Ingin Belajar Efektif di Rumah? Terapkan Strategi Berikut ini!


halo sahabat latis!




banyak dari sahabat latis yang merasa kesulitan belajar di sekolah dan merasa belajar efektif di rumah ya. mengapa demikian? tentu semuanya tergantung pada karakteristik belajar siswanya. ada beberapa siswa yang nyaman belajar dengan mendengarkan musik. namun, banyak pula yang lebih nyaman belajar dengan kondisi yang tenang.

 

Upaya belajar efektif di rumah






Sumber: Freepik

1.     belajar efektif di rumah dengan memakai metode belajar favorit

tiap siswa mempunyai gaya belajar yang tidak sama. lalu, bagaimana upaya yang tepat untuk membuat anak bisa menemukan tips yang tepat untuk belajar? kamu bisa mencari tahu gaya belajar yang tepat, sebab ada beberapa jenis gaya belajar. misalnya Pembelajaran visual (melalui gambar, diagram, dan film), Pembelajaran auditorial (musik dan diskusi), Membaca dan menulis (membuat daftar, membaca buku teks dan mencatat) hingga Pembelajaran kinestetik (gerakan, aktivitas langsung, dan eksperimen).

beberapa siswa bisa dengan mudah memahami mata pelajaran hanya dengan mencatat materi dan membacanya. tapi tak sedikit anak yang kesulitan untuk memahami materi dengan cara tersebut, dan justru lebih mudah menghafalkan. penting untuk menemuka gaya belajar yang tepat untuk membuat anak makin termotivasi belajar.

2.     buatlah jadwal belajar

menurut sebuah penelitian, waktu atau durasi belajar yang cenderung Panjang justru bisa membuat siswa tidak konsentrasi. maka dari itu, supaya siswa bisa melakukan aktivitas belajarnya yang efektif dan efisien, cobalah untuk membuat jadwal belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. jadwal belajar ini bida berguna untuk membuat jam belajar anak lebih terstruktur. selain itu, melalui pembuatan jadwal belajar oleh anak bisa meningkatkan rasa tanggung jawab anak. membuat jadwal belajar juga menjadi salah satu cara menerapkan sikap disipilin agar bisa belajar sesuai jadwal yang sudah dibuat. akan tetapi, jangan lupa juga untuk melakukan kegiatan lainnya. beri anak waktu untuk bermain agar tidak bosan belajar.

3.     menyiapkan tempat belajar

upaya untuk meningkatkan semangat belajar anak selanjutnya adalah dengan menyiapkan tempat belajar yang tenang dan menyenangkan. tips ini bisa menjadi langkah jitu agar anak bisa belajar lebih efektif dan bersemangat. dengan adanya kondisi belajar yang kondusif dan nyaman akan membuat anak makin fokus dan konsentrasi belajar. penting untuk menata agar ruangan tetap bersih dan rapi agar anak makin nyaman belajar di rumah.

 

Langkah Tepat untuk belajar efektif di rumah




Sumber: Freepik

1.     belajar efektif di rumah sambal bermain

untuk bisa belajar tak hanya melalui buku saja. anak bisa belajar memahami materi sembari bermain. misalnya saja, orang tua mengajak anak untuk melakukan aktivitas menanam tumbuhan dengan memakai peralatan yang memadai. penting untuk mengajak anak untuk mengkreasikan atau menghias pot tanamannya. langkah ini merupakan cara yang bisa dilakukan di rumah. belajar sembari bermain membuat anak merasa senang dan tidak bosan. bahkan, terkadang anak tidak menyadari bahwa ia sedang belajar. biasanya, mereka akan ketagihan dan ingin terus belajar.

2.     fokus dengan materi, bukan nilai

langkah belajar efektif lainnya yang bisa dilakukan di rumah adalah memfokuskan pada materi yang dipelajari. jangan fokus pada performanya. akan lebih baik bila orang tua meminta anak menyampaikan Kembali materi yang telah dipelajari dari pada menanyakan nilai tes yang sudah dikerjakan.

jangan selalu mengutamakan kinerja, justru penting untuk menanamkan pada diri anak untuk mengutamakan kualitas belajar. dengan fokus pada pengalaman belajar, sama saja dengan orang tua telah memberi kepercayaan pada anak agar bisa menyampaikan pendapat dengan baik.

 

Tips Ampuh belajar efektif di rumah

Sumber: Freepik

1.     belajar efektif dengan berbagai sumber informasi

saat belajar di rumah, tentu anak mempunyai waktu yang lebih lama untuk bisa memanfaatkan sumber belajar internet. orang tua bertugas mengawasi akses internet anak. dengan memanfaatkan teknologi ini, tentu anak akan mendapatkan informasi yang lebih luas.

untuk itu, orang tua bisa membantu anak dalam mencari informasi terkait materi. tentu saja hal itu berguna sebagai perbandingan antara sebuah sumber dengan sumber yang lain. keterampilan penelitian dan menganalisa dari berbagai sumber informasi itu sangatlah penting. dengan begitu, anak bisa menyajikan sebuah informasi secara berimbang dan mendalam.

2.     memberikan rewards

salah satu tips yang bisa dilakukan untuk kegiatan belajar yang lebih efektif adalah dengan menyempatkan memberi hadiah pada anak. hadiah ini merupakan bentuk apresiasi orang tua pada anak karena bisa menyelesaikan tugas dengan baik.

hadiah tak selalu berkaitan dengan uang atau barang yang mahal. ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan, misalnya saja memasak makanan favorit anak atau mengajak jalan-jalan di luar.

 

Cara mudah belajar efektif di rumah


Sumber: Freepik


1.     belajar efektif di rumah dengan waktu khusus

apa sih kunci utama belajar di rumah lebih efektif? tentu saja karena anak bisa menentukan sendiri waktu untuk belajar. kamu bisa menyesuaikan waktu belajar dengan kegiatan harian siswa.

misalnya saja, siswa lebih nyaman belajar dan mengerjakan tugas di siang hari. lalu, untuk malam harinya berguna untuk mengulang Kembali materi yang telah disampaikan oleh guru. penting untuk memastikan bahwa waktu belajar sudah diterapkan dengan konsisten dan rutin. belajara tidak perlu lama, yang penting rutin.

2.     hindari hal yang mengganggu

meski belajar di rumah, jangan sampai lupa karena teralihkan oleh kegiatan lain seperti bermain ponsel. hal itu tentu akan menganggu kegiatan belajarmu. maka dari itu, belajarlah untuk bisa fokus pada kegiatan belajar. sebaiknya, hindari hal yang bisa mengganggu belajar anak.

4.     meluangkan waktu untuk santai

cara yang dianggap efektif untuk belajar di rumah selanjutnya adalah jangan melupakan waktu untuk bersantai sejenak. saat anak belajar terus dan harus memahami materi untuk waktu lama, tentu akan merasa bosan. alih-alih bisa memahami materi malah tidak mengerti sama sekali.

maka dari itu, penting untuk memberi jeda untuk anak bisa bermain. bisa anak sudah rileks, tentu mood belajarnya akan meningkat. hal itu tentu bermanfaat karena akan memudahkan anak untuk memahami materi. jadi, jangan lupa untuk beristirahat juga ya. jangan terus-terusan memforsir diri.

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Ate klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education 

 

Referensi : 

 

1. latisprivat.com

 

2. pintaar.com




 

Komentar

Popular Post