6 Cara Cepat Belajar Membaca

Sahabat Latis, cara cepat belajar membaca mesti diterapkan sebaik mungkin agar anak bisa membaca dengan efektif. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Baca juga: Les CPNS

Cara Cepat Belajar Membaca

Pahami Kapan Usia yang Tepat Untuk Membaca

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa usia membaca itu ada pada rentang 6 hingga 7 tahun. Namun, ini bukan berarti bahwa Anda tidak boleh mengajarkan anak belajar membaca sebelum memasuki usia tersebut.

Jika anak sudah menunjukkan ketertarikan dalam membaca, ajarkan segera. Mulailah dengan memperkenalkan alfabet, memvisualisasikan tulisan, dan memperbanyak latihan.

Bagaimana Cara Memulainya?

Cara cepat belajar membaca berikutnya adalah dengan memulainya. Lalu, apa yang harus dilakukan?

·        Belajar mengenal alfabet dan bagaimana cara melafalkannya.

·        Kenalkan anak pada dengan kata-kata yang ringan dan latihan mengucapkan kata dasar.

·        Perbanyak kosakata dengan latihan percakapan, mendengarkan dongeng atau cerita anak, dan bersosialisasi.

·        Latihan membaca kalimat hingga teks secara berangsur-angsur.

·        Ajukan beberapa pertanyaan dan latihan mencocokkan kata dengan gambar.

Cara Cepat Belajar Membaca
Source: https://unsplash.com/

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak?

Jika anak sudah maju ke tahap membaca kalimat, lakukan beberapa hal untuk meningkatkan kefasihan anak dalam membaca.

Sering-seringlah membacakan cerita secara nyaring kepada anak (read aloud), memanfaatkan aplikasi membaca, ajak anak untuk sering mendengar dan mengulang, dan kaitkan kegiatan membaca dengan kehidupan atau aktivitas sehari hari.

1.  Read Aloud

Read aloud atau membaca nyaring merupakan salah satu cara cepat belajar membaca bagi anak. Ajak anak mendengarkan cerita, lalu tuntun anak untuk mengikuti kata-kata tersebut. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam memperbanyak kosakata anak.

Kenapa mesti membaca nyaring?

Kegiatan membaca seperti ini ternyata memberikan beberapa manfaat. Selain dapat meningkatkan kemampuan membaca anak, read aloud juga dapat:

·        Membangun dan menjaga kedekatan antara anak dan orang tua.

·        Menumbuhkan kecintaan anak terhadap buku.

·        Mengatasi kecanduan gadget pada anak.

Apa yang harus dilakukan agar read aloud membuahkan hasil?

·        Lakukan kegiatan membaca nyaring selama 20 menit setiap hari.

·        Pilihlah buku yang tepat sesuai dengan usia anak. Bagi anak berumur satu tahun, bacakan buku bergambar. Buku lagu juga cocok bagi anak usia 1 sampai dengan 3 tahun. Untuk anak yang sudah memasuki usia tiga tahun dan prasekolah, pilihlah buku alfabet dan buku cerita bergambar dengan kalimat yang sederhana.

2.  Ajukan Pertanyaan

Setelah melakukan kegiatan membaca bersama anak, ajukan beberapa pertanyaan terkait. Tanyakan beberapa pertanyaan sebelum membaca, dalam proses membaca, dan setelah membaca.

·        Sebelum membaca, perlihatkan sampul buku kepada anak sebagai prediksi.

·        Ketika membaca, tanyakan tentang apa yang terjadi dalam cerita tersebut.

·        Setelah membaca, ajak anak untuk menyimpulkan apa yang dibacanya.

3.  Manfaatkan Aplikasi

Saat ini terdapat banyak aplikasi ponsel yang bisa mendukung proses membaca anak. Namun, temukan aplikasi yang tepat seperti aplikasi membaca nyaring, permainan kata, mencocokkan bunyi huruf dengan lambangnya, atau tebak gambar dengan kata.

4.  Dengar dan Ulang

Cara cepat belajar membaca yang paling ampuh adalah dengan mendengar dan mengulang kembali. Kegiatan mendengarkan akan memacu fokus anak. Sedangkan kegiatan mengulang akan mempertajam daya ingat anak.

