Sintetik (SAS). Sehingga dapat memudahkan belajar mengaji anak.

Selain itu, metode ini juga diklaim efektif karena anak mampu membaca huruf Al-Quran dalam waktu delapan jam saja.

5.      Metode Tartil

Metode ini dikembangkan oleh H. Gazali, SMIQ, M.A. Ini merupakan teknik membaca Al-Quran secara perlahan dalam mengucapkan huruf-huruf hijaiah. Lebih tepatnya, metode tartil berfokus pada keindahan makna agar tidak merusak arti bacaan Al-Qran itu sendiri.

Metode tartil dinilai lebih cepat, efisien, efektif, dan praktis dalam mempelajari Al-Quran.


Baca juga: Les SBMPTN

Nah, Sahabat Latis, itulah ulasan tentang Belajar Mengaji Anak. Jika Anda ingin mendapatkan pengetahuan lebih lengkap, Anda bisa banget menghubungi Latis Privat ya...

Kami siap untuk membantu Anda mendapatkan tutor yang berpengalaman dan mampu menjawab semua kebutuhan belajar anak. Selain itu, Anda juga bisa mengatur waktu belajar yang fleksibel bahkan belajar secara online di rumah.

Bersama Latis Privat, Sahabat Latis akan bertemu guru yang sangat tepat dan mampu menjawab segala permasalahan dalam belajar anak.

Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Privat šŸ˜Š

Sources:

https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/jabar/berita/d-6315198/7-metode-belajar-membaca-al-quran-dan-masing-masing-kelebihannya/amp

https://riwaqalquran.com/blog/learning-quran-for-kids-tips/

https://www.arabacademy.com/quran-for-kids-the-benefits-of-reading-and-reciting-quranic-arabic/

https://mishkahacademy.com/easy-way-to-read-memorrize-quran-for-kids/



Komentar

Popular Post