• Home
  • Bedanya SIMAK UI Reguler dan Pararel

Bedanya SIMAK UI Reguler dan Pararel

SIMAK UI





SIMAK UI merupakan Seleksi Ujian Masuk yang diselenggarakan oleh UI (Universitas Indonesia). Ada dua macam SIMAK UI yaitu reguler dan pararel. Apa perbedaannya?


SIMAK UI Reguler vs SIMAK UI Pararel


Baiklah, mari kita langsung saja pada inti perbedaannya. Keduanya memang sama-sama seleksi ujian masuk untuk calon mahasiswa baru di Universitas Indnesia. Tapi kenali perbedaannya:

- Biaya

Dari segi biaya, SIMAK UI reguler lebih murah dibandingkan dengan yang pararel. Bahkan jika nantinya kalian memilih S1 Reguler, kalian tidak perlu membayar uang pangkal. Namun jika memilih S1 Pararel, maka kalian harus siap membayar uang pangkal dan semester. 

- Program BOP Untuk S1 Reguler

Jadi ketika nanti kalian memilih S1 Reguler, maka bersiaplah untuk mendapatkan BOP -B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). Apabila kalian jurusan IPS dan seharusnya membayar 5 juta, maka kalian cukup membayar 1,5 juta saja per semester. Bagi mahasiswa pararel, mereka tidak bisa mengajukan keringanan. 

Jadi dengan kata lain selalu saja dikaitkan bahwa mereka yang mengambil jurusan pararel adalah anak-anak dengan kelebihan finansial. Padahal bisa saja memang mereka tidak terjaring untuk lulus di program reguler. Mungkin juga karena mereka harus bekerja sambil kuliah. 

- Beasiswa menjadi milik jurusan Reguler

Untuk mahasiswa jurusan reguler, mereka berkesempatan mendapat beasiswa yang tersedia dari UI, namun tidak dengan mahasiswa pararel. 

Tapi tidak lantas hal ini membuat mereka di jurusan pararel kehabisan ide untuk mendapatkan beasiswa. Justru mereka memiliki peluang lebih besar mendapatkan beasiswa dari berbagai arah yang tidak disangka-sangka. Contohnya adalah dari pihak-pihak sponsor.

- Jam kuliah yang berbeda

Perkuliahan untuk mahasiswa regular jam 08.00-16.00 sedangkan untuk mahasiswa parelel biasanya kuliah mulai jam 11.00-17.00, mulainya lebih siang. Untuk jam masuk kuliah tiap fakultas beda-beda, tergantung kebijakan fakultas. Ada juga fakultas yang tidak membedakan jam kuliah antara regular dan pararel.

Nah inilah yang mungkin menyebabkan seseorang memilih pararel karena kuliahnya dimulai siang. Mungkin saja mereka masih harus mengerjkan pekerjaan di pagi hari. 

- Batasan usia. 

Jurusan paralel bisa diikuti oleh lulusan SMA tahun berapa saja sedangkan regular hanya diikuti oleh 3 lulusan SMA tahun terakhir.

Kadang adapula mereka yang tidak seberuntung kalian dalam masalah perkuliahan. Jadi mereka harus mengumpulkan uang dengan bekerja setelah lulus SMA. Itulah sebabnya mengapa mereka harus menunggu sekian tahun yang artinya kesempatan untuk masuk lewat jalur reguler menjadi hilang. 








Semua fasilitas yang didapat regular pasti dirasakan oleh paralel. Dosen-dosen yang mengajar pun sama. Ijazah pun tidak mengalami perbedaan. Jadi terserah pada kalian hendak memilih yang mana. 

Ingat, jalur pararel tidak sama dengan mandiri. Tidak ada besar-besaran uang pangkal. jadi tenang saja. Jalur pararel hanya untuk memfasilitasi mereka yang tidak bisa kuliah di tahun-tahun sebelumnya atau mereka yang harus bekerja dulu di pagi hari, dan sebagainya. 

Kalian kira-kira akan memilih program yang mana? Jangan lupa konsultasikan dengan orangtua atau keluarga kalian ya! Perhitungkan juga biaya-biaya lain setelah memasuki masa perkuliahan. 

Nah itu dia Bedanya SIMAK UI Reguler dan Pararel. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latisprivat.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.  

Posting Komentar

LATISPRIVAT

Adalah Lembaga Guru les privat professional ke rumah SD SMP SMA di Jabodetabek. Dapatkan #TutorHebat di sini untuk datang mengajar ke rumahmu dan dapatkan prestasi yang lebih tinggi.

Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412


Office Hour: Senin s/d Jumat 09.00-17.00


(021) 7784-4897


085810779967

Artikel Terbaru - Guru Les

[News][5][recentright]