• Home
  • Cara Manage Waktu Belajar: 6 Bentuk

Cara Manage Waktu Belajar: 6 Bentuk

 
cara manage waktu belajar

Setiap orang memiliki cara manage waktu belajar yang berbeda-beda. Rutinitas, karakter, dan beberapa hal lainnya mempengaruhi alokasi waktu belajar mereka. Bagi kalian yang baru akan menentukan caranya, simak di bawah ini!

Mari kita mulai dengan mengenal karakter diri dan membuat alokasi waktu belajar dalam enam bentuk.

Cara Manage Waktu Belajar Mulai Dari Diri Sendiri

Sebelum menginjak pada bentuk-bentuk cara manage waktu belajar, yang terpenting adalah mengenali diri sendiri.

Apakah kalian termasuk tipe orang yang "bosenan"? Atau kalian tipe yang ingin bebas dari target-target?

Jika iya, maka sebaiknya tidak menuntut diri sendiri terlalu tinggi. Jika tuntutan kalian terlalu tinggi nantinya akan menjadi mudah stress. 

Selain itu, fahami pula kebiasaan belajar kalian. Ada beberapa orang yang lebih mudah memahami pelajaran sambil mendengarkan musik. Sebagian lainnya justru harus dengan keadaan tenang. 

Dari kedua hal itulah kalian baru bisa memanage waktu belajar apakah pagi, sore, dan berapa lama.

Baca ini: Peran Orangtua Dalam Belajar Di Rumah: Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Bentuk Manage Waktu Belajar

cara manage waktu belajar


Cara manage waktu belajar dapat kalian lakukan dalam enam bentuk di bawah ini:

1. Siapkan agenda harian

Dengan membuat agenda harian artinya kalian memahami dan sadar sepenuhnya bahwa agenda itu adalah buatan kalian atas beberapa pertimbangan.

Ketika menempatkan belajar di jam tertentu maka berarti kalian mengetahui jika kalian memiliki waktu belajar di jam tersebut.

2. Menyusun target belajar

Kadang kalian lupa dengan tujuan belajar. Misalnya dalam seminggu tidak ada "greget" dalam belajar dan hanya mengulang topik pembahasan yang itu-itu saja. Sebaiknya mulai menyusun target dalam belaajr agar semakin semangat.

3. Memilih metode belajar

Kalian harus mengenal tipe kepribadian kalian dan menentukan metode belajar yang sesuai. Jika kalian tidak suka menghafal maka sebaiknya memilih metode lain yang lebih nyaman. 

4. Menyelesaikan tugas sekolah lebih dulu 

Belajar sifatnya tambahan. Ada hal yang lebih penting yaitu menyelesaikan tugas dari sekolah. Untuk itu sebaiknya kalian menyelesaikan tugas terlebih dahulu barulah memutuskan belajar yang lainnya. Hal ini juga untuk menghindari perasaan tidak nyaman seperti "aduh yang ini belum selesai" sehingga membuat konsentrasi belajar kalian terganggu. 

5. Menentukan waktu luang

Maksudnya adalah menentukan bukan mencari. Jika kalian sibuk mencari waktu luang kemungkinan dalam sehari kalian tidak akan menemukannya. Jadi sebaiknya kalian tentukan sendiri kapan harus meluangkan waktu untuk belajar. Dalam sehari tidak perlu berlama-lama, satu hingga dua jam saja udah cukup.

6. Konsisten dan disiplin

Ada baiknya jika kalian tidak setengah-setengah atau bosenan untuk belajar. Percayalah bahwa keberhasilan ibarat berjalan kaki setapak demi setapak. Tetap usahakan untuk disiplin dan konsisten dengan waktu belajar yang kalian buat dan putuskan sendiri.

Baca ini: Peran Orangtua Di Masa Pandemi Pada Pembelajaran Akademik Anak

Semoga artikel ini bermanfaat ya! kalian juga dapat menambahkan cara manage waktu belajar lainnya yang sesuai dengan kalian!



Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]