5. Pembelajaran Terintegrasi

Agar anak dapat membaca dengan cepat, hubungkan bacaan anak dengan kehidupan sehari-hari. Seperti halnya membaca tentang hal-hal yang berkaitan dengan hobi, kesukaan, cita-cita, dan pengalaman anak.

6. Teladan yang Baik

Cara cepat belajar membaca untuk anak adalah dengan menjadi teladan yang baik bagi anak. Sebagai orang tua, kita harus membangun budaya membaca. Sering-seringlah memegang buku di depan anak daripada memegang gadget. Tunjukkan pada anak bahwa membaca merupakan suatu hal yang perlu dilakukan oleh siapa saja.

Baca juga: Bimbel CPNS

Cara Cepat Belajar Membaca
Source: https://unsplash.com/

Apa Rekomendasi Buku yang Tepat Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak?

Tidak semua bacaan cocok bagi anak. Untuk itu, kita perlu menyortir buku apa saja yang dapat dibaca anak sesuai dengan usianya. Anak berusia lima tahun umumnya sudah bisa mengenali mana yang nyata dan imajinasi semata. Agar memudahkan Anda, berikut adalah list buku yang bisa dipertimbangkan untuk anak.

·        Nonfiksi; kisah nyata atau fakta seputar manusia, tumbuhan, dan hewan.

·        Fantasi; kisah khayalan seperti binatang yang bisa bicara, penyihir, dan lainnya.

·        Fiksi realistis; cerita imajinatif namun masih berkaitan dengan dunia nyata.

·        Buku lagu dan buku alfabet.

Baca juga: Les Privat SBMPTN

Mempertahankan Kebiasaan Membaca

Jujur saja, membaca kadang dianggap sebagai kegiatan yang membosankan. Terkesan monoton dan kurang menarik. Namun, ada trik yang bisa diterapkan untuk mempertahankan kebiasaan membaca anak. 

Membaca setiap hari

Membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan. Jika Anda kesulitan untuk meluangkan waktu membaca bersama anak, setidaknya jadikan kegiatan membaca menjadi hal yang paling ditunggu sebelum tidur. 

Memberi hadiah kepada anak

Ketika anak sudah mampu membaca, berikanlah sedikit hadiah sebagai penghargaan atas proses yang mereka tempuh. Namun, jangan jadikan hadiah sebagai iming-iming agar anak bersedia untuk belajar. 

Tarik kesimpulan setelah membaca

Percayalah bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan jika adanya timbal balik antara anak dan orang tua. Setelah selesai membaca, upayakan untuk menanyakan hal-hal terkait bacaan. Juga, tanyakan tentang apa yang kesimpulan dari bacaan tersebut.

Inti dari membaca adalah tujuan

Cara cepat belajar membaca hanya bisa dituju jika Anda dan anak sudah menetapkan tujuan belajar. Apa sasaran dari kegiatan membaca dan alasan apa yang membuat anak harus belajar membaca.

Baca juga: Bimbel SNBT

Nah, Sahabat Latis, itulah ulasan tentang Cara Cepat Belajar Membaca. Jika kamu ingin mendapatkan pengetahuan lebih lengkap, kamu bisa banget menghubungi Latis Privat ya...

Kami siap untuk membantu kamu mendapatkan tutor yang berpengalaman dan mampu menjawab semua kebutuhan belajarmu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu belajar yang fleksibel bahkan belajar secara online di rumah.

Bersama Latis Privat, Sahabat Latis akan bertemu guru yang sangat tepat dan mampu menjawab segala permasalahan dalam belajar.

Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kalian juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latisprivat.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Privat šŸ˜Š

Source:

https://medium.com/the-mission/how-to-start-teaching-kids-speed-reading-a96c389377f

https://www.readabilitytutor.com/how-to-help-my-child-read-faster/

https://www.icanteachmychild.com/10-steps-to-teaching-your-child-to-read/

https://theplaybook.fun/blog/view/212/7-tips-for-helping-your-child-become-a-fast-reader

https://classroom.synonym.com/teach-read-faster-comprehend-better-5838058.html

https://www.mindtools.com/aokg6bn/speed-reading

 


Komentar

Popular Post